12/08/2023

Jenis Soal Baru akan Ditambahkan di UTBK- SNBT 2024, Apa Itu?

Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 menjadi salah satu skema dalam penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selain melalui seleksi nasional berdasar prestasi (SNBP) dan seleksi mandiri. Pada calon mahasiswa yang akan mendaftar melalui jalur ini harus melaksanakan ujian seleksi via Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). 

Photo by Randy Tarampi on Unsplash

Melalui Konferensi pers peluncuran SNPMB tahun 2024 via kanal YouTube SNPMB BPPP, pada JUmat, 8 Desember 2023, Wakil Ketua I Tim Penanggung Jawab SNPMB, Rina Indiastuti mengungkapkan ada satu jenis soal yang ditambahkan pada UTBK- SNBT 2024 yaitu soal isian. Penambahan jenis soal ini akan melengkapi format soal yang digunakan pada tahun sebelumnya yaitu soal pilihan ganda, dan pilihan ganda kompleks. 

Soal isian yang ditambahkan bukanlah soal berbentuk format esai, seperti pembuatan, penulisan rumus, namun formatnya hanyalah soal isian biasa seperti angka. 

Jenis Soal Baru yang Ditambahkan pada UTBK-SNBT 2024 adalah jenis soal isian. Soal isian biasa yang tidak berbentuk format esai dengan membuat rumus dan menulis rumus

Bagi yang ingin mengetahui bentuk soal sekaligus latihan soal UTBK-SNBT 2024, pihak panitia sudah menyediakan laman khusus latihan melalui https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Pada laman tersebut tersedia bentuk- bentuk dan contoh soal yang akan dihadapi ketika mengikuti UTBK-SNBT 2024 sehingga diperoleh gambaran jelas jenis ujian yang dites-kan. 

Panitia SNPMB BPPP juga mengungkapkan bahwa materi UTBK-SNBT 2024 tidak ada perubahan dari tahun sebelumnya, yaitu mengujikan kemampuan melalui tes potensi skolastik, literasi dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan penalaran matematika. 

Tes Potensi Skolastik (TPS)
Untuk Tes Potensi Skolastik sendiri, akan diujikan soal mencakup materi pengetahuan kuantitatif, penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum. Selain itu juga diujikan kemampuan memahami bacaan dan menulis. Adapun rincian jumlah soal dan  waktu pengerjaan soal untuk tes potensi skolastik adalah sebagai berikut:

 Jenis Soal  Jumlah Soal  Waktu
 Uji Pengetahuan Kuantitatif  15 soal  20 menit
 Kemampuan Penalaran Umum  30 Soal  30 menit
 Pengetahuan dan Pemahaman Umum  20 soal  15 menit
 Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis  20 soal  25 menit 
 

Literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
Pada soal literasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggis, para peserta akan menghadapi soal dengan bentuk teks. Adapun rincian jumlah soal dan waktunya adalah sebagai berikut :

 Jenis Soal Jumlah Soal Waktu
 Literasi Bahasa Indonesia 30 soal 45 menit
 Literasi Bahasa Inggris 20 Soal 30 menit

Penalaran Matematika 
Soal penalaran matematika mengujikan kemampuan berpikir berkaitan dengan prosedur, konsep, dan fakta untuk menyelesaikan permasalahan sehari- hari dalam berbagai konteks. 

 Jenis Soal Jumlah Soal Waktu
 Penalaran Matematika 20 soal 30 menit
 

Itulah jenis soal baru yang akan ditambahkan pada UTBK-SNBT 2024. Buat yang ingin latihan, yuk buka laman khusus latihan yang sudah disebutkan di atas. Keep it up...

Semoga Sukses.

Salam.

No comments:

Post a Comment