12/08/2023

Panitia Menerapkan Aturan Baru di SNPMB 2024 , Yuk Simak Informasinya

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 akan digelar pendaftarannya mulai 8 Januari 2024 mendatang. 

Ada beberapa perubahan yang mesti diperhatikan bagi para pendaftar yang dilakukan oleh panitia SNPMB Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (SNPMB BPPP) diantaranya berkaitan dengan pendaftaran peserta yang diterima di jalur SNBT dilarang mendaftar pada jalur mandiri. 

Photo by Nguyen Dang Hoang Nhu on Unsplash



Hal itu diungkapkan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Anindito Aditomo, melalui siaran pers yang ditayangkan via kanal YouTube dan Live Instagram, bahwa ada perubahan ketentuan yaitu calon mahasiswa yang diterima di jalur prestasi tak bisa lagi mendaftar di jalur tes atau mandiri serta pendaftar yang sudah melakukan daftar ulang di jalur tes tak bisa diterima di jalur mandiri. Hal tersebut dimaksudkan untuk optimalisasi kuota dan prinsip keadilan. 

Aturan Baru SNPMB 2024, "Calon mahasiswa yang diterima di jalur prestasi tak bisa lagi mendaftar di jalur tes atau mandiri serta pendaftar yang sudah melakukan daftar ulang di jalur tes tak bisa diterima di jalur mandiri."

Bagi mahasiswa yang sudah diterima di jalur SNBP dan SNBT, kemudian mendaftar ke jalur mandiri maka akan memberikan peluang bagi mereka yang memiliki privilege ekonomi berlebih untuk melakukan coba- coba. Hal ini tentu saja akan merugikan calon mahasiswa yang memiliki nilai di bawah ambang batas pada jalur prestasi. Pasalnya, mereka tidak akan diterima karena anggapan bila kuota sudah terpenuhi. 

Plt Dirjen Dikti Prof Nizam juga menambahkan bahwa pendaftaran mahasiswa baru ini akan memberikan layanan yang lebih baik melalui sistem yang transparan dan berkeadilan serta efisien bagi semua pihak. 

Prof Nizam juga menuturkan tentang hal yang harus dihindari pada seleksi penerimaan mahasiswa baru SNPMB 2024 saat ini adalah adanya bangku kosong yang diakibatkan oleh calon mahasiswa yang masuk melalui satu jalur, masih ditemukan masuk ke jalur berikutnya karena sudah diterima di pilihan kedua atau belum mantap akan pilihannya. Hal inilah akan merugikan pihak perguruan tinggi negeri (PTN) dan juga bagi calon mahasiswa yang memiliki peluang untuk diterima masuk karena bangku kosong. 

Sebelumnya, penerimaan penerimaan SNPMB 2024 masih menggunakan tiga skema yaitu Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Seleksi jalur Mandiri. Registrasi akun akan mulai dibuka mulai 8 Januari hingga 8 Februari 2024 dan bagi siswa, akan dimulai 8 Januari sampai 15 Februari 2024. Adapun pendaftaran SNPMB dilakukan melalui laman resmi di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

No comments:

Post a Comment