Halaman 3 ---- Latihan Soal PAT Simulasi Digital Kelas 10 SMK/ MAK Semester 2 Tahun 2021/ 2022

Masih semangat belajarnya yaa....Lanjut lagi ke bagian terakhir ...

31. Tata suara merupakan bagian penting dari sebuah produk video, untuk melengkapi sebuah penjelasan sebuah cerita. Dalam membuat presentasi video adakalanya selain menggunakan suara presenter sendiri juga menggunakan suara orang lain dalam membacakan narasi dari video yang ditampilkan. Narasi tambahan yang berupa  suara manusia yang membacakan sebuah cerita/narasi yang berkaitan dengan video yang dibuat disebut ....
A. voice note
B. voice over
C. voice talent
D. main voice
E. added voice



32. Gambar bergerak selain menggunakan kamera dapat juga direkam dengan merekam
layar (screen recording). Piranti yang dapat digunakan dalam proses tersebut adalah ....
A. KMP Player
B. Screencast-O-Matic
C. Windows Movie Maker
D. Adobe Premiere Pro
E. Sony Vegas



33. Blender merupakan aplikasi grafis 3D yang dapat digunakan untuk membuat simulasi visual. Aplikasi Blender dirasa cocok untuk digunakan oleh para siswa karena ....
A. bersifat online
B. performa yang ringan untuk piranti komputer/laptop 
C. ukuran file yang kecil untuk instalasi
D. fitur yang lebih lengkap dibanding aplikasi berbayar
E. mudah cara pemasangannya



34. Dalam pemodelan objek permukaanya terlihat kasar sehingga perlu untuk menghaluskanya. Fitur aplikasi Blender untuk memfasilitasi hal tersebut adalah ....
A. Subdivision Surface
B. Multiresolution
C. Remesh
D. Screw
E. Solidify



35. Fitur Blender untuk menghaluskan sudut objek yang sebelumnya runcing menjadi lebih halus adalah ....
A. Subdivision Surface
B. Multiresolution
C. Bevel
D. Screw
E. Solidify Txt 3D



36. Camera angle merupakan sudut pengambilan gambar suatu objek. Camera angle sangat diperlukan untuk menyajikan infomasi visual dengan rangkaian bidikan kamera yang mampu mengomunikasikan informasi menjadi lebih baik dan mudah dipahami melalui bahasa visual. Salah satu jenis camera angle dimana Kamera ini melakukan pengambilan gambar mewakili pandangan penonton adalah ....
A. angle kamera point of view
B. angle kamera subjektif
C. angle kamera objektif
D. objective angle
E. viewer's angle kamera 



37. Menganimasikan sebagai proses menggerakkan objek yang telah dibuat sesuai dengan storyboard terdiri dari beberapa jenis teknik. Teknik animasi dasar untuk mengubah posisi objek  dari posisi awal ke posisi akhir disebut ....
A. animasi rotasi
B. animasi skala
C. animasi perpindahan lokasi objek
D. animasi kamera
E. animasi subjektif



38. Suatu proses pengikatan gerakan objek dalam gambar berurutan disebut ....
A. editing
B. rendering sequence
C. transition
D. mixing
E. blending



39. Proses transisi dalam editing dibutuhkan dengan tujuan ....
A. pemaduan gambar dan suara
B. agar tidak terjadi efek jumping pada video
C. menyisipkan video atau gambar pada halaman
D. mengkoordinasikan shot demi shot menjadi keseluruhan sinematik yang utuh
E. memberikan frame setiap potongan video atau gambar



40. Editing terdiri atas dua tahap. Dibawah ini yang merupakan tahap kedua editing  adalah ....
A. pengambilan rekaman oleh editor
B. pemilahan bahan
C. pengombinasian bahan menjadi adegan yang berurutan
D. perakitan komponen- komponen dalam bentuk akhir visual
E. penghilangan unsur yang tidak diperlukan 


7 comments:

Anonymous said...

Makasih banyakk karena soal-soal ini jadi lebih siap ulangannya 😭💞

Ayunara Bahar said...

Semoga Bermanfaat. Semoga sukses ulangannya yaa..

Anonymous said...

Terimakasih kak untuk bocoran soalnya jadi siap untuk ujian besok 😄

Anonymous said...

makasih banget loh kak ,bisa jadi referensi untuk buat soal ini hehe

Ayunara Bahar said...

sama- sama. Semoga Bermanfaat

Anonymous said...

terimakasih aatas soal-soalnya

Anda said...

Terimakasih....ijin menggunakan ya...

Post a Comment