Media Info Belajar

Tuesday, January 26, 2016

Cara Membuat Surat Dalam Bahasa Inggris

Surat merupakan suatu alat komunikasi secara tertulis untuk menyampaikan pesan dari orang yang satu ke orang yang lain. Dalam bahasa Inggris, Penggolongan surat juga dibagi menjadi beberapa jenis antara lain surat resmi, yang ditulis biasanya dalam keperluan bisnis atau profesional. Pada jenis surat ini penulisannya menggunakan bahasa yang formal, resmi, dan tentu saja harus menggunakan tata bahasa yang benar dalam segi grammatikalnya. Sedangkan jenis surat yang lain adalah surat tidak resmi seperti surat pribadi, penulisannya bisa menggunakan bahasa yang agak atau semi formal saja karena hanya ditujukan pada teman, atau anggota keluarga yang lain. Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai cara membuat surat  dalam bahasa Inggris. Sebelum kita berlanjut ke pembahasan pembuatannya, kita kenali dahulu  bagian- bagian surat dalam bahasa Inggris seperti pada uraian berikut ini.
Bagian- bagian surat bahasa Inggris
1. Sender Address
Alamat anda akan diletakkan pada bagian atas surat anda, jadi pembaca akan dengan mudah mengetahui alamat ketika akan membalas surat anda.
Contoh :

Mayang Street 289
Semarang 50221

2. Date
Tanggal (date) akan diletakkan dibawah alamat pengirim surat.
Contoh :
  • 26th January 2012
 3. Inside Address
Inside address hanya dibutuhkan untuk surat bisnis dan  berisikan nama, alamat penerima, dan nama perusahaan. Namun, pada bagian ini biasanya dihilangkan atau dikosongkan saja.
Contoh :
  • Director of Human Resources
 4. The greeting
The greeting merupakan salam pembuka dalam sebuah surat dan berisikan suatu ungkapan salam kepada penerima surat tersebut.
Contoh :
  • Dear John,
 5. The Introductory Paragraph
The introductory paragraph (paragraf pembuka) berisikan tujuan atau outline tentang surat tersebut. Pada bagian ini penulis surat menyampaikan  ringkasan tentang hal- hal yang akan disampaikan dalam surat tersebut.
Contoh :
  • It was nice to hear from you
  • I hope you are well
  • Sorry, I haven't written so long
  • How are you, I hope you are well
 6. The body
The body merupakan kelanjutan dari bagian The introductory paragraph diatas, yang merupakan penjabaran dari bagian awal atau paragraf pembuka. Tentang panjang dari the body ini tergantung dari perihal, masalah, atau isu yang akan disampaikan. Bahkan pada surat- surat tertentu bisa mencapai lebih dari dua lembar.

7. The closing
The closing merupakan penutup dari surat dan mengakhiri dari apa yang sudah disampaikan pada bagian the body diatas.
Contoh :
  • Write soon
  • I'll be in touch soon
  • I hope to hear from you soon  
(8) Regard
Pada bagian penutup, penulis surat akan menggunakan kata- kata yang sopan sebagai salam penutupnya. dan dilengkapi dengan memberikan regard kepada orang yang kita kirimi surat dibubuhi dengan tanda tangan dan nama pengirim.


Setelah anda baca uraian diatas, silahkan dicermati contoh outline salah satu bentuk surat berdasarkan penjelasan bagian- bagian surat diatas.

Outline dan contoh surat
==========================================================================================
(1)  Mayang Street 289                       
       Semarang 50221
(2)  26th January 2016
(3) (Inside Address)

(4) Dear John,
(5) How are you? I hope you're well. ......
(6) (The Body of the Letter)----------------------------------------------
      ----------------------------------------------
(7) -----------Write soon.

(8) Best Wishes,
      Andy
========================================================================= ================

Contoh Surat Resmi


Jajang Office Cleaners
Mawar Street 12
Semarang 50321

January 25th, 2016

Mr. Ardi Argono
Batik Asri 13 Blok 6
Pekalongan

Dear, Mr. Ardi Argono


We are very sorry that you have decided to cancel your service contract with us. In order to assure that we provide our customers with the best possible service, we always try to determine the reasons for contract cancellations. Please take a few minutes to fill out the enclosed form. This is for our information only and it does not obligate  you to buy our product company. We appreciate for your cooperation. If at any time in the future you will renew our product, please don't hesitate to contact us.

Sincerely,

Jajang Nuryaman
Owner

Nah, sekian penjelasan kami tentang cara membuat surat dalam bahasa Inggris. Semoga bisa langsung dipraktikkan sesuai dengan keperluan dan juga perihalnya. Mohon maaf bila ada kekurangan. Terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa untuk mengisikan kolom komentar di bawah bila ada yang ingin ditanyakan mengenai penjelasan kami. Salam sukses.