Media Info Belajar

Monday, February 22, 2016

8 Cara Memilih Universitas yang Tepat untuk Melanjutkan Studi

Sahabat Ahzaa Media, bagi anda yang ingin melanjutkan  studinya ke perguruan tinggi setelah lulus SMA nanti maka pasti akan timbul suatu pertanyaan universitas atau perguruan tinggi mana yang akan dipilih sebagai lanjutan studinya nanti. Memang hal tersebut merupaka suatu pertanyaan yang akan sulit dijawab mengingat hal tersebut berkenaan dengan minat, bakat dan kemampuan para sahabat masing- masing.  Dan tentunya pemilihan universitas akan menjadi suatu gambaran akan masa depan nanti. Pemilihan yang salah yang tidak sesuai dengan kemampuan kita, akan berdampak kurang baik bagi kita nanti di masa akan datang.
Dan berikut ini kami akan menyampaikan beberapa cara untuk memilih universitas yang tepat sebagai pertimbangan melanjutkan studi.
Akreditasi yang baik
Akreditasi merupakan suatu proses standar kurikulum terhadap suatu institusi pendidikan. Tidak semua universitas memiliki akreditasi yang sudah baik karena mereka harus melalui beberapa proses yang sangat ketat untuk memiliki suatu standar akreditasi tertentu. Dalam hal ini usahakan agar memilih universitas dengan akreditasi yang baik misalnya A atau minimal B. Sekarang ini banyak sekali institusi kerja atau perusahaan yang sering menetapkan syarat dalam menyeleksi pegawainya berdasarkan akreditasi lulusan universitas. Untuk melihat status akreditasi universitas anda bisa melihat melalui laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN -PT).
Akademik 
Akademik merupakan faktor lain dalam memilih universitas secara tepat sebagai kelanjutan studi anda. Tentunya anda tidak mau melanjutkan studi ke universitas yang memiliki nilai akademik kurang baik misalnya  banyaknya lulusan yang belum memperoleh lapangan kerja setelah lulus atau reputasi akademik yang buruk dari suatu universitas. Maka dari itu carilah sebanyak- banyaknya informasi mengenai perguruan tinggi berikut pemeringkatan dalam kualitas akademik, dukungan alumni, tingkat kelulusan dan kurikulum yang digunakan  dalam perkuliahan. Selain hal tersebut diatas, pengalaman dan kesempatan kerja merupakan poin utama dalam mencapai apa yang anda cita- citakan setelah lulus kuliah.
Jurusan
Salah satu poin ketika anda mendaftar selain memilih universitas adalah memilih jurusan yang tepat untuk anda. Disini anda juga harus merancang rencana anda setelah lulus kuliah nanti dengan jurusan yang anda pilih. Pastikan universitas atau perguruan tinggi yang anda pilih menawarkan karir di masa depan anda. Dalam hal ini anda juga harus jeli dalam memilih jurusan karena pemilihan jurusan harus berdasarkan minat dan bakat anda masing- masing. 
Biaya yang sesuai
Ketika kita melanjutkan studi ke universitas atau perguruan tinggi, biaya merupakan hal yang penting juga untuk dipertimbangkan dalam memilih universitas atau perguruan tinggi. Setiap universitas mempunyai biaya yang bervariasi tergantung dengan fasilitas yang ditawarkan. Biasanya universitas atau perguruan tinggi yang mempunyai reputasi yang baik juga akan menarik biaya sebanding dengan hal tersebut. Banyak juga universitas yang menawarkan banyak bantuan kepada para mahasiswanya dalam bentuk bea siswa atau bantuan yang lain.
Dalam hal ini pilihlah universitas dengan biaya yang sesuai dengan kemampuan kita masing - masing dan jangan lupakan beberapa hal seperti fasilitas, kualitas seperti halnya pada  poin sebelumnya yang sudah dibahas.
Fasilitas dan Pelayanan
Sekarang ini banyak universitas yang memiliki lingkungan kampus pelayanan dan fasilitas yang lengkap seperti perpustakaan, lab. komputer, klinik kesehatan, tempat ibadah, taman, dan sarana belajar yang memadai. Silahkan pilihlah universitas yang bisa mendukung belajar anda dengan beberapa hal tersebut diatas. 
Kehidupan kampus
Kehidupan kampus merupakan faktor yang penting dari sebagian orang. Selain kuliah, anda juga akan mempunyai kehidupan kampus yang lain misalnya berkegiatan sosial atau berpartisipasi dalam kegiatan ekstra yang ada dalam universitas. Pilihlah universitas yang mendukung kegiatan kampus yang baik sehingga akan menambah pengetahuan, pengalaman kita selain ilmu yang didapat di kelas. 
Sebagai contohnya bila anda memiliki bakat jiwa kepemimpinan, kampus merupakan tempat yang tepat untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan anda. Pengalaman- pengalaman  tersebut dapat digunakan dan diterapkan ketika sudah lulus kuliah dan diterima ditempat kerja.
Lokasi
Salah satu faktor paling penting untuk dipertimbangkan ketika memilih sebuah universitas atau perguruan tinggi adalah lokasi . Ingatlah bahwa anda akan berada di bangku kuliah selama empat tahun atau lebih sebelum anda lulus. Jadi pastikan Anda merasa nyaman dengan lokasi di mana anda akan tinggal sementara untuk berkuliah.
Keamanan
Faktor keamanan merupakan salah satu poin penting lainnnya dalam mempertimbangkan pilihan universitas. Usahakan agar memilih universitas atau perguruan tinggi dengan tingkat kejahatan yang rendah. Karena secara tidak langsung akan mempengaruhi kenyamanan anda dalam belajar. 

Demikian 8 (delapan) cara memilih universitas yang tepat untuk melanjutkan studi setelah lulus dari SMA, SMK, atau tingkat yang sederajat. Semoga informasi ini bisa membantu sahabat Ahzaa Media semua dalam menentukan universitas atau perguruan tinggi mana yang akan dipilih nanti. Semoga bermanfaat. Salam.