Wednesday, February 24, 2016

Mau Kuliah di Politeknik Negeri Melalui Jalur PMDK-PN Tahun 2016, Berikut Informasinya

Sahabat Ahzaa Media, Politeknik merupakan salah satu jenis perguruan tinggi yang lebih menekankan keterampilan atau vokasi selama proses perkuliahannya. Pada posting kali ini kami akan membagikan kabar gembira bagi adik- adik kelas XII yang ingin melanjutkan ke Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia melalui jalur PMDK-PN. Terlebih dahulu sebelum ke informasi lebih lanjut, alangkah baiknya kita ketahui dahulu tentang apa itu PMDK-PN. PMDK-PN atau Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi siswa atau calon peserta yang ingin melanjutkan ke Politeknik Negeri diseluruh wilayah Indonesia. Proses PMDK-PN ini akan dilaksanakan secara serentak dan diikuti oleh seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia secara online sesuai dengan UU No. 12 Tahun 2012, PP No. 66 dan PP No. 34 Tahun 2010.
sumber gambar : www.pmdk.politeknik.or.id
Adapun pendaftaran calon peserta/ siswa tidak dikenakan biaya apapun. Penerimaan mengedepankan potensi calon siswa/ peserta dengan prinsip yang adil tanpa membeda- bedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi. Hampir sama seperti proses dalam SNMPTN, ketentuan umum yang harus diperhatikan dalam proses ini adalah PMDK-PN menggunakan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan juga prestasi-prestasi lainnya.
Bila ingin mendaftar PMDK-PN siswa harus terlebih dahulu direkomendasikan melalui pihak sekolah kemudian baru melakukan pengisian data sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Adapun jadwal selengkapnya adalah sebagai berikut:
  • 9 Februari - 15 April 2016 ; Penyebaran dan request undangan
  • 10 Februari - 29 April 2016: Pengisian data oleh sekolah 
  • 10 Februari - 2 Mei 2016: Pengisian data oleh siswa
  • 10 Februari - 9 Mei 2016: Penerimaan berkas (Cap pos terakhir 9 Mei 2016)
  • 30 Mei 2016: Pengumuman 

Demikian informasi tentang penerimaan Politeknik Negeri melalui jalur PMDK-PN. Untuk informasi lebih lanjut, sahabat bisa mengunjungi website resminya melalui www.pmdk.politeknik.or.id. Semoga bermanfaat.
Salam.

Sumber Informasi:
PMDKPN 2016
www.pmdk.politeknik.or.id