Media Info Belajar

Thursday, March 17, 2016

Mau Daftar STIS TA 2016/ 2017, Catat Informasi Pentingnya Berikut Ini

Halo Sahabat Ahzaa Media, Assalamualaikum. Selamat datang kembali di blog kami. Salam Sejahtera bagi semuanya. Pada hari yang cerah ini, kami akan membagikan informasi yang "cerah" juga bagi adik- adik lulusan SMU atau sederajat semuanya. Nah, bagi adik- adik lulusan SMU atau sederajat, yang bercita- cita ingin masuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik tahun 2016 ini, pendaftarannya sudah dibuka lho..
STIS
Berbicara mengenai STIS, adik- adik tentunya sudah sering mendengar mengenai sekolah tinggi ini kan? Sekedar informasi mengapa STIS begitu banyak diminati oleh siswa- siswa lulusan SMU atau sederajat dikarenakan mahasiswa tidak dibebani oleh biaya pendidikan dan mendapat tunjangan ikatan dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku dan selain itu ada ikatan dinas bagi lulusan STIS setelah mereka menyelesaikan kuliah atau lulus pendidikan artinya seperti dikutip dari laman resmi STIS bahwa,  
"Mahasiswa Ikatan Dinas merupakan lulusan SMA/MA yang setelah lulus pendidikan di STIS akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dan selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Lulusan STIS dengan status ikatan dinas wajib menjalani ikatan dinas dengan BPS sesuai dengan penempatannya selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut"
Pada tahun ini, sesuai dengan informasi dari Kementrian Pendayagunaan dan Aparatur Negara melalui pengumuman No. B/1268/M.PAN-RB/03/2016 melalui lamannya di htttp://menpan.go.id, STIS menjadi salah satu dari tujuh Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas yang akan membuka pendaftaran calon siswa/ siswi pada tahun ini.
STIS membuka kesempatan sebanyak 500 siswa untuk kuliah disana tahun ini dengan perincian 100 siswa untuk program studi D-III dan 400 siswa untuk program studi D-IV dan pendaftarannya akan dibuka mulai tanggal 1 Maret 2016 sampai dengan 30 April 2016 nanti.  
Dan berikut jadwal penting proses pendaftaran yang kami kutip dari laman resminya.


Catatan: 
  1. Pendaftaran dilakukan secara online di website STIS di Aplikasi SPMB STIS.
  2. Untuk Jalur Tugas Belajar, pendaftaran paling lambat tanggal 23 April 2016. Berkas pendaftaran dikirimkan ke Kampus STIS paling lambat sudah harus diterima tanggal 27 April 2016.
  3. Biaya seleksi dibayarkan melalui Teller atau ATM Bank BRI. melalui Bank BRI atau Bank Mandiri. Pembayaran harus dilakukan sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan pada waktu pendaftaran.
  4. Penentuan/perubahan lokasi ujian hanya bisa dilakukan pada waktu pendaftaran online berlangsung.
  5. Untuk Ikatan Dinas, bagi yang dinyatakan lulus ujian tahap II dan akan mengikuti ujian tahap III, wajib menyerahkan berkas di bawah ini pada waktu ujian seleksi tahap III (wawancara) yaitu Fotokopi Rapor SMA/MA yang telah dilegalisir (halaman yang berisi data pribadi dan nilai), dan Fotokopi Ijazah SMA/MA yang telah dilegalisir. Bagi yang lulus tahun 2016 tetapi belum memiliki ijazah, dapat digantikan dengan Surat Tanda Kelulusan (SKL) atau Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) asli atau yang telah dilegalisir.
  6. Jadwal wawancara ditentukan oleh penyelenggara ujian setempat.
  7. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi ujian masuk, dan akan mengikuti kuliah di STIS, wajib melakukan pemberkasan, yaitu: (i) untuk Calon Mahasiswa Ikatan Dinas harus menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID), (ii) untuk Calon Mahasiswa Tugas Belajar Instansi Non BPS harus memastikan akan mengikuti tugas belajar. Pemberkasan dilakukan langsung di Kantor BPS Provinsi setempat atau di Kampus STIS.

Demikian informasi dari kami tentang pendaftaran STIS tahun 2016 ini. Untuk informasi yang lebih lengkap bisa mengakses pada website resmi STIS di www.stis.ac.id. Persiapkan diri adik- adik semua agar lolos dan sukses dalam menghadapi ujian dalam proses penerimaannya. Akhir kata, semoga sukses dan semoga informasi ini memberikan manfaat bagi adik- adik semua.