Media Info Belajar

Monday, May 16, 2016

Mau Masuk SMK Jurusan Multimedia, Apa Saja Sih yang Dipelajari?

Ujian Nasional tingkat SMP dan sederajat sudah selesai beberapa saat lalu. Tentunya saat sekarang ini adalah masa dimana adik- adik menunggu pengumuman kelulusan sambil menentukan keputusan mau melanjutkan kemana setelah lulus nanti apakah SMA atau SMK. Memilih melanjutkan sekolah adalah seperti menentukan masa depan, artinya harus sesuai dengan bakat dan kemampuan juga minat adik- adik. 
Bagi adik- adik siswa SMP yang ingin melanjutkan ke SMK dan masih bingung dengan jurusan apa yang ingin dipilih, berikut ini salah satu jurusan yang sesuai dengan perkembangan teknologi sekarang ini yaitu jurusan multimedia. Mengingat bahwa jurusan multimedia adalah jurusan yang mempunyai ruang lingkup pekerjaan dan profesi yang luas, jurusan multimedia SMK adalah jurusan yang banyak difavoritkan bagi sebagian besar siswa lulusan SMP dan sederajat selain jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Selain itu jurusan Multimedia juga memberikan peluang bagi lulusannya untuk membuka usaha atau berwirausaha sendiri dalam bidang multimedia.
Pada dasarnya multimedia dibagi menjadi dua jenis kategori yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier merupakan multimedia yang berjalan tanpa dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan pengguna misalnya film dan televisi. Sedangkan multimedia interaktif merupakan multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga terjadi interaksi dengan pengguna contohnya pada game atau pembelajaran secara multimedia.
SMK jurusan Multimedia
Adapun ruang lingkup pembelajaran jurusan multimedia di SMK menurut struktur kurikulum KTSP 2006 adalah mencakup Teknik Penyiaran Dan Produksi Program TV, Film, Radio, Alur Produksi Broadcast, Animasi Komputer, Blog, Etimologi Multimedia, Animasi Komputer, Broadcast  news, Kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja, Lensa, Teknologi Lensa, Major graphic file formats, Menulis Program TV, Membuat Narasi, Pengenalan Multimedia, Adobe Premiere Pro (Menyunting Video), Pengantar Multimedia, Teks, Gambar dan Grafis, Suara dan Audio, Video, Animation, Web Design, Storage Media, Setup dan Pengoperasian Video Dasar, dan Menyunting Suara.
Peluang pekerjaan bagi lulusan jurusan multimedia juga sangat terbuka lebar karena saat ini Indonesia menghadapi era MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) yang membutuhkan ahli- ahli teknologi khususnya dalam bidang komputer dan multimedia. Sesuai dengan standar bidang teknologi dan informatika jurusan multimedia, pekerjaan yang relevan atau sesuai dengan jurusan multimedia adalah  meliputi :
  1. Pengembang Web (Web Development) terdiri dari Pembuat Web dan Pemelihara Web.
  2. Pengembang Multimedia (Multimedia Development) terdiri dari Pembuat Multimedia dan Pemelihara Multimedia
  3. Pengembang Permainan (Game Development) terdiri dari Pembuat permainan (games) dan Pembuat media simulasi ( simulator)
  4. Rumah Produksi Sinema/Film (Production House) terdiri dari Pembuat video klip dan Penyunting video
  5. Industri Media dan Periklanan (Media and Advertisement) terdiri dari Pembuat animasi dan Pembuat media informasi
Nah, menarik bukan? Dan untuk adik- adik yang mempunyai ketertarikan terhadap hal- hal diatas, jurusan multimedia bisa dipertimbangkan untuk dipilih. Demikian ulasan atau artikel Ahzaa mengenai jurusan multimedia SMK, jangan lupa dibaca juga artikel kami mengenai jurusan Teknik Komputer dan Jaringan ( Baca juga : Mengenal jurusan Teknik Komputer dan Jaringan). Semoga bisa membantu adik- adik yang sedang mencari referensi dalam memilih jurusan di SMK. Sekian dan terima kasih sudah berkunjung di blog kami dan jangan lupa untuk mengirimkan komentar mengenai artikel kami diatas.  Salam.