Media Info Belajar

Friday, May 27, 2016

Penggunaan Teknologi Sebagai Penunjang dalam Dunia Pendidikan, Mengapa Tidak?

Pada jaman globalisasi seperti sekarang ini perkembangan teknologi berkembang dengan pesatnya. Pemanfaatan teknologi sudah merambah ke semua aspek kehidupan manusia baik dalam bidang sosial, ekonomi, politik, begitu pula pada bidang pendidikan. 

Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan membawa pengaruh yang luar biasa dalam mengiringi perkembangan pendidikan ke arah yang lebih baik. Pembaharuan dalam teknologi selalu beriringan dengan perubahan dalam bidang pendidikan. Pendidikan adalah sebagai bidang yang tidak terpisahkan dari perkembangan teknologi. 

Ilustrasi Project Based Learning

Namun, bila melihat keadaan di Indonesia, pertanyaannya adalah bagaimanakah situasi pendidikan di Indonesia, apakah sarana dan prasarana sudah mendukung serta apakah gurunya juga sudah mampu memanfaatkan teknologi dalam pendidikan.  Seperti halnya pernyataan menarik Menteri Pendidikan, Anies Baswedan, 
"setting sekolah di Indonesia saat ini masih seperti abad 19, gurunya hidup di abad 20 dan anak-anaknya hidup di abad 21." 
Dengan cara guru mengajar yang masih konvensional dan tidak sesuai dengan perkembangan jaman dikhawatirkan akan terjadi ketimpangan dalam menyampaikan pesan, informasi maupun materi oleh guru kepada siswanya karena seperti kita tahu bahwa jaman sudah berubah dan teknologi sudah menjadi bagian kehidupan sehari- hari.

Oleh karena itu, sebagai guru yang hidup pada era digital seperti sekarang ini, penguasaan teknologi merupakan hal yang wajib dikuasai karena harus bisa mengimbangi perkembangan jaman dan kemampuan anak- anak didiknya dalam bidang teknologi.

Salah satu keuntungan yang bisa diperoleh dari penerapan dan pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar di kelas adalah membuat situasi kelas menjadi lebih kondusif dan mencetak siswa menjadi lebih kreatif. Selain itu dengan penggunaan teknologi sistem pembelajaran di kelas akan lebih menyenangkan yang pada akhirnya siswa akan lebih tertarik dan memiliki minat dalam mempelajari materi yang diajarkan.

Banyak cara yang bisa dilakukan guru dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran yang sesuai dengan masa sekarang  misalnya dengan penggunaan alat seperti smartphone, komputer dan laptop. Jaringan internet yang semakin luas jangkauannya juga akan mempermudah guru untuk membuat pembelajaran berbasis teknologi dengan sistem interaktif. 

Pembelajaran tidak hanya berlaku sistem tatap muka antara guru dan siswa di kelas saja, namun pembelajaran juga bisa berlaku dimana saja asalkan terkoneksi antara satu dengan yang lain. Pembuatan tugas, pengumpulan tugas, pembelajaran, dan forum diskusi bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun selama masih terkoneksi dengan jaringan internet. Sebagai contoh adalah guru dapat dengan mudah membuat forum diskusi online yang anggotanya terdiri dari siswa dalam satu kelas dengan topik berbagi berbagai solusi akan permasalahan dalam pembelajaran. 

Guru dapat dengan mudah mengamati sejauh mana perkembangan proyek atau tugas yang sudah diberikan dengan aplikasi yang modern dalam smartphone. Selain itu siswa juga bisa bertanya tentang kesulitan- kesulitan yang dihadapi dalam menyelesaikan tugas atau proyek. Maka dari itu pemanfaatan dan penggunaan teknologi sangat cocok dengan sistem model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) mengingat model pembelajaran tersebut merupakan salah satu model pembelajaran yang dianjurkan dalam kurikulum sekarang karena berbagai karakteristik yang cocok dengan era global sekarang.

Namun, seiring dengan pemanfataan teknologi dalam pendidikan, guru tidak boleh mengesampingkan tujuan utama dari pendidikan itu sendiri yaitu nilai- nilai dalam pendidikan. Character building dari siswa merupakan hal yang utama, karena  pembangunan mental dan spiritual akan mencetak generasi Indonesia yang melek teknologi dan yang tidak kalah pentingnya adalah mencetak generasi berakhlak mulia.

Dan sebagai penutup, perkembangan teknologi adalah sebuah jalan dalam mencapai kemajuan dalam dunia global. Pendidikan dan teknologi sangat berkaitan erat maka semuanya harus berjalan beriringan. Guru sebagai pejuang  garis depan dalam dunia pendidikan harus menyesuaikan dalam perkembangannya. Demikian tulissan saya mengenai teknologi dalam dunia pendidikan. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam kata atau ungkapan, silahkan kirimkan saran dan kritik melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih. Salam.