Monday, March 20, 2017

Inilah Aplikasi Menarik Sebagai Media Kolaboratif untuk Guru yang Mesti Dicoba

Hai Guru Sahabat Ahzaa, Dewasa ini pasti kita tidak asing lagi dengan penggunaan media seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, BBM dalam profesi kita. Penggunaan media tersebut tak lain dan tak bukan adalah sebagai media komunikasi. Sering kita membuat grup atau kelompok melalui media tersebut diatas untuk mempermudah pekerjaan dalam komunikasi, diskusi, berbagi dan kolaborasi. 

Dalam posting ini AhzaaNet akan berbagi info tentang alat atau media untuk berkomunikasi dan kolaborasi selain dengan media- media tersebut diatas, yaitu dengan menggunakan Slack. Nah, bagi anda yang belum tau apa itu Slack, berikut ulasan singkatnya.

Slack adalah alat pesan realtime dan kolaborasi yang menarik untuk diterapkan dalam pekerjaan. Dengan media ini, anda dapat menggunakannya untuk mengatur komunikasi tim anda dalam satu tempat. Seperti halnya WhatsApp, dan media lain sejenis, Slack memungkinkan anda untuk membuat saluran di mana Anda dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dengan rekan-rekan anda. Sebagai contoh saat anda membuat proyek atau tugas dalam pekerjaan, anda dapat dengan mudah berkirim pesan, berdiskusi tentang kesulitan serta berkolaborasi dalam proyek tersebut. Dalam dunia pendidikan, kita bisa menerapkannya dalam wadah perkumpulan guru mata pelajaran dalam membuat sebuah proyek seperti pembuatan soal maupun modul. 

Slack tidak hanya bisa untuk mengirim pesan saja, anda juga dapat meng-upload file, PDF, dokumen, gambar, dan spreadsheet. Hanya dengan drag dan drop mereka langsung ke saluran dan semua anggota akan dapat mengakses, melihat dan menambahkan komentar. Anda juga dapat berbagi link layanan penyimpanan seperti Google Drive, Dropbox, atau Box

Disamping itu, Slack juga tersedia di seluruh platform dan perangkat yang anda punya. Anda dapat mulai bekerja pada saluran Slack pada komputer, iPad atau Android dan semua perangkat dapat disinkronkan antara satu dengan yang lain. 

Yap, itulah ulasan singkat mengenai Slack, untuk info lanjut, anda bisa mengunjungi web-nya di https://slack.com

Selamat Mencoba.