Saturday, March 11, 2017

Inilah Materi yang Mesti Kamu Kuasai Saat Menjawab Soal Listening Bahasa Inggris UN 2017

Soal listening (listening section) merupakan salah satu bagian dalam soal ujian nasional semenjak awal tahun 2000-an. Sejak itu, soal listening wajib ada dalam paket soal ujian nasional. Dalam pembagiannya, total jumlah soal listening dalam paket ujian nasional adalah 15 soal dengan empat bagian utama yaitu pictures (gambar) sejumlah tiga soal, questions and answers dengan empat soal, short conversations dengan empat soal, dan short talks sejumlah empat soal. 

Sebagian siswa menyatakan bahwa soal listening merupakan bagian soal ujian nasional yang dipandang cukup sulit. Kecermatan mendengarkan setiap poin soal menjadi kunci utama dalam memahami soal- soal listening. Selain itu, latihan dan strategi belajar yang baik juga akan meningkatkan kemampuan dalam ujian listening. Bila diperhatikan, soal- soal listening yang muncul dari tahun ke tahun memiliki materi dan pola yang sama. Oleh karena itu, menjelang pelaksanaan ujian nasional tahun 2017 ini, kami mencoba untuk menganalisis beberapa materi yang sering muncul pada soal- soal listening.

1. Pictures 
Dalam soal Pictures (gambar), siswa hanya akan melihat gambar dengan diperdengarkan empat pernyataan yang sesuai dengan gambar tersebut. Cakupan materi yang biasanya terdapat dalam soal gambar adalah seputar "people activity, location or place of things/ people, physical appearance of people, and situation of a place." 
Menjelaskan Gambar
Strategi untuk menjawab soal ini adalah 
  • Tentukan aktifitas yang terdapat dalam gambar. Ada tiga poin untuk menjelaskan gambar yaitu siapa yang melakukan aktifitas, jenis aktifitas apa yang dilakukan, dan dimana orang tersebut melakukan aktifitasnya.
  • Perhatikan kata- kata tertentu yang memiliki suara yang hampir mirip.
  • Kenali penggunaan kata benda baik yang tunggal maupun jamak. 
Lokasi benda atau orang
Saat melihat pada gambar, tentukan posisi atau lokasi benda atau orang tersebut berada. Biasanya, kalimat yang digunakan adalah pada bentuk Present Tense. Lingkup penjelasan pada gambar biasanya mengenai jenis dari benda tersebut, berapa banyak benda atau orang, dan lokasi benda atau orang tersebut.  materi yang mesti dikuasai adalah seputar penggunaan preposisi; in, on, under, beside, next to, across, between, behind, in front of, among, over there. Untuk lokasi, bisa dipelajari juga seperti through, far from, close to, above, along the , dan sebagainya.  

Penampilan fisik orang
Saat melihat pada gambar, silahkan identifikasikan siapa yang berada dalam gambar tersebut, bagaimana penampilannya, dan apa yang dikenakan atau dipakai oleh orang tersebut. 

2. Questions and Answers
Dalam tes ini disajikan pertanyaan diikuti oleh empat jawaban, disini siswa harus memilih satu dari empat pernyataan yang diperdengarkan. beberapa maateri yang biasanya sering muncul dalam questions and answers adalah seputar suggestion and advice, preference, invitation, asking about location and direction, handling guests, dan daily conversation .

3. Short Conversations
Dalam mendengarkan short conversations, siswa mendengarkan percakapan antara dua orang, biasanya suara laki- laki dan perempuan, kemudian menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan percakapan tersebut. Dalam hal ini, fokus adalah hal yang penting, catatlah hal- hal yang pokok dalam percakapan tersebut. Beberapa materi yang diprediksi sering muncul adalah tentang reservation, order and request, introduction, daily activities, planning, comparison, dan sebagainya.

4. Short Talks
Dalam jenis pertanyaan ini, siswa akan mendengar monolog pendek seperti artikel, pengumuman, berita dan sebagainya. Adapun materi yang mungkin saja muncul sesuai dengan kisi- kisi bahasa Inggris UN tahun 2017 yang dikeluarkan oleh BSNP beberapa waktu lalu, antara lain announcement, notice.  

Dan untuk melengkapi posting ini, sebagai latihan, berikut saya sertakan juga latihan soal Listening Ujian Nasional tahun 2017 baik soal, transkrip audio maupun audio nya. 



Semoga bermanfaat.