3/14/2017

Tekno Guru : Inilah Website yang Akan Mengubah Kelas Anda Menjadi Kelas Interaktif Berbasis Teknologi

Membuat pembelajaran yang menarik merupakan salah satu tugas guru dalam kelas abad 21. Pembelajaran kolaboratif dalam kelas memungkinkan siswa dapat berinteraksi dengan baik dan membuat siswa dapat mengemukakan ide- ide nya dalam memahami pelajaran. Pemanfaatan sumber daya teknologi yang ada sekarang ini, kita akan sangat mudah membuat sistem pembelajaran di kelas secara interaktif. Dengan berbasiskan teknologi, berikut ini ada satu website yang sangat menarik yang tidak ada salahnya anda coba untuk membuat aktifitas pembelajaran kolaboratif di kelas yaitu melalui Spiral.

Spiral merupakan salah satu website yang menyediakan fasilitas dalam hubungannya menjadikan kelas anda menjadi lebih interaktif. Dalam hal ini kita bisa memanfaatkan fasilitas dari Spiral dalam membantu anda misalnya, melakukan penilaian formatif dengan  cepat, membuat desain presentasi secara  interaktif, membuat video , membuat kuis video, rencana video pembelajaran, dan tentunya masih banyak lagi. Dalam website ini, ada empat alat atau media yang bisa kita gunakan, yaitu Quick Fire, Discuss, Team Up, dan Clip. Kelebihan lainnya bahwa Spiral tidak memerlukan men-download software dan memang benar-benar gratis untuk guru.

Nah, langsung saja, media yang disediakan oleh Spiral dalam membuat kelas  interaktif anda. Berikut ulasannya.

Quick Fire


Quickfire merupakan alat ideal yang disediakan oleh Spiral untuk memulai pelajaran, menilai, meninjau serta memperkuat pengetahuan dan pemahaman siswa di kelas. Quick Fire menyediakan berbagai tanggapan dari seluruh kelas secara real time untuk guru. Jawaban siswa akan ditampilkan secara anonim di papan tulis untuk mengembangkan kepercayaan diri siswa. 
Quick fire tepat untuk permulaan pelajaran, memperkenalkan topik baru, meninjau pelajaran atau topik, menilai kemajuan siswa dan memperkuat pengetahuan dan pemahaman siswa akan sebuah topik pelajaran. 

Discuss
Saat anda ingin mendorong siswa mengemukakan ide- idenya, anda bisa menggunakan forum diskusi bagi siswa anda dan Discuss merupakan alat yang tepat. Dengan Discuss, anda bisa membangun diskusi di kelas, berbagi pengalaman pengetahuan siswa, melibatkan semua anggota kelas, melacak kemajuan siswa serta memberikan informasi tentang perencanaan mengajar anda kepada siswa. 

Team Up
Sesuai dengan namanya, Team Up, memungkinkan siswa untuk bekerja dalam sebuah kelompok. Siswa bekerja dan membentuk tim dan berkontribusi dalam mengembangkan ide-ide mereka. Tim dapat bekerja dari perangkat individu atau kelompok untuk menciptakan hasil yang maksimal.

Clip
Alat ini sangat tepat untuk membuat class video. anda tinggal menambahkan video pembelajaran kemudian suruhlah siswa untuk memberikan komentar terhadap video yang anda tampilkan melalui form yang tersedia. Selain itu,  anda dapat menambahkan pertanyaan atau kuis pilihan ganda, menambahkan ulasan dan menyimpan hasilnya.

Nah, menarik bukan? Untuk memulainya, anda bisa mengunjungi www.spiral.ac kemudian lakukan langkah- langkah pendaftarannya secara gratis. Untuk setiap tool dari Spiral, sudah ditunjukkan cara penggunaannya kok, jadi tinggal ikuti saja langkah- langkah penggunaannya.

Jangan lupa isikan komentar mengenai artikel atau tulisan ini melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih dan Semoga bermanfaat.
Salam.

Sumber informasi :
www.spiral.ac  

No comments:

Post a Comment