Monday, October 23, 2017

Kursus Pelatihan Gratis dari Google untuk Para Guru dan Pendidik

Kabar gembira nih bagi rekan- rekan guru dan pendidik pasalnya Google baru saja meluncurkan program kursus pelatihan gratis secara online (online training course ). Dilansir dari blog Google untuk pendidikan dengan tajuk membawa masyarakat digital ke dalam kurikulum sekolah, program ini menyasar pada para guru dan pendidik dengan tujuan untuk membantu mereka dalam mengenalkan dan membekali kemampuan digital kepada siswa didiknya serta menanamkan sikap kepada mereka tentang bagaimana menjadi masyarakat digital yang baik, aman dan bertanggung jawab.
Google for Education

Seperti yang kita tahu, keterampilan digital menjadi sangat penting dalam era teknologi saat ini dan di masa akan datang, oleh karena itu pihak- pihak terkait yang berkenaan di dalamnya termasuk guru akan dilibatkan dalam mewujudkan keterampilan untuk generasi muda khususnya siswa sebagai perwujudan masyarakat digital yang baik, aman dan bertanggung jawab.

Dengan melakukan kegiatan dalam kursus tersebut seperti membaca, menonton video, guru dapat belajar bagaimana mengintegrasikan masyarakat digital dan aktivitas keamanan ke dalam kurikulum sekolah mereka.

Dalam hal ini ada lima hal utama yang bisa didapatkan oleh guru dalam kursus ini yaitu,

  • Mengajarkan siswa tentang privasi dan keamanan internet, termasuk dalam mengatur privasi dan password yang kuat.
  • Mengamankan perangkat mobile dan menghindari unduhan yang berbahaya pada  smartphone.
  • Pencarian cerdas, untuk membantu siswa mengevaluasi kredibilitas sumber informasi online.
  • Tetap aman dari aktifitas phishing dan penipuan lainnya
  • Mengelola reputasi online, termasuk melindungi informasi yang bersifat sensitif.

Namun sayangnya untuk saat ini kursus pelatihan online ini hanya mendukung lima belas bahasa saja yang mana Indonesia belum termasuk di dalamnya. Harapan untuk berikutnya, ditambah layanan untuk bahasa Indonesia, semoga saja.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya, anda bisa membaca nya melalui artikel asli di laman blog google  di sini.

Sumber artikel :
https://blog.google/topics/education/bringing-digital-citizenship-school-curriculum