Wednesday, November 20, 2019

Bimbel Online vs Bimbel Biasa, Manakah yang Lebih Baik?

Kebutuhan akan tambahan belajar diluar sekolah menjadi meningkat akhir- akhir ini dikalangan siswa. Tuntutan jaman, persaingan akademik dan konsep materi yang rumit  membuat siswa berbondong mencari tambahan jam pelajaran diluar sekolah melalui bimbingan belajar. Bimbingan belajar bisa dianggap sebagai problem solver siswa berkaitan dengan hal- hal tersebut diatas. Tidak sedikit siswa yang "berhasil" melalui jasa bimbingan belajar seperti mendapatkan ranking terbaik, kenaikan nilai akademis,  diterima di sekolah favorit, atau PTN terkemuka sesuai impiannya.
source : pixabay

Lembaga bimbingan belajar pun seakan berlomba memuaskan konsumen dengan berbagai produknya. Keberadaan bimbel tidak hanya mendampingi dan memberi tambahan belajar saja, namun juga menyediakan segenap informasi yang dibutuhkan siswa seperti informasi masuk PTN, sekolah kedinasan, atau melanjutkan jenjang sekolah favorit. 

Saat ini selain bimbel konvensional, bimbel pun sudah merambah ke era digital dengan berkembangnya model bimbel- bimbel online (daring). Bimbel online datang menawarkan sesuatu yang berbeda dari bimbel konvensional meskipun secara konsep kurang lebih sama. Tentu saja ada kelebihan dan kelemahan diantara keduanya dan siswa mesti lebih jeli dalam memilih bimbingan belajar apakah bimbel konvensional atau bimbel daring.

Berikut ini beberapa ulasan fakta mengenai bimbel konvensional dan bimbel online (daring) yang berkembang saat ini.

Bimbel Konvensional (biasa)
Bimbel konvensional (biasa) berkembang sejak tahun 80-an sampai sekarang. Beberapa bimbingan belajar bahkan bisa bertahan sampai saat ini sampai dengan ribuan cabang karena kualitas, nama dan metode unggulnya. Pada prinsipnya, semua bimbel konvensional menawarkan hal yang sama yaitu sistem reguler kelas, tatap muka langsung tentor dan siswa, penggunaan rumus atau metode praktis, modul bimbel, konsultasi belajar dan  informasi terupdate masuk perguruan tinggi negeri.

Sistem Reguler
Sistem pada bimbel konvensional lebih mirip ke kelas di sekolah tetapi dalam lingkup yang kecil. Satu kelas bisa diisi oleh siswa berjumlah 5 sampai dengan 20 orang atau bahkan di beberapa bimbel tertentu bisa lebih dari itu. Siswa dikelompokkan sesuai tingkatan dengan penjadwalan bimbingan setiap minggunya, apakah dua hari atau tiga hari sekali setiap minggunya.

Modul
Siswa akan menerima modul belajar dari lembaga bimbingan belajar yang bersangkutan. Paket modul terdiri dari paket modul materi dan paket modul latihan soal. Modul materi disusun sesuai kurikulum terbaru dengan disisipkan cara atau metode praktis mengerjakan soal. Sedangkan latihan soal lebih mengacu ke tipe soal- soal yang sering muncul di tahun tahun sebelumnya.

Tentor
Seperti halnya di sekolah, di bimbel konvensional siswa akan didampingi oleh tentor. Tentor ini akan berperan sebagai guru untuk menjelaskan, menerangkan materi atau menjawab permasalahan siswa seputar materi. Tentor lembaga bimbingan belajar terkemuka biasanya akan mendapat pelatihan- pelatihan yang memang diselenggarakan secara berkala. Hal itu untuk menjaga kualitas mengajar tentor seperti  cara menyampaikan materi, menyelesaikan soal dengan metode tertentu dan sebagainya.

Ujian Berkala
Siswa bimbingan belajar konvensional akan mendapatkan ujian berkala setiap semesternya. Tes tersebut berlangsung sebagai persiapan menghadapi UTS, atau UAS. Bimbingan belajar menghadirkan soal- soal yang membiasakan siswa dalam menghadapi berbagai macam bentuk atau tipe soal yang selalu muncul tiap tahunnya.

Pendampingan Informasi
Siswa lembaga bimbingan belajar biasanya mendapatkan informasi yang lebih baik dibandingkan oleh siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Informasi tersebut mencakup tes penempatan masuk perguruan tinggi seperti SNMPTN, SBMPTN atau sekolah kedinasan.

Bimbel Online (Daring)
Keberadaan smartphone sebagai media digital menjembatani berkembangnya bimbel online (daring).  Bimbel online prinsipnya fleksibel, bisa belajar dimanapun dan kapanpun. Siswa dapat memilih waktu dan tempat belajar yang menurutnya paling nyaman.

Sistem Belajar Online
Siswa tidak perlu datang ke tempat bimbingan belajar, hanya memerlukan smartphone dan jaringan internet saja untuk menggunakannya. Sistem pembelajarannya, siswa mengikuti penjelasan mengenai materi tertentu yang dikemas dalam bentuk video. Video dibuat semenarik mungkin serta beranimasi untuk memudahkan siswa belajar. Video juga dapat juga diputar beberapa kali pada bagian penjelasan gurunya bila siswa merasa masih kurang memahami.

Fitur Lengkap
Beragam fitur tersedia di dalam aplikasi bimbel online seperti  paparan materi, quiz, dan sebagainya.
Siswa tidak lagi membutuhkan modul atau buku-buku tulis untuk mencatat karena aplikasi bimbel online memungkinkan siswa untuk mengunduh rangkuman belajar dengan berbentuk visual grafis yang menarik. Aplikasi bimbel online juga menyediakan soal-soal ujian nasional beberapa tahun sebelumnya serta soal prediksi soal UN, sehingga lebih memudahkan lagi siswa untuk belajar.

Kelebihan dan Kekurangan Bimbel Online vs Bimbel Biasa

Kelebihan Bimbel Biasa
Bimbel biasa menawarkan fitur yang lebih lengkap, dengan sistem pembelajaran tatap muka, membuat siswa lebih terarah belajarnya. Siswa dapat melontarkan pertanyaan- pertanyaan terkait materi yang tidak mereka pahami langsung kepada tentor pendampingnya. Penyertaan rumus- rumus praktis yang langsung dipraktikan langsung oleh tentor menjadikan siswa lebih mudah dalam menyelesaikan soal- soal yang dirasa sulit sebelumnya.

Kelemahan Bimbel Biasa
Sistem klasikal kelas yang diisi oleh banyak siswa membuat pembelajaran kelas tidak efektif terutama bagi siswa yang tipe belajarnya penyendiri (intrapersonal). Pembelajar intrapersonal membutuhkan situasi yang nyaman untuk belajar. Dalam bimbel biasa, yang kelasnya ramai tentu akan sangat merugikan.

Sering juga ditemukan bahwa bimbingan belajar kadang tidak mengupdate materi atau soal- soal pada modul mereka setiap tahunnya. Kadang juga modul hanya sebagai formalitas saja dalam mengajar, tentor menyediakan materi sendiri atau siswa membawa materi yang mereka dapatkan dari sekolah untuk diselesaikan bersama tentor mereka di kelas.

Terakhir, biaya yang dikeluarkan siswa untuk ikut bimbel biasa relatif besar. Mereka mesti membayar biaya paket bimbingan belajar yang tidak sedikit tiap tahunnya.

Kelebihan Bimbel online
Bimbel online menawarkan sistem yang praktis dan fleksibel, baik pembelajarannya maupun pemanfaatan fitur- fiturnya. Siswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja senyaman mereka. Tanpa menghabiskan waktu dan tenaga, mereka sudah mendapatkan materi yang mereka butuhkan.

Biaya bimbingan belajar relatif sedikit dan terjangkau untuk semua kalangan dengan semua pemanfaatan fitur yang disediakan.

Kelemahan Bimbel online
Sistem pembelajaran hanya bersifat one-way communication yang monoton, artinya bila siswa mendapatkan kesulitan seperti tugas yang konnteksnya diluar materi atau video yang disediakan oleh bimbel, maka siswa akan merasa kesulitan untuk bertanya. Misalkan ada ruang untuk bertanya-pun, respon pasti tidak secepat langsung dengan tentor pada bimbingan biasa.

Bagi siswa yang terorganisir cara belajarnya, sistem ini sangat cocok, akan tetapi bagi siswa yang membutuhkan pendampingan lebih, sistem ini dirasa kurang cocok.

Bimbel online memiliki ketergantungan terhadap akses internet yang saat ini tidak semua tempat memiliki akses tersebut. Sehingga bimbel online hanya dapat digunakan oleh siswa yang memiliki fasilitas memadai.

Kesimpulan
Baik bimbel online maupun bimbel konvensional memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing. Siswa bisa memilih mana yang lebih tepat untuknya. Dipandang dari segi kepraktisan maupun biaya yang dikeluarkan, bimbel online lebih baik daripada bimbel biasa. Akan tetapi bimbel biasa pun lebih baik dari segi fasilitas, sistem pendampingan belajar dan informasi lanjutan dibandingkan bimbel online.

Nah, silahkan pilih, tetapi tentu saja langkah awal sebelum memilih adalah ketahuilah terlebih dahulu tipe belajar masing- masing, karena mengetahui tipe belajar sendiri dan ketepatan dalam memilih sistem belajar, apakah secara konvensional atau daring akan menentukan keberhasilan belajar itu sendiri.

Semoga sukses.

Salam.

No comments:

Post a Comment