Tuesday, December 3, 2019

Memprediksi Materi Bahasa Inggris Ujian Nasional (UN) SMK Tahun 2020 Berdasarkan Kisi-Kisi UN Terbaru

Beberapa waktu lalu BSNP sudah merilis Kisi- kisi UN 2020 melalui website resminya. Kisi-kisi dalam UN merupakan hal yang sangat penting mengingat bahwa kisi- kisi merupakan acuan pengembangan dan pembuatan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN. Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

www.ahzaa.net
sukses UN
Kisi- kisi UN 2020 yang dikeluarkan oleh BSNP pada mapel bahasa Inggris SMK memang tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Tiga tingkatan level kognitif dalam kisi- kisi yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi dan penalaran menjadi acuan dalam pembuatan soal- soal sesuai dengan tingkatan tersebut. 

Pemetaan jumlah soal ujian nasional bahasa Inggris menurut POS UN 2020 berjumlah lima puluh soal terdiri dari dua bagian utama yaitu listening section dan reading section. Untuk listening section, terdiri dari 15 soal dengan sub bagian soal pictures, tiga soal, questions and answers berjumlah empat soal, short conversations empat soal, dan short talks dengan empat soal.
Pada bagian reading section terdiri dari tiga puluh lima soal yang terbagi menjadi bagian incomplete dialoguesreading text dan incomplete text.

Merunut pada kisi- kisi UN 2020 yang telah dikeluarkan oleh BSNP, beberapa materi yang mencakup jenis- jenis teks lisan untuk materi  fungsi sosial dan struktur teks yaitu 
  • Interaksi transaksional/ interpersonal tertulis antara lain memuji, menawarkan, menyarankan, dsb. Biasanya interaksi transaksional/ interpersonal berupa soal dengan tipe dialog.
  • Teks fungsional pendek seperti announcement, notice, label.
  • Teks descriptive, recount, procedure, report
Akan tetapi materi- materi yang akan keluar di soal UN 2020 tidak hanya mencakup materi- materi tersebut diatas karena bisa juga dikemangkan dengan materi- materi lain dalam lingkup teks fungsional pendek, atau dalam interaksi transaksional/ interpersonal

Soal interaksi transaksional/ interpersonal tertulis (memuji, menawarkan, menyarankan, dsb.) biasanya berupa soal dengan tipe dialog dalam tipe soal listening atau soal incomplete dialogs (reading). Sedangkan untuk soal reading berupa teks fungsional pendek antara lain announcement, notice, dan label dan teks reading berupa teks descriptive, recount, procedure, dan report.


Berdasarkan fungsi sosial, tipe soal teks- teks reading tersebut diatas, dapat mencakup: 
  • gambaran umum
  • informasi tertentu
  • informasi tersirat
  • makna kata/frasa dalam teks 
  • tujuan komunikatif
  • pikiran utama
  • gambaran umum
  • informasi rinci tersurat
  • rujukan kata
Lebih jelas mengenai tipe soal reading dan cara menyelesaikannya, anda bisa membaca artikel saya sebelumnya. 
( baca juga : Mengenal sembilan jenis soal reading text dan cara menjawabnya dalam soal UN)
Dalam unsur kebahasaan, kita bisa memilah materi berdasarkan cakupan unsur kebahasaan yang berkaitan dengan isi teks lisan dan tertulis. Soal- soal dengan melibatkan unsur kebahasaan bisa disisipkan dalam soal bertipe reading teks. 

Nah, untuk memperdlam lagi gambaran soal reading bahasa Inggris untuk persiapan ujian nasional, berikut ini latihan soal bahasa Inggris UN SMK yang bisa dikerjakan. silahkan klik melalui link di bawah ini untuk mengerjakan latihannya.




Itulah prediksi Materi Bahasa Inggris Ujian Nasional (UN) Tahun 2020 SMK Berdasarkan Kisi-Kisi UN Terbaru. Semoga bisa menambah referensi  dalam persiapan menghadapi ujian nasional mendatang.

Semoga bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment