4/10/2020

Tutorial Quizizz : Mengenal Tipe- Tipe Pertanyaan di Quizizz

Bagi teman- teman pengguna Quizizz sebagai media untuk pembuatan kuis interaktif, jenis pertanyaan yang sering dimanfaatkan untuk pembuatan kuis adalah jenis pertanyaan pilihan ganda. Jenis pertanyaan ini umum digunakan dalam pembuatan kuis mengingat sistem penilaian yang mudah dan tidak rumit. 

Pada fitur yang baru ini, Quizizz menyediakan fitur pembuatan kuis dengan jenis pertanyaan selain pilihan ganda (multiple choice) seperti kotak centang (checkbox), isi bagian kosong (fill-in-the blank), terbuka-berakhir (open-ended), dan pemilihan (poll). 

Saat masuk pertama kali dalam pembuatan kuis, tampilan dashboard akan menunjukkan pilihan jenis pertanyaan. 
Adapun keterangan lengkapnya adalah sebagai berikut, 
1. Pilihan Ganda (multiple Choice)
Jenis pertanyaan ini lazim kita gunakan, terdapat beberapa pilihan yang tersedia dan siswa hanya dapat memilih satu pilihan jawaban yang benar.
Pilihan Ganda ( Multiple Choice)

2. Kotak centang (checkbox)
Jenis pertanyaan yang sama dengan pilihan ganda, akan tetapi memiliki dua atau lebih pilihan jawaban yang tepat. 
kotak centang (checkbox)
3. Isi-dalam-Kosong
Jenis pertanyaan dengan jawaban isian. Pada tipe pertanyaan ini teman-teman bisa menambahkan alternatif jawaban yang benar. Seperti ditunjukkan pada gambar, bahwa Film yang dimainkan oleh Dwayne Johnson, memiliki lima alternatif jawaban.
isi bagian kosong (fill-in-the blank)
4. Terbuka-berakhir (open-ended)
Jenis pertanyaan untuk jawaban yang lebih panjang daripada jawaban isian. Biasanya teman- teman bisa memberikan pertanyaan uraian atau pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang panjang.
Terbuka-berakhir (open-ended)
5. Pemilihan (poll)
Jenis pertanyaan ini tidak ada pilihan jawaban yang benar. Teman- teman dapat memilih apakah akan siswa diijinkan untuk memilih hanya satu opsi atau beberapa pilihan.
Pemilihan (poll)
Dalam pembuatan kuis, teman- teman bisa memadukan jenis pertanyaan tersebut dalam kuis yang kita buat. Misalnya pertanyaan pilihan ganda kita padukan dengan pertanyaan isian. Langkah lain bisa dilakukan seperti biasa, seperti penyettingan penyelenggaraan kuis dan sebagainya.

Demikian tutorial Quizizz tentang mengenal tipe- tipe pertanyaan di Quizizz. Semoga panduan ini bisa bermanfaat bagi teman- teman yang membutuhkan referensi tambahan untuk Quizizz.

Salam.


No comments:

Post a Comment