4/16/2020

Aplikasi Whiteboard.fi untuk Papan Tulis Virtual dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning)

Dalam masa pandemi virus corona seperti saat ini, pembelajaran harus tetap berlanjut. Kita bisa memanfaatkan beragam aplikasi untuk menyampaikan materi kita seperti penggunaan kelas virtual, sistem asesmen dan penugasan jarak jauh, sesi pembelajaran real time, dan sebagainya.  

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai sebuah aplikasi yang sangat cocok diterapkan  dalam pembelajaran saat social distancing yaitu Whiteboard.fi. Apakah itu Whiteboard.fi, dan bagaimana menggunakannya, berikut ulasannya.

Whiteboard.fi merupakan sebuah papan tulis digital online yang memungkinkan guru dan siswa berkolaborasi dalam pembelajaran di kelas virtual secara realtime. Saat mencoba Whiteboard.fi, serasa memiliki sebuah papan tulis virtual yang menghubungkan saya dengan siswa di rumah mereka masing- masing. 

Memulai Whiteboard.fi
Buka https://whiteboard.fi terlebih dahulu. Menggunakannya sangat mudah, cepat dan tidak memerlukan pendaftaran (sign up) atau instalasi. Whiteboard.fi dapat bekerja pada semua perangkat baik komputer maupun smartphone.

Langkah pertama
Saat sudah masuk ke web nya, buat kelas terlebih dahulu dengan klik New Class

Namai kelas Anda, lalu klik Create New Class

Akan muncul kode kelas yang bisa dibagikan ke siswa Anda. Siswa dapat mencatat nomor Room code kemudian masuk ke Whiteborad.fi lalu klik Join Class

Langkah kedua
Instruksikan siswa untuk membuka url kode yang dibagikan oleh Anda. Siswa bisa menggunakan smartphone untuk membuka link url tersebut.

Saat siswa sudah bergabung, secara otomatis nama mereka akan tampil di layar Dashboard Anda.
Anda bisa mulai memberikan kuis atau pertanyaan dan tunggu respon mereka.

Mereka akan melihat pertanyaan yang Anda ajukan melalui smartphone mereka sekaligus akan merespon pertanyaan tersebut

Contoh respon jawaban siswa pada smartphone mereka

Jawaban akan muncul di layar Anda. Pada halaman ini tersedia fitur untuk menyimpan hasil jawaban siswa kemudian tinggal Anda print out hasilnya. Caranya adalah klik kanan gambar lalu save image as 


Mengakhiri Sesi
Papan tulis akan secara otomatis ditutup setelah 120 menit tidak aktif atau Anda bisa menggunakan simbol roda gigi dipojok kanan atas untuk “Close Room.”

Kesimpulan
Whiteboard.fi bisa digunakan di semua kalangan usia, Guru bisa membuat pembelajaran interaktif yang menyenangkan tergantung dengan kebutuhan. Untuk saat ini penggunaannya benar- benar gratis, jadi bisa kita manfaatkan sebaik- baiknya.

Selamat Mencoba

No comments:

Post a Comment