4/17/2020

Solusi Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) untuk Guru Matematika dengan EquatIO

Dalam mapel matematika, pasti teman- teman tidak akan asing lagi dengan pembuatan rumus, grafik, bangun bidang dan lainnya untuk diterapkan di dalam pembelajaran. Untuk pembelajaran jarak jauh seperti saat ini, teman- teman pasti memerlukan sebuah aplikasi yang memungkinkan untuk membuat persamaan digital, rumus, bentuk geometris, grafik, dan lainnya langsung di komputer atau Chromebook. EquatIO adalah solusinya. EquatIO adalah sebuah kanvas terbuka bagi siswa untuk membuat dan  menambahkan rumusan matematika, bentuk bangun, teks dan sebagainya.

Bagi guru, EquatIO dapat mempermudah membuat bahan ajar matematika & sains untuk memungkinkan siswa belajar dan berkolaborasi bersama. Guru juga dapat memantau kemajuan siswa dan buat penilaian formatif dan kuis. Aplikasi ini juga memungkinkan guru untuk menjadi fasilitator dalam kelas serta memungkinkan partisipasi baik guru maupun siswa dalam kegiatan pemecahan masalah bersama. 

Untuk siswa, mereka akan lebih mudah membuat tugas- tugas yang diberikan oleh guru khususnya dalam pembuatan karakter grafis, rumus, teks dan sebagainya serta mengumpulkan tugas yang sudah mereka buat dengan format yang tersedia.

Aplikasi ini sangat efektif dipadukan dengan kelas virtual yang Anda kelola seperti Google Classroom. Untuk mengetahui lebih lanjut sistem kerjanya, berikut langkah- langkahnya,

Memulai EquatIO
Untuk Guru
Kunjungi https://equatio.texthelp.com, lalu daftar dulu yaa, melalui akun Google Anda.
Setelah berhasil login, akan tampil dashboard EquatIO, pilih New Space


Pada menu alat di bagian bawah memungkinkan Anda untuk mengetik rumus matematika, menyisipkan grafik, tulisan tangan, suara, atau jika Anda mengerjakan matematika di atas kertas, fitur mobile dan fasilitas untuk pembuatan bentuk bangun ke kanvas.

Anda juga dapat membuat ruang matematika untuk mereka kemudian merancang template untuk siswa dimana mereka akan memulai ruang matematika. Setelah selesai, klik ikon "share" pada bagian kanan atas.

Akan terdapat link untuk dibagikan. Link tersebut juga bisa dibagikan melalui Google Classroom Anda.

Untuk siswa
Langkah yang sama untuk siswa dengan mengunjungi EquatIO.texthelp.com untuk mengerjakan tugas dari guru.
Dalam ruang matematika, siswa dapat menggunakan menu EquatIO di kiri bawah untuk mengunduh sebagai gambar dalam format PNG kemudian dikirim atau bagikan link di atas untuk mengirimi Anda tautan dari tugas mereka.


Menarik Bukan? 
Selamat Mencoba

No comments:

Post a Comment