4/29/2020

Daftar Program Studi di Polines untuk Siswa Lulusan SMK Jurusan Teknik

SMA itu beda dengan SMK, baik dalam kompetensi lulusan maupun sistem pembelajarannya. Siswa  lulusan SMK memang dituntut untuk siap kerja karena mereka dibekali berbagai keterampilan selama bersekolah. Komposisi pembelajaran siswa SMK pun lebih mengedepankan praktik daripada teori. Saat lulus, diharapkan mereka memang benar- benar siap kerja sesuai kompetensinya.

Pertanyaannya apakah siswa SMK juga bisa melanjutkan kuliah? Yap, jawabannya adalah bisa banget. Siswa SMK pun memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam bangku perguruan tinggi seperti jenjang yang lainnya.

Untuk kamu siswa lulusan SMK yang masih bingung mau meneruskan pendidikannya kemana, jangan khawatir, beberapa perguruan tinggi juga membuka jurusan untuk lulusan SMK. Salah satunya POLINES (Politeknik Negeri Semarang). Pada tahun ini beberapa jalur dibuka oleh Polines, antara lain, Jalur SPA, Jalur Hafidz Al Quran, Jalur SNMPN, Jalur UM dan Jalur SBMPN. Berdasarkan jadwal, jalur masih dibuka adalah Jalur UM dan Jalur SBMPN. Dari kedua jalur tersebut, pendaftaran yang terdekat jadwalnya adalah jalur SBMPN, yaitu tanggal 12 Mei sampai dengan 7 Juni 2020. 

Sebagai tambahan informasi, Jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) merupakan jalur penerimaan dengan sistem seleksi ujian tertulis. Akan tetapi pada tahun 2020 ini SBMPN diseleksi berdasarkan portofolio pendaftar dengan menggunakan nilai rapor dari semester 1 s.d. 6 dan nilai ijazah.

Nah, bagi kamu lulusan SMK, berikut informasi daftar program studi di Polines yang bisa kamu pilih sesuai dengan jurusanmu di SMK. Semoga Bermanfaat.


  1. SMK Jurusan  Teknik Konstruksi Baja, Teknik Konstruksi Kayu, Teknik Konstruksi Batu dan Beton, dan Teknik Gambar Bangunan bisa masuk ke program studi D-3 Konstruksi Gedung, D3 - Konstruksi Sipil, S-Tr  Teknik Perawatan dan Perbaikan Gedung, dan S.Tr - Perancangan Jalan dan Jembatan.
  2. Untuk kamu yang lulus SMK jurusan Teknik Pemesinan, Teknik Pengelasan, Teknik Fabrikasi Logam, Teknik Pengecoran Logam, dan Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri, kamu bisa masuk ke program studi D3 - Teknik Mesin, D3 - Teknik Konversi Energi, S.Tr - Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, dan S.Tr - Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi. 
  3. Untuk lulusan Teknik Gambar mesin SMK, hanya bisa masuk ke program studi D3 - Teknik Mesin, D3 - Teknik Konversi Energi dan S.Tr - Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi.
  4. Lulusan SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Alat Berat, bisa memilih program studi D3 - Teknik Mesin, D3 - Teknik Konversi Energi, S.Tr - Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, dan S.Tr - Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi
  5. Lulusan SMK jurusan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif hanya bisa memilih program studi D3 - Teknik Mesin, D3 - Teknik Konversi Energi dan S.Tr - Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi.
  6. Lulusan SMK jurusan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik, Teknik Jaringan Tenaga Listrik, Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Otomasi Industri bisa masuk ke program studi D3 - Teknik Listrik, D3 - Teknik Konversi Energi dan D3 - Teknik Konversi Energi. 
  7. Sedangkan lulusan SMK jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara bisa dapat memilih program studi D3 - Teknik Listrik, D3 - Teknik Konversi Energi dan D3 - Teknik Konversi Energi, D3 - Teknik Mesin dan S.Tr - Teknik Mesin Produksi dan Perawatan.
  8. Lulusan SMK jurusan Teknik Audio-Video dan Teknik Elektronika Telekomunikasi, bisa mendaftar ke program studi D3 - Teknik Listrik, D3 - Teknik Elektronika, D3 - Teknik Telekomunikasi, D3 - Teknik Informatika, S.Tr - Teknik Telekomunikasi. 
  9. Untuk SMK jurusan Teknik Elektronika Industri ke program studi D3 - Teknik Listrik, D3 - Teknik Elektronika, D3 - Teknik Telekomunikasi, D3 - Teknik Informatika, S.Tr - Teknik Telekomunikasi, D3 - Teknik Konversi Energi, S.Tr - Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, S.Tr - Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi. 
  10. Lulusan SMK jurusan Teknik Mekatronika ke program studi D3 - Teknik Listrik,  D3 - Teknik Elektronika, D3 - Teknik Mesin, S.Tr - Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, S.Tr - Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi
  11. Lulusan SMK jurusan Teknik Ototronik bisa memilih program studi D3 - Teknik Listrik, D3 - Teknik Elektronika, S.Tr - Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi
  12. Jurusan SMK Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik Komputer dan Jaringan bisa memilih program studi D3 - Teknik Elektronika, D3 - Teknik Telekomunikasi, D3 - Teknik Informatika, S.Tr - Teknik Telekomunikasi, 
  13. Sedangkan Multimedia memilih program studi D3 - Teknik Telekomunikasi, D3 - Teknik Informatika, S.Tr - Teknik Telekomunikasi.
  14. Lulusan SMK jurusan persiapan Grafika dan Produksi Grafika bisa memilih program studi D3 - Teknik Telekomunikasi, D3 - Teknik Informatika, S.Tr - Teknik Telekomunikasi.
  15. Untuk lulusan SMK jurusan Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio dan Pertelevisian bisa masuk ke program studi D3 - Teknik Telekomunikasi, S.Tr - Teknik Telekomunikasi
  16. Lulusan SMK jurusan Teknik Kimia Industri bisa memilih program studi D3 - Teknik Konversi Energi, S.Tr - Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi

No comments:

Post a Comment