8/04/2021

Langkah Mudah Menambahkan Topik Pelajaran di Google Classroom

Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Selama masa pembelajaran daring seperti saat ini, Google Classroom telah menjadi platform pembelajaran populer bagi para guru. Google Classrrom memiliki kelebbihan dengan kemampuannya dalam mengintegrasikan webtool Google lainnya yang tergabung dalam G-Suite seperti Google Dokumen, Google Slide, Google Spreadsheet, Gmail, dan Google Kalender. Google Classroom dapat menciptakan alur kerja yang efisien bagi guru dan siswa dengan pengaturan baik tugas dan konten kelas secara online dengan mudah.


Pada kesempatan ini, masih dengan tips Google Classroom, saya akan berbagi sedikit tips untuk memaksimalkan fitur Google Classroom khususnya untuk teman- teman guru. Baik, pada post ini akan saya ulas mengenai bagaimana cara menambahkan topik di Google Classroom.

Topik merupakan salah satu fitur yang bisa dianggap baru di Google Classroom. Fitur ini memungkinkan guru untuk mengatur postingan yang mereka tambahkan ke kelas. Saat membuat pengumuman, tugas, atau pertanyaan, guru dapat menetapkan topik sebagai kategori untuk setiap postingan. Topik ini juga dapat mengatur post yang dibuat agar lebih teratur dan efisien.  Sebagai contoh, seorang guru Bahasa Inggris dapat membuat topik untuk setiap unit pelajaran, seperti “Descriptive Text” atau " Report text" sebagai setiap unit atau bab yang akan siswa pelajari. 

Saat topik baru dibuat, topik tersebut akan ditampilkan di bilah kiri Tugas Kelas. Ketika topik dipilih, semua postingan yang telah ditetapkan untuk topik tersebut akan muncul. Hal ini akan memudahkan guru dalam memilah topik atau materi yang diajarkan.

Berikut langkah pembuatannya,

Buka Google Classroom yang teman- teman kelola


Pilih Tab Tugas Kelas lalu klik tombol Buat lalu pilih Topik ( menu paling bawah)


Isikan topik yang  akan dibuat lalu klik "tambahkan"


Topik yang sudah teman- teman buat sudah ada pada bilah kiri layar. Teman teman bisa membuat posting pelajaran yang berhubungan dengan topik tersebut.



Untuk mengecek, silahkan klik topik yang dibuat pada bilah kiri layar. Maka, posting akan tampak atau muncul pada halaman tersebut.




Mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment