8/10/2021

Belajar Matematika dengan Mudah? Yuk Coba Platform Website Berikut ini

Selama masa pandemi, sekolah - sekolah diwajibkan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (distance learning) untuk mengurangi dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Tantangan bagi para guru adalah menyelenggarakan pembelajaran yang efektif dan mengena sasaran bagi siswa- siswanya. Berbagai tool kemudian dimanfaatkan untuk memaksimalkan proses transfer ilmu pengetahuan misalnya kelas online layaknya Classroom, tool video conference seperti Meet dan Zoom sampai  pengelolaan Learning Management System (LMS). Tentu saja, pembalajaran daring melalui tool- tool diatas memiliki kelemahan- kelemahan dibandingkan dengan pembelajaran luring. Khusus untuk mapel- mapel tertentu seperti mapel eksak, kelemahan tersebut akan sangat nampak, seperti pemahaman siswa yang kurang dengan materi yang diajarkan melalui media daring. Menyikapi hal ini, guru dapat memberikan sumber yang menyenangkan dan mudah untuk dipahami siswa, demikian juga siswa, latihan dengan sumber lain yang relevan juga sangat berguna.

Nah, pada post ini, saya akan mengulas satu tool sebagai sumber belajar khususnya untuk mapel Matematika baik untuk guru maupun siswa yaitu MathsBot. Sekilas mengenai MathsBot ya, MathsBot merupakan platform berbasis web yang menawarkan sumber pembelajaran untuk guru matematika seperti generator pertanyaan, pembelajaran manipulatif virtual, teka-teki, permainan, aktivitas, dan sebagainya. Semua materi ini gratis untuk digunakan dalam pembelajaran. 

Inilah dashboard tampilan awal untuk MathsBot. Kita bisa melihat pada bagian menu yaitu GCSE resources, question generators, manipulatives, printables, puzzles, starters, tools. Selain itu, MathsBot juga menyediakan pengatur waktu, kalkulator canggih, serangkaian simbol matematika untuk disalin, dan kamera untuk mengambil tangkapan layar. Teman- teman bisa menemukan fitur ini pada bagian sudut kiri atas. 


Pilih salah satu yang teman- teman butuhkan, sebagai contoh, dalam hal ini saya memilih menu Manipulatives. Menu ini menampilkan koleksi manipulatif virtual. 



Klik salah satu fiturnya yaitu Geoboard. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menciptakan pembelajaran seperti di kelas yang memanfaatkan papan berpaku untuk mendukung pemahaman konsep seperti konsep geometris, pengukuran, dan berhitung awal. Tetapi, dilakukan secara virtual yaa,,




Setelah selesai, kita manfaatkan fitur- fitur lain dari MathsBot.

Masuk saja ke menu Tools, yang akan menampilkan tool interaktif, bagan dan tabel. Ada banyak pilihan interactive tools yang dapat digunakan. 



Oya, satu lagi, MathBoth sepenuhnya berbasis web tanpa memerlukan pendaftaran. So, tinggal manfaatkan saja untuk pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. 

Menarik bukan? silahkan bereksplorasi dengan webtool ini.  

Semoga bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment