8/03/2021

Cara Mudah Membuat Penilaian Rubrik (Rubric Assesment) di Google Classroom

Halo sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Pada  awal tahun pelajaran ini, sebagian besar sekolah di Indonesia masih menerapkan sistem sekolah daring mengingat penyebaran dari virus Covid-19. Beberapa dari teman- teman guru pasti sudah terbiasa akan sistem sekolah daring, dengan beberapa tool yang harus dikuasai untuk kelancaran pembelajaran di kelas. Salah satu yang paling umum adalah penggunaan Google Classroom sebagai tool untuk membantu pembelajaran kelas. Google Classroom dipilih karena kemudahannya dalam mengelola kelas dengan fitur- fitur yang sederhana, menarik dan terintegrasi dengan beberapa webtool lainnya. 

Nah, hari ini saya akan membahas secara singkat salah satu fitur  di Google Classroom, yaitu membuat Penilaian Rubrik (Rubric Assessment). Rubrik merupakan seperangkat alat bagi guru dalam menetapkan kriteria penilaian untuk tugas untuk siswa. Dalam masa pembelajaran daring seperti saat ini, penilaian Rubrik dapat dipakai menjadi salah satu penilaian yang efektif. Nah, semoga saja tutorial berikut ini akan membantu.

Baik, kita mulai saja ya langkah- langkahnya,

Pertama,, buka dulu Google Classroom yang teman- teman kelola


Pilih Tugas kelas


Pada dashboard Tugas Kelas, pilih Buat untuk membuat tugas yang baru. Selanjutnya, pilih menu Tugas


Pada editor Tugas, lengkapi form isian tentang Tugas yang teman- teman akan buat untuk siswa seperti judul, petunjuk pengerjaan, lampiran item (opsional) melalui Google Drive, file upload, tautan link dan juga lampiran file baru. 





Pilihlah opsi yang diperlukan untuk penugasan pada bagian kanan halaman dashboard editor

Masih pada bagian yang sama, pada bagian paling bawah, lalu Buat Rubik. Sebagai pengelola Google Classroom (pengajar), teman- teman memiliki tiga opsi: membuat rubrik baru dari awal, menggunakan kembali rubrik lama, atau mengimpor dari Google Spreadsheet. Dalam hal ini kita pilih opsi pertama. Sebagai catatan, bahwa rubrik yang teman- teman akan buat ini dilampirkan ke tugas yang dipilih. Karena itu, teman- teman harus terlebih dahulu membuat tugas atau menggunakan tugas yang sudah dibuat.


Pada halaman  editor rubik, silahkan tambahkan kriteria yang akan teman- teman akan gunakan untuk mengevaluasi tugas siswa sekaligus deskripsi atau tingkat performa yang ingin disertakan. Inilah yang dapat teman- teman lakukan:
  • Bila ingin mencetak skor menggunakan nilai poin, pastikan centang tombol Gunakan skor 
  • Urutan poin dapat diurutkan: menurun atau naik.
  • Berikan judul dan deskripsi kriteria
  • Berikan nilai poin
  • Tambahkan tingkat kinerja dan deskripsi yang Anda inginkan
  • Untuk menambahkan kriteria tambahan, klik tombol Tambahkan kriteria di bagian bawah
Siswa akan menerima salinan rubrik ini bersama tugasnya. Setelah selesai semuanya, klik Simpan.


Mudah Bukan? Selamat Mencoba.

No comments:

Post a Comment