6/22/2022

Mengenal Jurusan Software Engineering, Info Kuliah dan Prospek Kerjanya

Hai sahabat Ahzaa, terima kasih sudah setia mengunjungi blog kami. Artikel ini masih berkaitan dengan jurusan teknologi informatika nih, yaitu jurusan Software Engineering. Nah, apa itu Software Engineering? dan Prospek kerjanya?  Yuk tetap simak terus yuk sampai akhir pembahasan ini. 

Tentang Software Engineering
Software Engineering merupakan suatu bidang yang mempelajari metode pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak, dan manajemen kualitas. Sedangkan yang dimaksud Jurusan Software Engineering sendiri yaitu mempelajari pengetahuan tentang prinsip dan teknik merancang perangkat lunak yang efisien, kuat, dan mudah digunakan. Kamu akan belajar merancang dan menganalisis algoritme dan memprogram menggunakan struktur data secara efisien dan mengembangkan sistem operasi dan aplikasi web/seluler.

Image by Pexels from Pixabay

Perlu kamu tahu nih untuk keahlian yang dimiliki pada jurusan Software Engineering yaitu memiliki hard skill demi mencapai dalam menguasai dan update bahasa pemrograman, menguasai computer programming dan coding, menguasai software testing, menguasai software debugging, serta menguasai database.  Sedangkan terkait kebutuhan pada dunia kerja untuk jurusan Software Engineering sangat dibutuhkan. Dengan adanya peningkatan sistem komputer dan banyak informasi menyebabkan diperlukannya ketersedianan perangkat lunak yang baik dalam mengintegrasikan keduanya. Lulusan jurusan Software Engineering juga memiliki jiwa wirausaha sehingga dapat mengembangkan usahanya di bidang TIK khususnya dengan menjadi konsultan IT, memberikan jasa pengembangan sistem informasi (software specialist).

Dalam proses perkuliahan di Jurusan Software Engineering ini akan sering menjumpai dengan ilmu komputer dan teknik komputer. Selain itu, kurikulum Jurusan Software Engineering selalu berkaitan dengan Ilmu Komputer dan Teknik Komputer. Perbedaan utama antara Software Engineering dan spesialisasi ilmu komputer lainnya adalah skala perangkat lunak yang dikembangkan. Akibatnya, Jurusan Software Engineering memiliki materi yang tidak diajarkan dalam jurusan lain, seperti arsitektur atau desain Software, pengujian Software dan kontrol kualitas, ekstensi penggunaan Software, pemeliharaan dan pembaruan Software, matematika diskrit, dan analisis sistem.

Apa yang Dipelajari
Ada juga nih sahabat Ahzaa, jika kamu menjadi salah satu mahasiswa Jurusan Software Engineering akan mempelajari tentang Manajemen Proyek Perangkat Lunak, Interaksi Manusia dan Komputer, Pengembangan Sistem Berorientasi Objek, dan Arsitektur Enterprise. Dan perlu kamu tahu juga nih , untuk jurusan terkait Software Engineering diantaranya yaitu Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Multimedia.

Bagaimana nih kawan tentu sudah ada gambaran dong mengenai Jurusan Software Engineering. Buat kamu yang suka dan gemar menggeluti terkait perangkat lunak komputer bisa banget nih daftarkan diri kamu di Jurusan Software Engineering. Kami akan memberitahumu nih kampus terbaik yang terdapat jurusan Software Engineering, salah satunya adalah Universitas Padjajaran (UNPAD).

Kamu sudah banyak tahu nih mengenai Jurusan Software Engineering, mulai dari apa itu Software Engineering, keahlian yang dimiliki, kebutuhan yang terdapat pada jurusan Software Engineering, materi yang akan dipelajari di Jurusan Software Engineering, sampai kampus terbaik yang terdapat jurusan Software Engineering. 

Prospek Kerja Jurusan Software Engineering
Nah kali ini kamu juga harus tahu nih kawan prospek kerja jika kamu sudah lulus dari jurusan Software Engineering. Prospek kerja lulusan jurusan Software Engineering diantaranya yaitu dapat berkontribusi dalam berbagai bidang, seperti manufaktur, perbankan, konsultasi dan lain-lain. Lulusan jurusan ini juga dapat bekerja sebagai profesional desain dan pemodelan, spesialis pengembangan perangkat lunak dan pemrograman, spesialis manajemen basis data, dan spesialis manajemen perangkat lunak, serta pelaku digital bisnis.

Yuk tentukan pilihan kamu mulai dari sekarang di kampus terbaik yang terdapat Jurusan Software Engineering, bagi kamu yang suka menggeluti perangkat lunak komputer cocok banget loh daftar di jurusan ini. Sekian dulu ya sahabat Ahzaa, sampai bertemu di artikel selanjutnya jangan lupa simak terus agar tidak tertinggal informasi penting dari kami. Thanks, Sampai jumpa lagi yaa Sahabat Ahzaa.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment