6/22/2022

Mengenal Jurusan Teknik Pertambangan, Info Kuliah dan Prospek Kerjanya

Halo sahabat ahzaa, apa kabar. Kami  harap kamu tetap sehat dan salam sukses untuk kita semua ya. Baik, pada kesempatan ini kami akan memberikan kamu informasi penting nih yaitu info kuliah Jurusan Teknik Pertambangan. Yuk jangan diskip dulu ya kawan, mari simak sampai akhir arikel ini. Pertama, kita ketahui dulu tentang jurusan Teknik pertambangan. Teknik pertambangan merupakan bidang ilmiah yang mempelajari ekstraksi mineral berharga dan batubara. Jurusan teknik pertambangan berfokus pada kegiatan eksplorasi, penambangan dan pengolahan. Disini kamu akan belajar banyak tentang sifat-sifat mineral yang  ditambang, kegunaannya, cara mengekstraknya, proses pengolahannya sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

 Jurusan Teknik Pertambangan



Tentang Jurusan Teknik Pertambangan
Alasan apa sih kamu memilih Jurusan Teknik Pertambangan? Baik kami akan membantumu untuk mencari alasan mengapa harus menobatkan pada jurusan ini. Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Teknik Pertambangan. Perlu kamu tahu bahwa bumi ini memiliki sumber daya alam yang kaya. Ini hanya pertanyaan tentang bagaimana manusia menggunakan sumber daya alam ini dengan sebaik-baiknya. Apalagi di Indonesia banyak sekali mineral dan logam mulia yang terdapat di perut bumi Indonesia. Namun sayangnya Indonesia belum mandiri untuk mengembangkan sumber daya alamnya sendiri dan masih sangat bergantung pada asing. Karena sebagian besar operasi pertambangan di dunia dikuasai asing, maka kemungkinan perusahaan asing masuk ke industri pertambangan juga sangat besar. Inilah alasan mengapa banyak profesional yang bekerja di industri ini bekerja di luar negeri dengan gaji yang sangat tinggi. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk mendaftarkan diri pada jurusan Teknik Pertambangan ini.

Kompetensi Lulusan Jurusan Teknik Pertambangan
Kompetensi keahlian dari lulusan Jurusan Teknik Pertambangan ini adalah sebagai ahli teknik energi, ahli tambang dan geologi, ahli pengeboran bumi (non minyak dan gas), ahli hidrologi, admin database, serta teknisi laboratorium non medis. Mana nih suaranya buat anak yang minat pada Teknik Pertambangan? Kamu perlu tahu juga nih kawan bahwa aktivitas utama pada jalur tambang umum ditunjang oleh berbagai aktivitas yaitu pemetaan, kestabilan pengaliran, perancangan dan rekayasa, pelayanan, energi, perawatan, kesehatan dan keselamatan kerja, ventilasi, pengendalian air dan reklamasi, serta pemahaman geologi, mineralogi, mineral deposit, mineral processing dan marketing.

Mata Kuliah
Mata kuliah yang akan kamu tempuh jika menjadi mahasiswa Teknik Pertambangan diantaranya adalah Kalkulus, Fisika Dasar, Pengantar Teknologi Sumberdaya Bumi, Eksplorasi Tambang, Geologi Dasar, Kristalografi dan Mineralogi, Matematika Teknik, Teknik Gas Bumi, Teknik Reservoir, Fisika Teknik, Ekonomi Mineral, Komputasi Tambang, Manajemen Pertambangan, Geomorfologi, Mekanika Batuan, Kebijakan Mineral, Metalurgi Umum, Pemetaan Geologi, Genesa Bahan Galian, Teknik Eksplorasi, Teknik Peledakan, Amdal Pertambangan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Hidrogeologi, Geoteknik Tambang, Pengolahan Bahan Galian, Sistem Penyaliran Tambang, Evaluasi Proyek Tambang, Hukum Pertambangan dan Ketenagakerjaan, Gambar Teknik, Mekanika Teknik, dan Mekanika Tanah.

Sementara untuk jurusan yang terkait dengan Teknik Pertambangan yaitu Teknik Metalurgi, Teknik Sipil, Teknik Geologi, Teknik Material, Teknik Perminyakan, dan Teknik Alat Berat. Kamu juga harus tahu nih untuk karakteristik mahasiswa yang sesuai dengan jurusan Teknik Pertambangan diantaranya adalah teliti, tekun, detil, rasional, observan, terstruktur, independen, senang berhitung, senang menganalisis, senang memecahkan masalah, dan bisa bekarjasama dengan team.

Kampus yang membuka Jurusan Teknik Pertambangan
Nah, sekarang intip yuk kampus yang dimiliki Indonesia dengan jurusan Teknik Pertambangan. Insitut Teknologi Bandung, Universitas Hasanuddin, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Padang, merupakan kampus- kampus yang membuka jurusan teknik pertambangan. Silakan pilih kampus mana yang menjadi favorit kamu untuk meneruskan studi di jurusan Teknik Pertambangan.

Prospek Kerja
Kamu juga harus tahu nih kawan untuk prospek kerja jurusan Teknik Pertambangan adalah dapat bekerja di berbagai perusahaan pertambangan, menjadi ilmuwan, bergabung dengan instansi pemerintah seperti Departemen ESDM, BUMN, dll. Lulusan teknik pertambangan tidak hanya harus turun ke lapangan dan mengunjungi area pertambangan yang berisiko tinggi lho. Kamu juga bisa loh kawan bekerja sebagai surveyor pertambangan, analis, dan juga  sebagai konsultan. 

Tentunya informasi yang dibahas secara mendetail dalam artikel ini sangat bermanfaat  buat kamu dong pastinya, bersiaplah menjadi salah satu mahasiswa di kampus yang telah kami informasikan dengan Jurusan Teknik Pertambangan. Thanks buat sahabat Ahzaa telah mengunjungi blog kami dan menyimak artikel ini sampai selesai tanpa diskip-skip pastinya. Okee kawan jika kamu masih tetap ingin mendapatkan informasi penting jangan lupa simak terus ya artikel kami selanjutnya. 

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment