6/22/2022

Mengenal Jurusan Teknik Informatika, Info Kuliah dan Prospek Kerjanya

Halo sahabat Ahzaa, salam hangat dan semoga sukses untuk kalian semua. Terima kasih telah setia menyimak artikel kami, jangan lewatkan informasi penting dari kami kawan. Pantau terus blog kami karena kami akan selalu menyajikan artikel yang menarik dan informatif. Hari ini, mari mengenal lebih dekat dengan Jurusan Teknik Informatika. 

Tentang Jurusan Informatika
Sahabat Ahzaa harus tahu nih bahwa pada jurusan Teknik Informatika kamu akan mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak komputer, sistem operasi, dan pekerjaan mesin. Dalam kursus ini, Kamu akan belajar bagaimana memulai dengan menghasilkan ide-ide kreatif, kemudian mewujudkan ide-ide itu, memecah fungsi, dan membuat struktur instruksi yang sangat rinci dalam bahasa pemrograman untuk mengajarkan komputer apa  yang harus dilakukan. Mahasiswa ilmu komputer harus menguasai sistem operasi dan aplikasi untuk memastikan bahwa  sistem operasi yang mendasarinya bekerja dengan baik.

Nah perlu kamu ketahui juga nih untuk menguasai Teknik Informatika, setidaknya kamu harus memahami logika dan matematika. Mahasiswa jurusan Teknik Informatika akan menghabiskan banyak waktu pemrograman, dan pemrograman itu sendiri mewujudkan algoritma (matematika dan logika). Namun, jika kamu tertarik dengan dunia teknologi dan kamu tertarik dengan pengembangan perangkat lunak, kursus ini pasti bisa menjadi pilihanmu nih sahabat ahzaa. Sedangkan untuk karir dan keahlian yang akan kamu dapatkan pada jurusan Teknik Informatika ini yaitu programer peralatan yang dikontrol oleh komputer numerik, admin database, growth hacker, analis sistem komputer, penulis teknis, peneliti komputer dan informasi, arsitek jaringan komputer, arsitek sistem komputer dan masih banyak lainnya. 

Image by Pexels from Pixabay


Sahabat ahzaa harus tahu nih di era revolusi industri 4.0  sekarang ini,  instansi pemerintah, BUMN dan swasta sangat membutuhkan lulusan Teknik Informatika. Pesatnya perkembangan teknologi memperluas prospek pekerjaan lulusan Teknik Informatika dengan pekerjaan yang menarik, jenjang karir yang beragam dan bergengsi. 

Materi Kuliah Teknik Informatika
Jika kamu berminat pada jurusan Teknik Informatika, kamu akan mendapatkan materi mata kuliah Algoritma & Struktur Data, Sistem Operasi, Logika Informatika, Strategi Algoritma, Probabilitas dan Statistika, Pemrograman Berorientasi Objek, Rekayasa Perangkat Lunak, Artificial Intelligence, Pemrograman Internet, Kalkulus, Dasar Dasar Pemrograman, Sistem Komputer, Teori Komputasi, Metode Pengembangan Software, Sistem Jaringan, Data Mining, Database dan Sistem Informasi, Kriptografi, Etika & Hukum Cyber, Intelegensia Buatan, dan Basis Data.

Setelah kamu mengetahui materi dan mata kuliah yang diajarkan di jurusan Teknik Informatika, kamu juga harus tahu jurusan terkait Teknik Informatika diantaranya yaitu Teknik Elektro, Teknologi Game, Teknik Telekomunikasi, Bioinformatika, Rekayasa Perangkat Lunak, Mobile Application dan Technology, Statistika Terapan dan Komputasi, Cyber Security, Teknik Computer, Industrial Robotics Desaign.

Buat kamu yang berminat pada jurusan Teknik In formatika ini kamu harus memiliki karakteristik yang dimiliki mahasiswa jurusan Teknik Informatika diantaranya yaitu teliti, tekun, detil, kritis, rasional, terstruktur, senang berhitung, senang menganalisis, senang bekerja sendiri, senang melakukan riset, dan senang memecahkan masalah. Sungguh karaketristik yang sangat positif ya kawan, tentu akan membawa kamu nih pada semangat yang membara untuk memperjuangan agar bisa menjadi salah satu mahasiswa jurusan Teknologi Informatika.

Kampus yang Membuka Jurusan Informatika
Hal paling penting nih untuk menjadi bahan pertimbangan masa depan kamu, kami akan memberikan informasi terkait kampus terbaik dengan jurusan Teknologi Informatika yang ada di Indonesia diantaranya yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Insitut Teknologi Bandung, Universitas Negeri Jakarta, dan masih ada yang lainnya. Mari tentukan mulai dari sekarang kawan, kampus favorit kamu yang akan membawa kamu menggapai cita-cita kamu. 

Prospek Kerja
Pesatnya perkembangan teknologi informasi membuka peluang karir yang lebih luas bagi lulusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. Tuntutan terhadap keterampilan IT sangat penting, terutama bagi mereka yang menyukai dunia teknologi, komputer dan pemrograman. Menurut Biro Tenaga Kerja dan Statistik (BLS), bidang ilmu komputer merupakan salah satu profesi yang akan memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat dari tahun 2014 hingga 2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 12%, lebih tinggi dari rata-rata tingkat ahli secara umum. Lulusan Teknik Informstika memiliki prospek pekerjaan yang luas dan beragam, seperti insinyur dan pengembang perangkat lunak (software developer), menjadi analis, serta bisa juga menjadi konsultan, spesialis jaringan, sistem dan keamanan jaringan serta bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan pengembangan, pemeliharaan, dan perluasan sistem komputer dalam suatu organisasi.

Yuk, mantabkan hatimu untuk memilih kampus favoritmu demi meraih segala keinginan dan cita-citamu. Mari memilih yang terbaik dari yang terbaik, dan terus semangat untuk bersaing dengan anak muda lainnya demi masuk pada jurusan Teknik Informatika di kampus favorit yang dimiliki Indonesia ini. Baiklah cukup sampai disini ya sahabat Ahzaa, jangan lupa simak artikel kami selanjutnya karena masih banyak informasi menarik lainnya di luar sana. 

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment