6/22/2022

Mau Masuk Jurusan Fisioterapi, Yuk Ketahui Informasi Kuliahnya dan Prospek Kerjanya

Halo sahabat Ahzaa. Setiap kali kamu membaca artikel ini, kami berterima kasih karena kamu setia pada situs kami. Ada baiknya loh kamu membagikan artikel ini kepada teman, sahabat atau saudara kamu agar mereka juga mendapatkan informasi ini. Tulisan ini akan mengajak kamu untuk lebih mengenal tentang Jurusan Fisioterapi dan prospek kerjanya.

Image by Laura Artal from Pixabay 

Tentang Jurusan Fisioterapi
Pertama, Mari kita ulas bersama apa itu jurusan fisioterapi. Jurusan fisioterapi merupakan program studi yang mempelajari fungsi tubuh manusia, mulai dari gerakan hingga bentuk otot, persendian, dan tulang. Sebagai cabang dari program studi kedokteran, program studi ini juga menganalisis gerakan tubuh manusia dan organ-organ yang berperan di dalamnya. 

Teman- teman Suka dengan dunia anatomi manusia? Wah tentu sangat cocok nih jika kamu memilih Jurusan Fisioterapi untuk melanjutkan jenjang kamu. Selain mempelajari anatomi tubuh, terapi fisik lebih difokuskan pada pemulihan fungsi gerakan sendi atau otot seseorang saat mengalami gangguan. Jika kamu tertarik dengan jurusan fisiologi dan ingin mempelajari lebih lanjut serta mendalami anatomi tubuh manusia, program studi ini sangat cocok loh untuk buat kamu.

Kompetensi jurusan fisiologi
Jurusan Fisioterapi termasuk kebutuhan penting  di Indonesia, sehingga ini menjadi peluang  untuk memulai karir di bidang ini, terbuka peluang untuk memiliki kompetensi khusus di bidang fisioterapi, dan pilihan jenjang studinya mulai dari D3 sampai pada jenjang S1 sehingga kamu lebih bisa memaksimalkan ilmu dan pengalamanmu pada bidang fisioterapi ini. Perlu kamu ketahui juga nih, kamu akan memiliki kesempatan untuk memperoleh kemampuan analisis, kemampuan komunikasi, pemahaman anatomi, dan juga pemahaman fisiologi. 

Jurusan ini memang tidak sepopuler cabang ilmu kesehatan lainnya layaknya jurusan kedokteran dan jurusan keperawatan. Namun Jurusan Fisioterapi memiliki prospek kerja yang cukup bagus. Setelah lulus, Kamu bisa bekerja di rumah sakit sebagai  fisioterapis, bekerja di instansi pemerintah , dan juga bisa menjadi akademisi tim medis klub olahraga loh sahabat Ahzaa.

Mata Kuliah
Eittss jangan diskip dulu kawan, ini hal paling penting nih untuk kamu ketahui yaitu meliputi mata kuliah yang akan dipelajari pada Jurusan Fisioterapi. Mata kuliah tersebut diantaranya yaitu Anatomi, Pertolongan Pertama Kegawat & Kedaruratan, Statistik dan Epidemiologi Kedokteran, Kinesiologi dan Biomekanik, Terapi Latihan, Fisioterapi Neuromuskular, Fisioterapi Kardiovaskuler dan Respirasi, Biostatistik, Farmakologi Fisioterapi, Fisioterapi Geriatric, Fisioterapi Pediatric, Biologi Molekuler, Manajemen Fisioterapi Olahraga, Fisika Fisioterapi, Biokimia, Pengantar Fisioterapi, Prinsip sains dan biomedik dasar dalam Fisioterapi, Dasar Neurologi Fisioterapi, Dasar Musculoskeletal Fisioterapi, Sosiologi kesehatan, Manajemen FT Cardiovascular Pulmonal, Manajemen FT Pediatri & Tumbang, Manajemen FT Geriatri, Manajemen FT Keswan & Integumen, Komunikasi Terapeutik & Interpreneurship, Epidemiologi, Manajemen Pelayanan FT, Manajemen FT Olahraga & Kebugaran, Dasar Pemeriksaan Lab dan Radiologi. 

Selain mata kuliah kamu juga akan mengetahui nih tentang jurusan terkait di Fisioterapi diantaranya yaitu Ilmu Keperawatan, Kebidanan, Manajemen Pelayanan Rumah Sakit, Ilmu Keolahragaan, Paramedik Veteriner, Teknik Radiologi, dan Okupasi Terapi. Dan bagaimana yah karakter yang dimiliki pada mahasiswa jurusan Fisoterapi? Nih kami akan memberitahumu karakter mahasiswa yang sesuai dengan Jurusan Fisioterapi ini diatanranya yaitu teliti, tekun, observan, terstruktur, senang berhitung, senang menganalisis, keterampilan komunikasi, keterampilan interpersonal, dan bisa bekarjasama dengan team. Wahh karakter yang sangat positif sekali nih, kamu secara otomatis akan terbentuk juga loh dengan karakter itu jika tekun dalam mempelajari ilmu fisioterapis pada Jurusan Fisioterapi.

Kampus yang Membuka Jurusan Fisioterapi
Nih terkhusus untukmu yang tertarik dengan Jurusan Fisioterapi jangan gelisah memilih kampus mana untuk melanjutkan studimu, karena kami akan memberikan solusi terkait kampus terbaik dengan Jurusan Fisioterapi. Kampus terbaik dengan Jurusan Fisioterapi diantaranya yaitu Universitas Indoensia, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Udayana, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta, Politeknik Piksi Ganesha, Politeknik Kesehatan Makassar.

Prospek Kerja Jurusan Fisioterapi
Setelah kamu mengetahui mulai dari apa itu fisioterapi, alasan memilih Jurusan Fisioterapi, keahlian apa saja yang dimiliki jika memilih Jurusan Fisioterapi, sampai pada kampus terbaik dengan Jurusan Fisioterapi. Sekarang hal paling penting juga nih yang harus kamu ketahui yaitu terkait prospek kerja Jurusan Fisioterapi diantaranya lulusan prodi Fisioterapi sangat terbuka terutama di rumah sakit dan klinik yang menangani dan memberikan pelayanan Fisioterapi, serta juga di berbagai pusat kebugaran. Seorang Fisioterapis juga dapat menjadi konsultan Fisioterapi pribadi untuk para atlit maupun orang lain yang membutuhkannya. 

Tentu informasi yang sudah dibahas tuntas pada artikel ini sangat informatif dong buat kamu, yuk persiapkan diri kamu untuk menjadi salah satu mahasiswa Jurusan Fisioterapi. Terima kasih sudah mengunjungi blog kami dan menyimak sampai selesai artikel ini, jika kamu tidak ingin tertinggal informasi penting lain jangan lupa simak artikel kami selanjutnya ya kawan. 

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment