6/22/2022

Mau Berkarir Di Dunia Medis Selain Dokter dan Perawat? Yuk Pilih Jurusan Farmasi

Halo sahabat ahzaa, bagaimana nih kabarnya semoga dalam keadaan sehat dan salam sehat untuk kalian semua.  Terima kasih atas kunjungannya di blog kami. Lanjutkan membaca sampai akhir pembahasan ini karena kami akan memberikan informasi menarik dan penting untuk kamu. Tulisan ini akan membahas  Jurusan Farmasi. Mungkin jurusan ini yang cocok untuk kamu yang ingin berkarir di dunia medis selain kedokteran dan keperawatan. 

Farmasi merupakan perpaduan antara ilmu kesehatan dengan ilmu kimia dan tentunya sangat diperlukan dalam dunia medis. Dalam proses belajar farmasi, kamu akan menemui banyak kesulitan dengan senyawa kimia untuk diubah menjadi jamu. Bukan tidak mungkin  suatu saat kamu bisa  menjadi salah satu penemu obat  berbagai penyakit. Selain itu, kamu juga akan belajar bagaimana menggunakan obat-obatan dalam ilmu kesehatan untuk pengobatan.

Image by Elf-Moondance from Pixabay

Kompetensi Lulusan
Sahabat ahzaa harus tau nih kompetensi yang dimiliki jika kamu menjadi salah satu mahasiswa Jurusan Farmasi diantaranya yaitu kemampuan meneliti, menganalisis, pelayanan kefarmasian, penjaminan mutu, kemampuan komunikasi, serta pemahaman kimia dan juga pemahaman biologi. Kamu akan mendapatkan keuntungan sangat banyak loh jika mendaftar di Jurusan Farmasi diantaranya yaitu
layanan kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, serta Laboratorium klinik sangat membutuhkan tenaga farmasi. 

Lulusan dari Jurusan Farmasi juga dibutuhkan instansi pemerintahan seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk menjamin suatu makanan dan minuman tidak memiliki kandungan berbahaya sehingga layak untuk dikonsumsi. Selain dalam bidang makanan dan minuman, tenaga farmasi juga sangat dibutuhkan di dunia kosmetik, untuk menjamin bahwa keamanan kosmetik untuk dipakai konsumen. Sementara profesi apoteker juga bisa kamu geluti saat lulus dari Jurusan Farmasi atau dalam bidang wirausaha, kamu juga bisa membuka usaha Apotek sendiri.

Belajar di Jurusan Farmasi akan mengajarkan cara mengidentifikasi obat yang tepat untuk suatu penyakit dan cara kerjanya. Setelah lulus dan mendapatkan gelar sarjana di bidang farmasi, kamu harus terampil dalam menemukan potensi suatu bahan dan mencampurnya sehingga dapat bermanfaat dalam penyembuhan tanpa menimbulkan efek samping. Di Fakultas Farmasi, kamu dapat memilih dari beberapa bidang studi, seperti Biologi Farmasi, Farmakologi, Kimia Obat dan Farmakologi Klinis dan Farmasi. 

Adapun mata kuliah yang akan kamu hadapi selama 4 tahun atau 8 semester diantaranya adalah studi farmasi meliputi kimia organik, kimia sintetik, kimia analitik, farmakologi dan toksikologi, farmakologi, fitokimia, teknologi dan formulasi semi padat dan cair, analisis biomedis, teknologi formulasi aseptik, teknologi formulasi padat dan formulasi, bioteknologi farmasi, interaksi obat, dll. Jangan heran, jika kamu belajar kurang lebihnya juga belajar ilmu kedokteran. Belajar farmasi sangat menyenangkan loh sahabat Ahzaa, kamu tidak hanya belajar teori di kelas, tetapi juga akan dihadapkan dengan berbagai kerja praktek.

Universitas dengan Jurusan Farmasi
Nih perlu kamu ketahui juga sahabat Ahzaa, universitas terbaik dengan Jurusan Farmasi diantaranya yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Medan, Insitut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, dan masih banyak lainnya. 

Prospek Kerja
Untuk prospek kerja dari lulusan Farmasi memiliki prospek kerja yang sangat bagus. Ada  peluang karir yang tak terhitung jumlahnya dari lulusan farmasi. Selain industri medis, industri kosmetik, makanan dan minuman juga membutuhkan gelar sarjana farmasi untuk memperkuat tim riset dan pengembangan. Prospek pekerjaan yang tidak kalah menarik adalah di bidang manajemen kefarmasian. Jadi jangan salah paham karena nilai lulusan farmasi bukan hanya tentang obat-obatan dan bahan kimia saja. Dalam manajemen apotek, kamu ditantang untuk menjalin hubungan  baik dengan rekan kerja dan pihak luar, serta dengan pasien. Jika kamu telah menjalani pelatihan profesional dan bersumpah untuk menjadi apoteker, kamu dapat mulai bekerja di apotek tradisional atau modern.

Yuk buat kamu yang berminat di dunia farmasi bisa banget nih daftarkan diri kamu di salah kampus yang membuka jurusan ini. Silakan berjuang untuk mendapatkan kampus terbaik versimu, dan semangat bersaing secara sehat ya sahabat Ahzaa. Terima kasih sudah menyimak artikel ini sampai selesai, jangan lupa tetap simak artikel kami selanjutnya. See You Sahabat. 

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment