7/24/2023

TPACK Muncul pada Soal Pedagogik PPG Dalam Jabatan (Daljab) 2023, Apa Itu?

Bagi yang mengikuti seleksi akademik PPG Daljab 2023 untuk soal pedagogik, ada beberapa poin soal yang membahas tentang TPACK dalam pembelajaran. Sebenarnya, apakah TPACK itu dan bagaimana korelasinya dalam pembelajaran? Berikut uraian singkatnya. 

TPACK adalah
TPACK atau technological pedagogical content knowledge merupakan suatu kerangka kerja (framework) untuk memahami dan menggambarkan berbagai pengetahuan yang dibutuhkan oleh guru kemudian menyampaikannya melalui pemahaman konsep yang terintegrasi dengan teknologi. 

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Pionir dari konsep TPACK  adalah Mishra dan Koehler yang mengenalkannya pada tahun 2006 sebagai kerangka kerja bagi guru atau pendesain untuk memasukkan teknologi dalam pembelajaran. Sesuai dengan namanya, TPACK memiliki tiga komponen penyusun yang saling berkaitan satu sama lain yaitu teknologi, pedagogik dan konten pengetahuan. Ketiganya dapat diterapkan untuk menumbuhkembangkan pembelajaran aktif yang terfokus pada peserta didik.

Unsur TPACK
Ada tujuh unsur Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) menurut Koehler dan Mishra yaitu 

Content Knowledge (CK)
Content knowledge berkaitan dengan materi yang akan dipelajari. Dalam hal ini, seorang guru harus menguasai materi pasalnya berpengaruh terhadap pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Adapun materi- materi tersebut memuat konsep, teori, gagasan, kerangka kerja, metode yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari- hari. 

Pedagogical Knowledge (PK)
Pedagogical Knowledge berkaitan dengan pengetahuan yang lebih mendalam sesuai dengan teori dan praktik mengajar. bagi guru, pengetahuan pedagogi memungkinkannya untuk dapat menerapkan teori belajar mengajar dalam proses pembelajaran di kelas. Guru dapat menyesuaikan kelasnya dengan berbagai sistem pembelajaran seperti discovery learning, scientific learning, problem based learning, inquiry learning dan sebagainya. 

Technology Knowledge (TK) 
Technology Knowledge merupakan unsur yang berkaitan langsung dengan teknologi pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan berbagai fasilitas teknologi yang menunjang pembelajaran seperti aplikasi, software, akses internet, kelas virtual, LMS maupun platform teknologi pembelajaran lainnya. Pengetahuan dasar teknologi penting dimiliki oleh guru dalam menunjang pembelajaran yang mengarah kepada keterampilan siswa abad -21. 

Pedagogy Content Knowledge (PCK)
Unsur Pedagogy Content Knowledge (PCK) memungkinkan guru untuk memilih berbagai sarana dalam pembelajaran seeprti rencana pembelajaran, metode mengajar, maupun fasilitas pendukung. 

Technology Content Knowledge (TCK)
Technology Content Knowledge (TCK) berkaitan dengan pemahaman teknologi untuk dapat diterapkan dalam pembelajaran. 

Technology Pedagogy Knowledge (TPK)
Tidak semua teknologi dapat memberikan pembelajaran efektif dan memudahkan siswa dalam memahami konsep-konsep pembelajaran. Dalam hal ini memahami kerugian dan keuntungan teknologi menjadi salah satu bagian yang penting dalam proses pembelajaran. 

Technology Pedagogy Content Knowledge (TPACK)
Technology Pedagogy Content Knowledge (TPACK) merupakan rangkaian yang menghubungkan komponen- komponen seperti content, pedagogy dan knowledge. 

Kelebihan dan Kekurangan TPACK
TPACK memiliki berbagai kelebihan diantaranya dapat meningkatkan pemahaman siswa melalui teknologi dan meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Guru akan terbantu khususnya dalam pencapaian pengembangan kompetensi. Selain itu TPACK dapat berguna bagi siswa yaitu pengenalan konsep teknologi yang baru dalam proses belajar sehingga lebih menarik. 

Namun, TPACK juga memiliki kelemahan yaitu terkait prasarana yang belum dapat tersedia untuk semua kalangan pendidikan baik siswa maupun guru. Guru pun belum bisa sepenuhnya dapat menguasai teknologi yang dibutuhkan dalam pembelajaran. 

Itulah sekilas tentang TPACK dalam pembelajaran. Semoga tulisan di atas bermanfaat buat teman- teman guru yang sedang mencari materi TPACK. Salam. 

No comments:

Post a Comment