7/24/2023

Program KIP Kuliah 2023 PTS Dibuka Hingga Oktober, Yuk Cermati Syarat- Syarat dan Ketentuannya

Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) 2023 masih dapat dimanfaatkan untuk membantu teman- teman yang memiliki keterbatasan biaya kuliah. Apalagi saat ini KIP 2023 dapat digunakan pada mahasiswa yang berkuliah pada perguruan tinggi swasta. 

KIP Kuliah 2023 memungkinkan mahasiswa dari perguruan tinggi untuk berkuliah secara gratis dan mendapatkan uang saku. 

Gambar oleh Nattanan Kanchanaprat dari Pixabay

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 sendiri untuk jalur Perguruan Tinggi Swasta (PTS) masih dibuka hingga 31 Oktober 2023. Bagi teman- teman yang berencana mendaftar di perguruan tinggi swasta (PTS) dengan memanfaatkan KIP Kuliah, ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi, diantaranya siswa SMA, SMK atau sederajat yang lulus pada tahun 2021, 2022, dan 2023. 

Selain itu penerima KIP Kuliah 2023 haruslah memiliki kendala dalam ekonomi yang dibuktikan dengan kepemilikan KIP maupun terdata dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) atau termasuk kelompok penerima program bantuan sosial seperti 
  • Program Keluarga Harapan (PKH)
  • Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK)
  • Bantuan Pangan Non- Tunai (BPNT)

Penerima KIP Kuliah juga merupakan kelompok masyarakat miskin atau rentan miskin maksimal desil tiga Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) atau berasal dari panti asuhan maupun panti sosial

Namun apabila calon penerima tidak termasuk dalam kriteria yang disebutkan di atas, maka mahasiswa dapat mendaftar KIP Kuliah 2023 selama mahasiswa tersebut termasuk dalam golongan kelompok miskin atau rentan miskin. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan memberikan bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/ wali paling banyak Rp. 4 juta rupiah per bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/ wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp. 750 ribu rupiah. 

Selain itu mahasiswa harus memiliki bukti dalam bentuk Surat Keterangan Penghasilan yang memberikan keterangan besarnya pendapatan kotor gabungan orang tua/ wali serta menyatakan kondisi keluarga apakah termasuk golongan miskin atau tidak mampu, yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimal tingkat desa/ kelurahan. 

Bagi mahasiswa yang akan mendaftar, dapat melakukan langkah- langkah sebagai berikut :
  • Masuk ke laman KIP Kuliah Merdeka Kemendikbud via https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan mengikuti langkah- langkahnya.
  • Pihak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) akan melakukan tahap verifikasi kelayakan, wawancara hingga penentuan lolos tidaknya mahasiswa pendaftar program KIP Kuliah. 

Itulah informasi pendaftaran KIP Kuliah 2023 di PTS yang dibuka hingga bulan Oktober 2023. Bagi mahasiswa yang memenuhi syarat, yuk segera lakukan pendaftaran melalui laman KIP Kuliah Kemdikbud. Semoga KIP Kuliah dapat membantu teman- teman mahasiswa yang  terkendala masalah biaya dalam mewujudkan cita- citanya. Bagikan tulisan ini bila bermanfaat. 

Salam.

No comments:

Post a Comment