7/24/2023

Proses Fotosintesis, Bahan, dan Perannya bagi Tumbuhan, Materi IPAS Kelas 4 SD/ MI Semester 1 Kurikulum Merdeka

Semua makhluk hidup memerlukan makanan, tidak hanya manusia dan hewan, namun tumbuhan juga memerlukan makanan. Pada tumbuhan, proses pemerolehan makanan dikenal dengan proses fotosintesis. Proses fotosintesis merupakan proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan cahaya matahari. Pada proses fotosintesis, maka cahaya matahari akan diubah oleh tumbuhan menjadi energi kimia. 

Fotosintesis terjadi pada tumbuhan yang memiliki kandungan klorofil atau zat hijau daun. Tumbuhan jenis ini biasanya berwarna hijau, akan tetapi ada juga tumbuhan yang mengandung klorofil yang tidak berwarna hijau seperti tumbuhan berwarna merah, cokelat maupun oranye. Meskipun tidak berwarna hijau, namun proses fotosintesis tetap berlangsung dengan baik. 

Gambar oleh Larisa Koshkina dari Pixabay 

Tahapan Fotosintesis
Ada tiga tahapan dalam proses fotosintesis yaitu tahapan persiapan, tahapan memasak makanan dan tahap akhir yaitu hasil fotosintesis. 

Proses fotosintesis membutuhkan beberapa bahan diantaranya matahari sebagai sumber energi cahaya. Selain itu juga membutuhkan air, karbondioksida, dan klorofil (zat hijau daun). Daun memiliki stomata yang sering disebut dengan mulut daun. Pada stomata inilah, karbondioksida diserap dari udara.

Proses fotosintesis berlangsung pada bagian daun yang disebut kloroplas. Kloroplas merupakan tempat dari klorofil. Klorofil inilah yang berfungsi menangkap cahaya amtahari untuk memulai proses fotosintesis. 

Image by brgfx on Freepik


Hasil Fotosintesis
Fotosintesis akan menghasilkan oksigen dan karbohidrat. Oksigen inilah yang digunakan manusia dan hewan untuk bernapas. Sementara itu, karbohidrat berguna untuk pertumbuhan tanaman. Karbohidrat yang berlebih pada tumbuhan akan disimpan sebagai cadangan bahan makanan. Hal ini terlihat pada tumbuhan wortel, kentang maupun singkong.

Peran Fotosintesis
Fotosintesis berperan penting bagi kehidupan. Hasil dari fotosintesis yang berrupa oksigen berperan penting bagi kehidupan manusia maupun hewan. Oksigen merupakan gas yang sangat dibutuhkan untuk proses bernapas makhluk hidup.

Proses fotosintesis juga dapat berperan dalam membersihkan udara karena pada proses tersebut membutuhkan karbondioksida. Meskipun bagi manusia karbondioksida merupakan gas yang merugikan, namun gas tersebut dibutuhkan oleh tumbuhan untuk membuat makanan melalui roses fotosintesis. Zat karbondioksida banyak dihasilkan oleh asap kendaraan, asap pabrik, maupun manusia saat mengeluarkan napas. 

Hasil fotosintesis berupa makanan juga dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan pada pertumbuhan, gerak maupun perkembangbiakan. Selain itu zat hasil fotosintesis berupa karbohidrat disimpan sebagai cadangan makanan yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh manusia dan hewan sebagai bahan pokok makanan mereka. 

Itulah tentang proses fotosintesis, bahan dan perannya bagi tumuhan, manusia dan hewan. Semoga bermanfaat yaa...

Salam. 

No comments:

Post a Comment