Friday, October 9, 2015

Cara Menginstal Aplikasi Dapodik SMA- SMK Lengkap

Data pokok pendidikan merupakan sistem pendataan nasional yang terpadu yang digunakan sebagai sumber data pendidikan nasional. Dengan begitu pentingnya peran Dapodik sebagai sumber data pendidikan nasional, setiap sekolah di Indonesia harus melengkapi semua data yang dibutuhkan melalui sebuah aplikasi Dapodik. Untuk tingkat atau jenjang menengah, sampai pada saat tulisan ini dibuat, aplikasi terbaru yang dirilis adalah Aplikasi dapodik SMA- SMK versi 8.20. 
Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi saja kepada teman- teman operator sekolah yang mungkin mengalami kesulitan dalam pemasangan Aplikasi Dapodik SMA- SMK versi 8.20 melalui tulisan atau sebuah tutorial sederhana ini. Berikut langkah- langkahnya.

Langkah- langkah menginstalasi Aplikasi dapodik SMA-SMK versi 8.20
  1. Download aplikasi terlebih dahulu di website www.dapo.kemdikbud.go.id
  2. Jalankan installer aplikasinya lalu klik lanjut
  3. Pada pop up persetujuan, silahkan klik saya setuju, lalu klik lanjut
  4. Pilih lokasi tujuan lalu klik lanjut
  5. Pilih folder tujuan lalu klik lanjut
  6. silahkan klik pasang dan tunggu sampai pemasangan selesai
  7. Bila muncul tampilan Windows Security Alert, silahkan klik allow access
  8. Klik selesai
  9. Silahkan Download Prefill Dapodik sekolah anda. Caranya adalah masuk ke  http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik/generate_prefill.php, lalu isikan Kode Registrasi sekolah anda dan klik Generate. anda akan mendapatkan file dengan ekstensi .prf
  10. Tempatkan Prefill dapodik yang sudah anda download tadi di folder prefil dapodik yaitu di Local Disk C > Prefill dapodik
  11. Jalankan aplikasi Dapodik anda. Untuk pertama kalinya, silahkan Registrasi terlebih dahulu 
  12. Isikan data lengkap anda dan klik simpan
  13. Silahkan tunggu sampai selesai dan klik OK.

Demikian tulisan saya mengenai cara menginstal aplikasi Dapodik SMA- SMK lengkap. Bila ada kesulitan mengenai cara menginstal aplikasi Dapodik SMA- SMK, bisa menghubungi saya melalui email atau mengisikan kotak komentar di bawah ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.