10/13/2015

Cara Mengubah atau Mengedit Nama Siswa Dan Tempat Tanggal Lahir Pada Verval PD

Seringkali ketika memasukkan adat, kita mengalami kesalahan baik pada kesalahan penulisan  nama siswa ataupuk kesalahan pada tempat atau tanggal lahir. Tentunya kesalahan ini bisa dibiarkan akan membuat data yang kita masukkan tidak valid atau berimbas pada kesalahan data Ujian Nasional atau SKHUN. Untuk menghindari hal tersebut, maka sejak awal kita harus merevisi segala kesalahan yang terjadi. Pada tulisan berikut ini, saya ingin membagikan cara bagaimana mengedit atau merubah data nama siswa pada verval PD.

Sebelum mengedit data Nama Siswa pada Verval PD, pastikan data siswa sudah masuk pada tab menu referensi pada verval PD.
Siapkan dokumen perubahan misalnya Fotocopy ijazah atau akte kelahiran yang di scan kemudian dibuat dengan bentuk format gambar (jpg/ png)

Langkah- langkah merubah atau mengedit data nama siswa dan tempat tanggal lahir pada verval PD


  1. Silahkan masuk pada vervalpd.data.kemdikbud.go.id, lalu login dengan menggunakan username dan password yang sama dengan aplikasi Dapodik
  2. Silahkan masuk ke tab Referensi dan pilih salah satu siswa yang ingin di edit atau dirubah data namanya. Bila belum ada, anda bisa memasukkan atau verval data dari residu ke referensi dengan match data siswa  atau bagi siswa yang belum punya NISN dengan mengajukan NISN baru di Verval PD 
  3. Masuk ke ke menu Edit Data > Pengajuan > Nama dan Tanggal lahir
  4. Silahkan klik Pilih Siswa
  5. Silahkan anda pilih siswa yang ingin di edit atau dirubah datanya lalu klik OK
  6. Pada isian Perubahan nama dan Tanggal Lahir, silahkan isikan  data - data siswa yang bersangkutan dengan lengkap. Pada dokumen perubahan, silahkan lampirkan dokumen yang sudah anda persiapkan tadi. 
  7. Silahkan tunggu sampai satu atau dua hari sampai dengan pengajuan anda diterima dan data nama siswa berubah dengan data yang terbaru.
  8. Semoga berhasil.

Demikian tulisan saya mengenai cara merubah atau mengedit nama siswa dan tempat tanggal lahir pada verval PD, semoga bisa membantu rekan - rekan sesama operator Dapodik sekolah yang menemukan kesulitan. Bila ada pertanyaan seputar tulisan saya diatas, bisa mengisikan kotak komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment