Media Info Belajar

Saturday, April 2, 2016

Mari Laksanakan Ujian Nasional Tahun 2016 dengan Jujur dan Perhatikan Hal Berikut Ini Ya

Ujian Nasional (UN) merupakan ujian yang dilaksanakan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada standar kompetensi kelulusan (SKL). Sistem kelulusan pada UN tahun 2016 ini mungkin berbeda dari tahun- tahun sebelumnya yaitu Hasil UN tidak digunakan untuk penentu kelulusan siswa. Namun, UN tetap penting karena digunakan untuk mengukur kompetensi siswa dan salah satu dasar pertimbangan seleksi ke jenjang yang lebih tinggi khususnya perguruan tinggi. Adapun materi yang akan diujikan berasal dari irisan dua kurikulum yaitu kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Pelaksanaan UN untuk tingkat SMA atau yang sederajat tahun 2016 ini akan dilaksanakan mulai tanggal 4 April 2016 mendatang.
http://berita.suaramerdeka.com/
Ilustrasi Ujian Nasional
Hal yang terpenting bahkan bisa dibilang paling penting adalah kejujuran dalam Ujian Nasional. Bahkan Pak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan kepada seluruh siswa bahwa pada Ujian Nasional kali ini kejujuran adalah hal yang utama, bukan lagi soal kelulusan.
"Hal yang diutamakan dari UN adalah kejujuran, Prestasi penting, tetapi kejujuran yang utama, Ujian itu tidak boleh menghalalkan segala cara. Tidak ada lagi 'subsidi jawaban'," kata Mendikbud 
Bila kamu adalah salah satu peserta UN tahun 2016 ini, tentunya kamu akan merasa "nervous" atau tegang karena dengan jerih payah selama tiga tahun belajar yang akan dituntaskan dalam sebuah Ujian nasional.
Nah, berikut adalah hal - hal yang bisa diperhatikan saat menghadapi pelaksanaan UN hari Senin, 4 April mendatang.
Hal pertama yang bisa diperhatikan sebelum UN adalah menjaga agar mental dan fisik. UN membutuhkan persiapan mental dan juga fisik, maka menjaga kesehatan dan mengurangi hal- hal yang bersifat fisik terlalu banyak dapat membuat kamu lebih "siap" dalam melaksanakan UN. Jangan lupa beristirahatlah cukup dan minum multivitamin. Berdoalah agar pelaksanaan UN bisa berjalan dengan lancar dan sukses.
Setelah mempersiapkan fisik dan mental dan berdoa, persiapkan hal- hal teknis seperti peralatan ujian misalnya pensil, alas, penghapus, penggaris dan rautan dan usahakan memakai peralatan yang sesuai dengan standar Ujian Nasional (UN). Hal-hal teknis inilah yang akan menunjang kesuksesan pelaksanaan UN kamu. 
Ketika pelaksanaan UN, perhatikan hal- hal teknis seperti tata tertib yang meliputi jam masuk, barang yang bisa dibawa, dan jam keluar. Datanglah tiga puluh menit sebelum UN dimulai untuk menghindari hal- hal yang tak terduga.
Bawalah barang- barang yang diperbolehkan dalam UN seperti yang sudah dipersiapkan tadi. Berkenaan dengan waktu keluar, usahakanlah untuk keluar sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan meskipun kamu sudah selesai mengerjakan soal. Selain itu jangan lupa untuk mengecek naskah soal dan bila ada hal- hal yang kamu kurang jelas jangan sungkan untuk bertanya pada pengawas Ujian Nasional.
Dan dari beberapa hal yang saya utarakan diatas, UN digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa, jadi bukanlah penentu kelulusan. Jadi, akhir kata. Semoga lancar dan sukses dalam Ujian Nasional 2016 ini.
Salam.
Sumber gambar : http://berita.suaramerdeka.com/