Tuesday, June 21, 2016

Berikut Ini yang Harus Kamu Persiapkan Ketika Awal Masuk Kuliah

Proses pendaftaran masuk ke perguruan tinggi memang sudah selesai beberapa waktu yang lalu. Bagi yang sudah diterima di perguruan tinggi idamannya, saya ucapkan selamat ya, semoga kelancaran selalui menyertai sampai kelulusan nanti. 
sumber gambar : http://www.hercampus.com
Nah, Menjelang tahun ajaran baru perkuliahan seperti sekarang ini tentu mahasiswa baru harus sudah mulai mempersiapkan diri  menghadapi situasi perkuliahan yang tentunya sangat berbeda dengan situasi yang dirasakan ketika masih bersekolah di SMA. 
Dan mengenai apa saja kebutuhan yang harus dipersiapkan menjelang tahun ajaran baru perkuliahan, berikut akan kami bahas melalui artikel kuliah dibawah ini.

Mencari tempat kos
Kos atau tempat tinggal sementara merupakan hal yang utama ketika kamu kuliah khususnya bagi kamu yang tinggal diluar kota. Kos adalah tempat tinggal keduamu selama kamu kuliah maka carilah tempat kos yang strategis, dekat dengan kampus, nyaman, kondusif, aman, dan lingkungan yang bisa mendukung proses belajarmu selama kuliah dan yang tidak kalah penting lagi tempat kos yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Waktu jeda seperti  inilah sangat tepat untuk mencari tempat kos yang sesuai dengan kriteria tersebut karena semakin mendekati masuk awal perkuliahan dikhawatirkan kesulitan dalam mencari tempat kos yang memadai. 

Carilah Informasi
Sistem kuliah sangat berbeda dengan sistem pendidikan di SMA artinya dalam perkuliahan, kamu akan menghadapi sesuatu yang benar- benar baru yang tidak kamu dapatkan selama di SMA. Oleh karena itu carilah informasi sebanyak- banyaknya tentang seluk-beluk sistem perkuliahan, bidang studi yang akan dipelajari, rencana studi, dan sebagainya. Selama perkuliahan, kamu akan familiar dengan berbagai istilah baru seperti Sistem Kredit Semester (SKS), Kartu Rencana Studi (KRS), UKT, Asistensi, dan lain- lain.

Perlengkapan kuliah
Meskipun perkuliahan belum dimulai, alangkah baiknya kamu mempersiapkan terlebih dahulu perlengkapan kuliah seperti  alat tulis. Sebagai tambahan perlengkapan kuliah, laptop atau komputer jinjing merupakan sarana yang agak wajib dimiliki bila kamu mempunyai uang yang cukup mengingat selama proses perkuliahan beragam tugas harus dibuat, diketik melalui alat tersebut. Namun bila kamu belum mempunyai cukup uang untuk membeli laptop, kamu bisa saja membuat tugas- tugasmu melalui rental- rental komputer atau warnet yang sekarang ini banyak dijumpai disekitar kampus. 

Persiapan Mental
Seperti yang saya utarakan tadi, sistem perkuliahan sangatlah berbeda dengan sistem sekolah di SMA. Situasi kuliah di awal- awal perkuliahan merupakan saat dimana kamu menghadapi lingkungan, teman, situasi, dan budaya yang baru. Kamu harus bisa keluar dari zona nyaman untuk memasuki dunia yang benar- benar baru. Oleh karena itu adaptasi adalah hal yang utama dalam menjalani awal-awal perkuliahan. Berbaurlah dengan lingkungan sekitar, karena akan membuat proses adaptasimu berjalan dengan baik. Ingat bahwa di awal perkuliahan banyak mahasiswa baru yang mengalami situasi yang sama seperti apa yang kamu rasakan artinya senasib sepenanggungan.

Demikian tadi beberapa tips tentang apa yang harus kamu persiapkan saat awal masuk kuliah. Semoga tulisan ini bermanfaat khususnya bagi kamu yang sedang mempersiapkan kuliah. Jangan lupa kirimkan komentar tanggapan mengenai tulisan ini di kolom komentar dibawah. Sukses dalam menempuh studi.