Media Info Belajar

Thursday, November 24, 2016

Rekomendasi 5 Website Podcasts Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anda

Hai sahabat Ahzaa, posting ini masih berkaitan dengan posting beberapa waktu lalu mengenai podcast dalam belajar bahasa Inggris ( Baca juga : yuk manfaatkan podcast dalam belajar bahasa Inggris). Pada artikel tersebut sedikit banyak sudah saya bahas mengenai podcast dan pemanfataannya khususnya dalam belajar bahasa Inggris. 
Ternyata podcasts saat ini mempunyai kegunaan yang sangat banyak, khususnya bagi pembelajar bahasa Inggris seperti kita. Mendengarkan podcast  bahasa Inggris menurut saya adalah cara yang paling baik dan cepat dalam mengasah kemampuan dalam berbahasa Inggris. Mengapa? Yap, salah satunya adalah kita bisa mendengarkan podcast dimanapun dan kapanpun. Selain itu beberapa pembuat dan penyedia podcasts juga menyertakan transkrip dari audio yang kita dengar sehingga kita bisa mendengarkan sambil menyimak transkrip di waktu yang sama. Bila kita menemukan kata- kata yang sulit atau membingungkan, kita dapat dengan mudah mencarinya di transkrip yang kita bawa dan mengeceknya di kamus atau translator.    
Nah, berkaitan dengan podcasts dan kegunaannya dalam belajar bahasa Inggris, rasanya kurang lengkap bila saya tidak memposting mengenai beberapa  podcasts bahasa Inggris yang perlu anda coba untuk dengarkan. Oke langsung saja disimak ya.

The English We Speak merupakan salah satu program dari BBC radio. Melalui Podcast BBC ini, kita bisa belajar bahasa Inggris mengenai  frase, dan slang dalam  ungkapan sehari- hari. Durasi dalam podcast di program ini rata- rata selama 3 - 4 menit. Kelebihan dalam podcast yang disediakan oleh program ini adalah tempo pengucapan oleh dua orang penyaji atau presenter lebih lambat dari biasanya sehingga suku kata yang diucapkan juga lebih jelas. 

Selain The English We Speak diatas, Podcast dalam English Class 101 menurut saya sangatlah menarik untuk anda coba. Menariknya, dalam English Class 101, pendengar bisa memilih tingkatan berdasarkan kemampuan anda misalnya, pemula, menengah dan lanjutan. Podcast disajikan oleh dua host yang mempunyai peran berbeda. Setiap podcast memberikan beberapa informasi yang relevan. Kosa kata dan frase difokuskan pada setiap Podcast, dan sebagai tambahan definisi dari beberapa kata yang masih asing di telinga pendengar. Kemudian pada bagian kesimpulan dari setiap podcast, biasanya akan dibahas tentang tata bahasa atau grammar.

Tidak mau ketinggalan dari yang lainnya, British Council juga menyediakan pembelajaran bahasa Inggris melalui Podcasts. Podcast- podcast yang disediakan juga diperuntukkan untuk yang pemula sampai dengan menengah. Durasi untuk setiap podcast juga lumayan panjang yaitu sekitar 25 menit. Setiap host juga bertindak dalam bagian yang berbeda. Topik yang dibicarakan mulai dari kehidupan sehari- hari, motivasi, tentang hidup dan banyak lagi. Tempo dari podcast juga lumayan lambat sehingga bagi kita sebagai pemula masih bisa mengikuti alur atau informasi yang disampaikan.  

Better at English menyediakan podcast bahasa Inggris yang menampilkan percakapan nyata penutur asli. Topik dalam podcast nya berkisar dari yang serius ke konyol dengan tempo kecepatan normal. Podcast bahasa Inggris dalam better at English juga  disertai dengan transkrip dan catatan kosakata sehingga mempermudah kita saat menemukan istilah atau kosakata yang sulit.

Voice of America adalah berita bahasa dan informasi layanan bahasa Inggris yang menyediakan serangkaian program multi-genre dalam bahasa Inggris. Ada berbagai menu atau topik yang disediakan misalnya dokumenter, sejarah Amerika, dan idiom bahasa Inggris. Tempo dalam podcast-nya dibuat agak lambat sehingga mempermudah kita untuk menyimaknya. 
Podcast dalam Voice of America sangat cocok sebagai bahan  tambahan materi  dalam belajar. Seperti halnya program radio konvensional, setiap podcast dibagi menjadi beberapa segmen dan menggunakan musik dan efek suara untuk memperkaya konten dalam audio tersebut.

Demikian 5 Website penyedia Podcast bahasa Inggris untuk mempermudah belajar anda. Bila anda mempunyai informasi penyedia podcast yang lainnya, anda bisa menambah referensinya melalui kolom komentar di bawah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semuanya.
Salam.