Wednesday, February 28, 2018

Kiat- Kiat Sebelum Mendaftar SBMPTN 2018

Ada tiga cara untuk diterima di perguruan tinggi negeri, yaitu melalui seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Seleksi SNMPTN dilaksanakan dengan berbagai pertimbangan salah satunya nilai dari semester satu sampai dengan semester lima. Bagi adik- adik yang tidak diterima masuk PTN melalui jalur SNMPTN, masih ada kesempatan untuk diterima di PTN yaitu melalui jalur SBMPTN. 

Ujian SBMPTN
Gambar Ilustrasi
Jalur SBMPTN dipandang lebih susah daripada dua jalur lainnya karena sistem dan bentuk soal serta banyaknya persaingan antar pendaftar jurusan.

Pendaftaran SBMPTN 2018 akan dimulai pada 5 April 2018 sampai dengan 27 April 2018 dan tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2018 mendatang.

Persiapan yang matang memang harus dilakukan untuk sukses dalam SBMPTN mumpung waktunya masih menyisakan beberapa bulan lagi.

Nah, apa saja yang mesti dipersiapkan menjelang pendaftaran SBMPTN tahun 2018, berikut kiat- kiatnya.

1. Cari Informasi SBMPTN
Hal pertama sebelum mendaftar SBMPTN adalah dengan mencari informasi pendaftarannya secara lengkap. Website yang relevan untuk pendaftaran SBMPTN adalah melalui http://sbmptn.ac.id. melalui website tersebut, adik- adik bisa mencermati semua informasi baik syarat dan ketentuan, prosedur pendaftaran, jenis ujian, biaya, jadwal seleksi dan sebagainya.

2. Cermati Jurusan yang akan diambil
Ada banyak mahasiswa yang ternyata mengalami kesan "salah jurusan" saat mereka sudah diterima di perguruan tinggi negeri impiannya. Kebanyakan dari siswa memilih jurusan yang "asal", sehingga saat mereka diterima, ternyata jurusan yang mereka pilih ternyata tidak sesuai dengan minatnya.  Untuk menghindari hal tersebut terjadi, tidak ada salahnya untuk cermati kembali pilihan jurusan apa yang akan diambil sesuai dengan bakat dan  keinginannya.

3. Belajar lebih awal materi SBMPTN
Meski bulan - bulan ini disibukkan dengan pelbagai kegiatan seperti Try Out dan simulai UNBK, sempatkanlah sesekali waktu untuk menilik materi- materi SBMPTN. Tidak ada salahnya bagi adik- adik untuk belajar materi materi yang diujikan. Pelajarilah materi- materi yang dianggap terlalu sulit dan kuasailah beberapa trik cepat dalam mengerjakan soal khususnya soal- soal eksak. Adik- adik bisa meminta bantuan baik melalui bimbingan belajar, teman ataupun orang yang dianggap mampu menyelesaikan soal.

4. Berdoa
Berdoa adalah hal terakhir yang sangat penting, karena dengan berdoa, kita meminta pada Tuhan agar diberikan petunjuk pada SBMPTN 2018.  

Demikian beberapa kiat sebelum tes SBMPTN 2018 yang bisa adik- adik lakukan, semoga tulisan bermanfaat bagi semua yang sedang mempersiapkan SBMPTN tahun 2018. Jangan lupa tuliskan komentar dibawah mengenai tulisan diatas.

Semoga sukses.