Thursday, November 22, 2018

Memprediksi Bentuk Soal Tes Bahasa Inggris (TBI) USM PKN STAN Tahun 2019

Ada yang berbeda pada pelaksanaan ujian seleksi masuk PKN STAN tahun 2018 lalu yaitu sistem ujian sudah menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), artinya, pelaksanaan tes menggunakan komputer yang terintegrasi. CAT ini akan meminimalisir bentuk kecurangan dalam tes dan juga lebih transparan pada pelaksanaannya. Saat peserta melakukan login pertama kali, secara otomatis soal akan langsung teracak dan tidak ada kemungkinan soal yang sama antar peserta tes pada ruang dan waktu atau sesi yang sama.
PKN STAN

Para peserta ujian dapat langsung melihat skor mereka segera setelah tes selesai dilaksanakan. Mereka akan tahu gambaran gamblangnya apakah nilainya berada di bawah ambang batas atau diatas ambang batas. Tentu saja dengan sistem CAT ini, kita tidak akan bisa memprediksi bentuk soal yang akan keluar seperti tahun-tahun sebelumnya yang masih memakai bentuk ujian kertas dan pensil dikarenakan tidak ada soal ujian dibawa pulang dan kemudian beredar setelah tes dilaksanakan. 

Sebagai gambaran saja pada soal TBI USM PKN STAN tahun 2018, Soal bahasa Inggris terdiri dari 30 (tiga puluh) soal dengan materi grammar (structure and written expression) dan materi reading text. Meskipun soal hanya berjumlah tiga puluh, tetapi jumlah nilai ini akan menentukan ambang lolos tidaknya adik- adik. Pada tes bahasa Inggris tahun 2019, diprediksi soal akan berkutat materi yang sama yaitu structure and written expression serta reading text.

#1.  Structure and Written Expression
Bentuk soal structure and written expression membutuhkan penguasaan grammar yang baik. Soal structure and written expression ditujukan untuk menguji kemampuan adik- adik dalam mengenali formal written English.

Seperti yang kita ketahui, bahwa beberapa hal  dapat diterima dalam bahasa Inggris lisan (spoken English), namun tidak dapat diterima dalam bahasa Inggris tertulis (formal written English). Soal tipe seperti ini mengharuskan kita untuk memilih cara yang tepat dalam setiap kalimat yang dinyatakan dalam setiap pertanyaan.

Adapun topik yang harus dikuasai adalah tentang Gerund, Parallel Construction, Direct and Indirect Speech, Concord atau agreement, Degree of Comparison, Tenses, Participle, Clause, Causative, Subjunctive, Conditional Sentence, Elliptical sentence, Question Tag, dan materi grammar lainnya.

Berikut contoh soal structure and written expression USM PKN STAN,
I would rather ... a movie alone than work with you.
A. being watched
B. watch
C. watched
D. watching
Menyelesaikan bentuk soal structure and written expression membutuhkan kejelian dan ketepatan serta pemahaman grammar yang baik. Maka, alangkah baiknya bila sedari dini materi ini dipelajari terlebih dahulu. Ingat, bahwa frekuensi latihan akan memberikan dampak yang nyata terhadap hasil. Berdasarkan pengalaman dalam mendampingi siswa yang akan masuk USM PKN STAN, berikut beberapa buku yang bisa adik- adik gunakan sebagai referensi. Buku- buku tersebut saya pandang tepat karena ulasan materi yang singkat dan jelas. 

1. Cliffs TOEFL, Preparation Guide by Michael  A Pyle, M.A  and Mary Ellen Munoz Page, M.A.
Meskipun buku ini merupakan buku untuk persiapan TOEFL, namun materi- materi, rumus, dan latihan soal  relevan dengan materi- materi yang sering muncul dalam soal. Pembahasan per bab atau materi lumayan jelas, singkat dan padat. 

2.  Longman Complete Course for the TOEFL Test by Deborah Philips
Hampir sama dengan buku sebelumnya, buku ini juga buku persiapan untuk TOEFL. Buku ini sangat lengkap membahas tips tips mengerjakan soal, bentuk- bentuk latihan soal dan penyelesaian khususnya soal grammar baik tipe structure and written expression maupun tipe error analysis.
Buku TOEFL Longman

3. Understanding and Using English Grammar by Betty Schrampfer Azar
Buku ini sangat lengkap membahas grammar, disertai dengan rumus yang praktis serta latihan- latihan yang lengkap tentang materi Grammar. Untuk saat ini juga tersedia versi terbitan bahasa Indonesia sehingga memudahkan untuk belajar.

#2. Reading Comprehension
Soal teks untuk reading comprehension dalam soal- soal USM PKN STAN biasanya diambil dari berbagai sumber baik website maupun sumber lain misalnya jurnal ilmiah. Strategi menyelesaikannya sama dengan soal- soal reading lainnya yang mencakup :

1. Topik
Beberapa ciri soal yang menyatakan topik adalah sebagai berikut :

  • What is the topic of the text?
  • The topic of the test is ....
  • The text is about....
  • The text tells us about ....
  • What is the main information of the text?
  • What does the text mainly discuss?
Cara penyelesaiannya adalah sebagai berikut,
  • Cari kata atau frase yang paling sering muncul di bacaan, kemudian pilihlah jawaban yang sesuai.
  • Baca kalimat pertama dan kedua setiap paragraf, kemudian simpulkan intisarinya dan pilihlah jawaban yang sesuai. 

2. Title
Beberapa tipe soal yang menanyakan "title " atau judul bacaan adalah "What is the best title of the text above?"
Cara menyelesaikan soal- soal yang menanyakan title atau judul adalah dengan mencari pilihan jawaban (A-D) yang paling sesuai dengan jawaban.

3. Main Idea/ main  information (pikiran utama/ kalimat utama dalam paragraf)
Main idea adalah pengembangan topik bacaan, strategi menyelesaikannya adalah dengan memilih jawaban (A-D) yang sesuai dengan topik bacaan. Bila main idea bersifat tersirat, maka mencarinya dengan :

  • Untuk paragraf deduktif (umum - khusus) yaitu dengan membaca kalimat pertama, kedua dalam paragraf dan kemudian pilihlah jawaban yang sesuai.
  • Untuk paragraf induktif (khusus- umum) dengan membaca kalimat terakhir paragraf yang biasanya berupa kesimpulan, kemudian pilihlah jawaban yang sesuai.

4. Aim/ purpose the writer (tujuan utama penulis)
Untuk mengetahui tujuan utama penulis biasanya diketahui dengan membaca intisari gagasan paragraf pertama ( biasanya dinyatakan dalam kalimat 1,2) ataupun bisa dari kesimpulan bacaan (paragraf terakhir)

5. Reference (pronoun + refers to)
Kata ganti (pronoun) selalu menjelaskan kata benda yang telah disebut sebelumnya, sehingga cara mencarinya dengan membaca kata/ frase/ kalimat sebelum "pronoun" yang ditanyakan.

6. Comprehensive question ( 5W + 1 H)
Pertanyaan dengan "Comprehensive Question" biasanya mencari informasi yang sesuai dengan kata kunci dalam setiap pertanyaan. Ada beberapa penanda dalam comprehensive questions seperti pemakaian what (apa) untuk menanyakan benda, who (siapa) untuk menanyakan orang, where (dimana) untuk menanyakan tempat, when (kapan) untuk menanyakan waktu, why (mengapa) untuk menanyakan alasan, dan how (bagaimana) untuk menanayakan cara / keadaan.

7 True/ false statement
Pahamilah pilihan jawaban (A-E) satu persatu, cari pernyataan di dalam teks yang sesuai untuk mengetahui apakah pilihan jawaban tersebut benar atau salah.

8. Vocabulary.

Untuk mencari jawaban pertanyaan vocabulary (kosakata), yang pertama adalah kuasailah kosakata kemudian cocokkan kosakata tersebut yang sesuai dengan konteks kalimat pada bacaan. Biasanya pertanyaan vocabulary memiliki ciri- ciri : meaning, synonym,antonym, and word definition.

Berikut contoh soal reading comprehension dengan tipe soal reference dan mencari ide utama pada USM PKN STAN tahun 2016,

How do you stop disease-carrying mosquitoes from multiplying? That’s the question plaguing the Brazilian government, which has been sending army soldiers door to door on a mission to fight Zika—the virus suspected of causing microcephaly in infants born to infected mothers. “They are giving leaflets saying you have to keep your backyard clean from rubbish,” says photographer Tom├ís Munita, who has been documenting Recife, a northeastern state capital with a population of 3.7 million. Any stray items left outside, even a bottle cap, can collect rainwater and become a breeding ground for the Aedes aegypti mosquitoes that are thought to be the main carriers of Zika.
But in Brazil’s favelas, or poor neighborhoods, Munita says it’s hard to imagine that the government’s information campaign will have much effect.
“It’s almost impossible to control something like that in that kind of place,” he says. Many houses in the favelas are makeshift shacks of cardboard and discarded sheet metal. With limited access to clean water and garbage collection, trash piles up and collects water, creating a perfect breeding ground for mosquitoes.
The mosquito scourge goes far beyond these tight-packed neighborhoods. Aedes aegypti has been incredibly hard to kill since it arrived in Latin America with the slave trade from Africa. Huge eradication programs in the 1950s stamped out the mosquito in some countries, only to have them surge back in the 1970s and ‘80s.
A soldier distributes leaflets in a favela. The city of Recife has a population of 3.7 million people and is home to one of Brazil's largest concentrations of favelas. Even the country’s health minister, Marcelo Castro, has been quoted as saying that Brazil is “badly losing the battle” against mosquitoes, which aren’t just a threat because they could carry Zika. In Recife, Munita says that some people who aren’t pregnant fear catching chikungunya and dengue from mosquitoes more than Zika, since those diseases cause more severe illness.

1. The word "they" in line 4 refers to ....
A. government
B. Photographers
C. Soldiers
D. Mother
          2. What is the main idea of the first paragraph?
A. The massive spreading of Zika in Brazil
B. The question on how to stop Zika is remain unanswered
C. Brazilian government campaign to fight Zika
D. Steps to stop the spreading of Zika in Brazil
Nah, itulah ulasan singkat tentang mengenal bentuk soal tes bahasa Inggris (TBI) USM PKN STAN tahun 2019. Semoga memberikan manfaat bagi adik- adik yang sedang mempersiapkannya.

Semoga Bermanfaat.
Salam.