Wednesday, December 5, 2018

Inilah Aplikasi Menarik untuk Belajar Bahasa Asing Secara Mandiri

Keberadaan internet di tengah- tengah kehidupan kita benar- benar bisa kita rasakan manfaatnya. Kita bisa meng-eksplore ilmu pengetahuan semudah hanya membalikkan telapak tangan. Belajar bahasa misalnya, yang dulunya sulitnya bukan main, hanya menggunakan metode yang monoton dan membosankan, kini bisa menjadi sesuatu yang menarik minat pembelajarnya. Plus tidak hanya satu bahasa saja, namun berbagai bahasa-pun bisa kita pelajari secara bersamaan dalam satu genggaman. 
gambar ilustrasi

Pada tulisan ini saya akan mengulas mengenai salah satu aplikasi yang memudahkan kita belajar bahasa asing, yaitu Busuu. Sejatinya Busuu merupakan salah satu jejaring sosial bahasa yang memungkinkan kita untuk bisa belajar dua belas bahasa asing melalui website dan perangkat aplikasi smartphone. Belajar bahasa asing melalui Busuu sangat mudah, sediakan atau luangkan waktu sekitar kurang lebih sepuluh menit tiap harinya untuk belajar bahasa dari berbagai tingkatan yang disediakan. 

Langkah pertama untuk memulainya, silahkan buka website resminya di https://www.busuu.com. Pada tampilan awal website, silahkan pilih bahasa apa yang ingin dipelajari. Ada dua belas bahasa yang disediakan dari bahasa Inggris sampai dengan bahasa Arab. Dalam hal ini, saya memilih bahasa Inggris sebagai bahasa yang ingin saya kuasai. 
Daftar dan lengkapi nama, email dan buat sandi anda.
Ada dua pilihan kursus yang disediakan oleh Busuu yaitu berbayar dan gratis. Fitur berbayar tentu lebih lengkap dalam fitur dan paketnya. Akan tetapi sebagai permulaan untuk menggunakan fitur yang berbayar, tidak ada salahnya mencoba yang gratis dulu. 
Sebelum memulai, anda akan dihadapkan pada dua pilihan yaitu penempatan tes untuk mengukur kemampuan dan mulai belajar dari materi dasar. Disini saya memilih tes penempatan sebagai langkah awal saya. 
Tes penempatan membutuhkan waktu sekitar sepuluh menit. Berisikan materi seperti jumbled words sampai dengan materi listening.
Setelah selesai, Busuu akan memberikan predikat penempatan tes,  
Grade pada penempatan tes akan menentukan tingkat awal belajar anda, misalnya saja anda mulai pada tingkatan menengah atas B2. Ikuti setiap pembelajaran berrdasarkan topik seperti yang ditunjukkan dengan anak panah. 
Nah, setiap saat dan waktu anda bisa membuka website atau membuka aplikasi untuk belajar, selesaikan setiap tahapan dan kuasai bahasa asing yang anda inginkan. Punya aplikasi atau platform lainnya, jangan lupa share di kolom komentar ya?

Semoga bermanfaat.