Friday, May 17, 2019

7 Permainan Bahasa Inggris untuk Membuat Pembelajaran Lebih Menyenangkan

Belajar bahasa yang baru bisa dianggap sebagai hal yang sulit apalagi bahasa tersebut bukanlah bahasa ibu. Dengan bergulirnya waktu menghadapi era insdustri 4.0 saat ini, belajar bahasa asing khususnya bahasa Inggris merupakan suatu keharusan. Akan tetapi belajar bahasa Inggris memerlukan proses yang tidak singkat, meski melalui bebagai proses yang sebut saja melelahkan. Karenanya salah satu tantangan dalam belajar bahasa Inggris adalah menemukan variasi tertentu yang menarik untuk belajar bahasa Inggris secara menyenangkan. Penggunaan cara- cara tradisional saja seperti metode searah guru tidak cukup malahan akan membuat siswa menjadi bosan dan akhirnya malas untuk belajar. Kesimpulannya, belajar bahasa Inggris haruslah menyenangkan , interaktif, dan menarik. Untuk itu pembelajaran bahasa Inggris mesti dikemas dan ditambahkan dengan permainan atau game.

Dalam beberapa kesempatan, menyelipkan game dalam pembelajaran bahasa Inggris sangat efektif memotivasi siswa dalam mengembangkan pengetahuan, menambah kosakata, dan menumbuhkan ketertarikan siswa akan pelajaran bahasa Inggris. Sebagian dari kita mungkin sudah menerapkan atau mengintegrasikan game pembelajaran dengan teknologi yang berkembang melalui gawai atau gadget. Akan tetapi, game konvensional tidak kalah menarik untuk diterapkan dalam pembelajaran. Game konvensional bahasa Inggris lebih mudah digunakan dalam segala kondisi dan situasi, dalam berbagai kesempatan dan keterbatasan sumber daya.

Nah, berikut ini saya rangkum tujuh game bahasa Inggris untuk diterapkan di dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas anda dengan tujuan membuat siswa lebih tertarik dan intens dalam belajar bahasa Inggris.

#1. Permainan Alfabet
Permainan alfabet ini bisa dimainkan oleh siswa tingkat sekolah dasar maupun SMP. Bertujuan menguji seberapa besar kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata mereka. Permainan ini bisa dilakukan secara lisan atau tulisan. Adapun langkah- langkahnya adalah 

Secara lisan.
Pada pertemuan pertama, anda bisa menguji salah satu siswa secara lisan dengan menyebutkan kata kata tertentu, misalnya saja kata "BOOK".  Kemudian minta siswa lainnya untuk  membuat kata berdasarkan akhiran kata "BOOK" tersebut yaitu huruf "K" sebagai awalan dari kata tersebut, misalnya saja kata " KITE" lalu siswa lainnya melakukan hal yang sama, sebagai contoh kata "ERASER" dan seterusnya sampai siswa- siswa anda tidak bisa menebutkan kata berdasarkan akhiran huruf tersebut. 

Secara tulisan.
Instruksikan siswa untuk menyiapkan satu lembar kertas. Alokasikan waktu, misalnya lima menit untuk menulis berapa banyak kata dalam kertas tersebut. Saat waktu lima menit sudah selesai, anda bisa mengatakan "Stop, put your pens on your desks, dan siswa yang terbanyak menyebutkan kata adalah sebagai pemenang. Sebagai contoh :
SISWA A.
ERASER
RABBIT
TEA
APPLE
EGG
GUAVA

SISWA B
MOUNT
TEA
AVOCADO
OPEN
NEST
TENT

dan seterusnya.

#2. Menyusun kata
Permianan ini mengasah kemampuan siswa dalam menyusun kata menjadi sebuah kalimat dalam bahasa Inggris seara benar dan tepat. Caranya cukup mudah,
  • Bentuklah beberapa kelompok siswa.
  • Siapkan beberapa kertas karton berwarna yang berbeda tergantung dari berapa banyak kelompok yang dibentuk.
  • Gunting karton warna tersebut dalam bentuk persegi panjang. Gunakan satu warna untuk membuat satu kalimat yang terdiri dari sembilan kata, misalnya saja kalimat "Silkworms live for only three days after laying eggs".
  • Tuliskan kata tersebut pada karton warna tersebut dan gunting setiap "kata"-nya. 
  • Semua kelompok harus menukar dengan kelompok lainnya dan setiap keompok diberikan waktu selama dua atau tiga menit untuk menyusun kata tersebut menjadi kalimat yang benar. Saat waktu selesai, anda bisa memberikan tanda untuk menukar kalimat tersebut ke kelompok yang lain.


#3. Permainan Kata 'BOOM'
Permainan ini snagat menarik dan cocok diterapkan saat jam pelajaran terakhir saat siswa sudah mulai bosan dan tidak semangat. Caranya adalah 
  • Instruksikan siswa untuk berdiri, 
  • Suruh mereka untuk berhitung seperti berikut,

One - Two - Three - Four - BOOM
Six - Seven - Eight - Nine - Ten - BOOM
Eleven - Twelve - Thirteen - Fourteen - BOOM
Sixteen - Seventeen - Eighteen - Nineteen - BOOM
  • Kita ubah  angka kelipatan lima dan seterusnya dengan kata BOOM. Beberapa dari siswa pasti melakukan kesalahan dengan menyebutkan kata Five, Ten, atau Fifteen. Nah, siswa tersebut bisa kita kenakan "hukuman" yang ringan misalnya menyanyi atau hukuman ringan lainnya. 


#4. Permainan kata "SINGAPORE"
Permainan ini bisa dilakukan menjelang akhir jam pelajaran untuk memberikan penyegaran terhadap siswa.   
  • Bentuk kelompok siswa yang terdiri atas empat, lima atau enam siswa.
  • Silahkan tuliskan kata SINGAPORE pada papan tulis anda, 
  • Berikan waktu misalnya selama lima menit untuk membentuk kata berdasarkan kata SINGAPORE yang anda tulis tadi diatas. Kata- kata yang terbentuk mungkin akan menjadi kata - kata berikut ini, "SING", "GO", "IN", "APE", "SONG", "POOR", dan sebagainya.
  • Siswa atau kelompok yang menampilkan bentukan kata yang terbanyak dinyatakan sebagai pemenang.


#5. Tebakan benda
Permainan ini memberikan rangsangan siswa untuk mengetahui keadaan sekitar mereka, misalnya menebak benda di dalam kelas atau benda- benda di lingkungan mereka saat guru mengajak mereka belajar diluar kelas.
  • Buatlah pertanyaan seperti " In this classroom, I can see  with my little eyes something  that begins with 'C'...
  • Siswa pasti akan menebak benda yang berawalan dengan huruf tersebut seperti, chair, ceiling, atau cable.
  • Jika beberapa kata yang mereka sebutkan tadi bukanlah jawaban yang anda maksud misalnya saja jawaban anda adalah 'clock', maka anda dinyatakan menang.
  • Mainkan lagi beberapa awalan huruf lainnya seperti "H", "A" dan lainnya.


#6. Jumbled Words
Permainan ini melatih ketelitian siswa dalam merangkai kata dari huruf acak berdasarkan kategori tertentu. 
  • Tentukan kategori dari kata yang ingin anda bentuk, misalnya kategori hewan (animal).
  • Carilah kata dalam bahasa Inggris yang  dirasa sulit untuk dieja dan tuliskan kata tersebut dalam papan tulis.

H - C - K - O - A - C - C - R - O
COCKROACH

S - U - M - T - A - P - P - O - H - O - P - I
HIPPOPOTAMUS

#7. Memorizing
Permainan ini mengasah siswa untuk mengingat akan kata atau kalimat yang diucapkan oleh guru pertama kalinya kemudian diteruskan oleh siswa lain sebelumnya. 
  • Buatlah kalimat, misalnya saja memakai bentuk Present Tense, Past Tense, Future Tense, Passive Voice, atau bentuk Conditional sentence.

While visiting national park, the students never forget to bring camera.
  • Minta siswa untuk meneruskan kalimat anda dengan menambahkan satu item kata dibelakangnya, kemudian kalimat tersebut akan diteruskan oleh siswa berikutnya.

Sebagai contoh, 
  1. Siswa I :While visiting national park, the students never forget to bring camera, and book.
  2. Siswa II :While visiting national park, the students never forget to bring camera, book, and pen.
  3. Siswa III :While visiting national park, the students never forget to bring camera, book, pen, and handphone.
  4. Siswa IV :While visiting national park, the students never forget to bring camera, book, pen, handphone, and sun glasses.
  5. Siswa V :While visiting national park, the students never forget to bring camera, book, pen, handphone, sun glasses, and bag.

Dan seterusnya.

Nah, itulah tujuh permainan bahasa Inggris/ English Game untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Masih banyak sekali jenis permainan bahasa Inggris selain ketujuh diatas. Semoga dengan tulisan ini bisa menjadikan tambahan referensi agar supaya pembelajaran bahasa Inggris lebih mengasyikkan lagi.

Punya game- game lainnya? jangan sungkan untuk membagikannya melalui kolom komentar dibawah ini.
Terima kasih .
Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment