Wednesday, January 8, 2020

Prediksi Materi Tes Bahasa Inggris (TBI) USM PKN STAN 2020

Sistem ujian seleksi masuk (USM) sejak 2018 sudah menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), pelaksanaan tes menggunakan komputer yang terintegrasi. Moda sistem CAT ini akan meminimalisir bentuk kecurangan dalam tes dan juga lebih transparan pada pelaksanaannya.
PKN STAN
Merujuk pada tahun 2019 lalu, ada tiga  tahapan ujian yaitu, Ujian tertulis, Psikotes, dan Ujian kesehatan dan kebugaran. Adapun materi tes tertulis USM PKN STAN terdiri dari tiga tes seleksi utama antara lain,
1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), 100 soal dengan waktu 90 menit dengan mencakup tiga materi yaitu,
  • Tes Intelegensi Umum (TIU),
  • Tes Karakteristik Pribadi (TWK), dan
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
2. Tes Potensi Akademik (TPA), jumlah soal sebanyak 45 butir dengan durasi waktu 40 menit.
3. Tes Bahasa Inggris (TBI), jumlah  30 soal yang dikerjakan dalam waktu 20 menit.

Para peseta dinyatakan lulus ujian tertulis USM STAN apabila nilai berada diatas ambang batas yang ditentukan. Untuk soal TBI USM PKN STAN, Soal bahasa Inggris terdiri dari 30 (tiga puluh) soal dengan durasi waktu hanya 20 menit terdiri dari materi grammar (structure and written expression) dan reading comprehension. Nilai ambang batas untuk TBI adalah 30 dengan nilai maksimal 120. Nilai TBI, selain TPA dijadikan salah satu dasar pemeringkatan, oleh karena itu usahakan meraih nilai sebanyak dan semaksimal mungkin.

Durasi waktu yang terbatas hanya 20 menit dibandingkan jumlah soal sebanyak 30 soal, berarti adik- adik harus dapat menyelesaikan soal kurang dari 40 detik per soalnya. Strategi yang terbaik adalah menyelesaikan soal grammar (structure and written expression) terlebih dahulu sebelum reading comprehension dengan cepat dan tepat mengingat tipe soal tersebut merupakan grammar praktis yang rumusnya pasti.

Lengkapnya, berikut ini penjabaran tentang materi tes bahasa Inggris USM PKN STAN,

#1.  Structure and Written Expression
Bentuk soal structure and written expression membutuhkan penguasaan grammar yang baik. Soal structure and written expression ditujukan untuk menguji kemampuan adik- adik dalam mengenali formal written English.

Seperti yang kita ketahui, bahwa beberapa hal  dapat diterima dalam bahasa Inggris lisan (spoken English), namun tidak dapat diterima dalam bahasa Inggris tertulis (formal written English). Soal tipe seperti ini mengharuskan kita untuk memilih cara yang tepat dalam setiap kalimat yang dinyatakan dalam setiap pertanyaan.

Masih seperti sebelumnya, topik yang harus dikuasai adalah tentang Gerund, Parallel Construction, Direct and Indirect Speech, Concord atau agreement, Degree of Comparison, Tenses, Participle, Clause, Causative, Subjunctive, Conditional Sentence, Elliptical sentence, Question Tag, dan materi grammar lainnya. Untuk materi dan latihan soal sudah saya lengkapi pada blog ini. silahkan adik- adik latih kemampuan grammar nya dengan klik menu TBI PKN STAN.

Berikut contoh soal structure and written expression USM PKN STAN tahun 2017,
James Dawson, ..., finally became vice president off the company in 1989.
A. was an administration officer in 1972
B. he was an administration officer in 1972
C. an administration officer in 1972
D. whose an administration officer in 1972
Menyelesaikan bentuk soal structure and written expression membutuhkan kejelian dan ketepatan serta pemahaman grammar yang baik. Maka, alangkah baiknya bila sedari dini materi ini dipelajari terlebih dahulu. Ingat, bahwa frekuensi latihan akan memberikan dampak yang nyata terhadap hasil. Seperti halnya pada soal diatas, materi soal tersebut sangat jarang didapatkan saat melalui bangku sekolah akan tetapi materi ini lazim digunakan pada mmateri- materi soal ujian bahasa Inggris seperti TOEFL.



#2. Reading Comprehension
Soal teks untuk reading comprehension dalam soal- soal USM PKN STAN biasanya diambil dari berbagai sumber baik website maupun sumber lain misalnya jurnal ilmiah. Strategi menyelesaikannya sama dengan soal- soal reading lainnya yang mencakup :

Menentukan Main Idea
Dalam setiap pertanyaan reading, soal yang paling sering muncul adalah tentang menentukan ide utama dalam teks. Main idea/ ide utama merupakan ide yang paling penting dalam sebuah teks atau tentang apakah teks tersebut. Setiap teks memiliki ide utama subordinate. ide utama lebih umum dari supporting ide atau detail dalam sebuah bagian teks.

Ide utama kadang muncul di awal paragraf akan tetapi bisa juga muncul di tengah atau akhir paragraf.

Ketika ide utama dalam sebuah teks itu tidak jelas karena setiap paragraf memiliki poin utama yang berbeda, maka pertanyaan seputar topik utama akan biasa muncul. Berikut ini contoh dari pertanyaan menentukan ide utama,

  • What is the main idea of the passage?
  • What is the main idea expressed in the passage?
  • What does the passage mainly discuss?
  • With what topic is the passage mainly concerned?
  • The main topic of the passage is ....
Pertanyaan Detail
Pertanyaan detail (detail questions) menanyakan tentang informasi spesifik dalam sebuah teks. Detail questions biasanya dimulai dengan pertanyaan,
According to the passage, ....
Ada dua jenis pertanyaan detail yaitu

Pertanyaan detail (Stated Details Questions)
Tipe pertanyaan ini menanyakan tentang detail pertanyaan dalam teks. beberapa pertanyaan yang menyatakan pertanyaan ini adalah seperti,
  • According to the passage ....
  • It is stated in the passage ....
  • The passage indicates that ....
  • Which of the following is true...?
Pertanyaan Unstated Details
Tipe pertanyaan ini menanyakan tentang pernyataan apa yang tidak benar dalam teks. Biasanya pertanyaan ini menggunakan kata NOT atau EXCEPT dalam huruf kapital. Contoh pertanyaan yang sering muncul adalah sebagai berikut,


  • Which of the following is NOT mentioned in the passage?
  • According to the passage, all of the following are true, EXCEPT....
  • Which one is NOT TRUE ...

Pertanyaan Reference dan Vocabulary

Pertanyaan reference menanyakan tentang kata- kata rujukan dalam teks, seperti kata ganti (pronoun) "they" "them","it", dll.

Pertanyaan Inference
Pertanyaan inference bisa dikatakan sebagai pertanyaan dengan jawaan yang sulit dalam soal reading. Jawaban atas pertanyaan ini tidak langsung dinyatakan dalam paragraf teks akan tetapi bisa saja secara tersirat. Berikut ini contoh pertanyaan reference,
  • Which of the following can be inferred about...?
  • What can be inferred from the passage?
  • From the passage it can be inferred that ....
  • The passage implies that ....
  • The author implies that ....
  • The passage suggests that ....
  • It is most probable that ....
Untuk menjawab pertanyaan inference, kita mesti menyimpulkan fakta- fakta yang dinyatakan dalam teks.

Pertanyaan tujuan penulis (Questions on Main Purpose)
Model perrnyataan ini adalah menanyakan tujuan penulis menulis teks ini. Untuk menjawab pertanyaan ini, kita bisa menuliskan konklusi yang diambil dari ide utama dan detail- detail informasi tertentu dari teks. Berikut beberapa contoh pertanyaan seputar tujuan penulis.

  • What is the author's main purpose in the passage?
  • The author's purpose in writing is to ...
  • Why did the author write the passage?
Untuk lebih lengkap mengenai strategi menjawab soal reading comprehension TBI PKN STAN, sudah saya tulis ulasan pembahasan plus contoh soal terapannya melalui posting sebelumnya. Silahkan klik pada link artikel berikut ini,


Sebagai referensi belajar, adik -adik bisa menggunakan buku- buku TOEFL berikut. Buku- buku tersebut saya pandang tepat karena ulasan materi yang singkat dan jelas serta mudah didapatkan. Sebagai tambahan, buku- buku tersebut juga saya gunakan untuk mengajar pendampingan siswa masuk PKN STAN maupun mengajar persiapan ujian TOEFL. 

1. Cliffs TOEFL, Preparation Guide by Michael  A Pyle, M.A  and Mary Ellen Munoz Page, M.A.
Meskipun buku ini merupakan buku untuk persiapan TOEFL, namun materi- materi, rumus, dan latihan soal  relevan dengan materi- materi yang sering muncul dalam soal. Pembahasan per bab atau materi lumayan jelas, singkat dan padat. 

2.  Longman Complete Course for the TOEFL Test by Deborah Philips
Hampir sama dengan buku sebelumnya, buku ini juga buku persiapan untuk TOEFL. Buku ini sangat lengkap membahas tips tips mengerjakan soal, bentuk- bentuk latihan soal dan penyelesaian khususnya soal grammar baik tipe structure and written expression maupun tipe error analysis.
Buku TOEFL Longman

3. Understanding and Using English Grammar by Betty Schrampfer Azar
Buku ini sangat lengkap membahas grammar, disertai dengan rumus yang praktis serta latihan- latihan yang lengkap tentang materi Grammar. Untuk saat ini juga tersedia versi terbitan bahasa Indonesia sehingga memudahkan untuk belajar.


Mau latihan soal TBI USM PKN STAN ? Klik tautan berikut ya,,,

Atau soal dalam format aplikasi quizizz berikut ini,


Semoga Bermanfaat.
Salam.

No comments:

Post a Comment