1/25/2020

Cara Mudah Import Pertanyaan Kuis ke Dalam Socrative

Tulisan ini merupakan lanjutan dari postingan saya sebelumnya tentang Socrative. Melengkapi tulisan tersebut, ada satu tips yang akan saya sampaikan melalui posting ini yaitu pada bagian Quiz. Sebelum masuk ke dalam pembahasan, lebih baik sahabat ahzaa membaca tulisan sebelumnya tentang Socrative pada artikel berikut,


Quiz merupakan fitur Socrative yang memungkinkan guru untuk membuat kuis pertanyaan pilihan ganda, pilihan benar / salah atau jawaban pendek yang dapat mereka simpan dan gunakan kembali. Pada Socrative, ada dua metode untuk  memasukkan pertanyaan ke dalam Quiz yaitu menambahkannya secara manual atau dengan import file ke dalam format Quiz yang tersedia. Berikut ulasan lengkapnya,

I. Secara Manual
Pada menu bar atas, pilih menu Quizzez, akan tampil fasilitas untuk Quiz, dalam hal ini pembuatan folder hanya disediakan versi pro saja. Pilih Add Quiz, Klik Add New.


Isikan judul kuis lalu klik Align Quiz to Standard untuk setting kelompok kuis anda (bisa tidak dicentang bila tidak diperlukan). Kemudian pilih jenis kuis yang anda inginkan, Multiple ChoiceTrue False atau Short Answer.

Pada tampilan form kuis, anda bisa mengisikan pertanyaan, lampirkan gambar bila diperlukan pada tombol simbol gambar disebelah pertanyaan. opsi pilihan jawaban, serta pembahasan akan pertanyaan anda.  Jangan lupa centang pilihan jawaban yang benar disebelah pilihan jawaban yang dimaksud. klik save pada bagian kanan tampilan.

Tambahkan pertanyaan selanjutnya dengan memilih jenis pertanyaan, apakah multiple choice, true false, dan short answer. Bila jenis pertanyaan sama seperti sebelumnya, silahkan pilih multiple choice saja.

Lanjut isikan seperti format pertanyaan sebelumnya.

Bila sudah selesai, silahkan klik Save and Exit pada tombol bagian kanan atas.

Kita bisa melihat hasil kuis atau edit kuis yang sudah dibuat, lihat pada Dashboard Socrative menu Quizzes.

II. Import Quiz
Pada menu bar atas, pilih menu Quizzez, akan tampil fasilitas untuk Quiz, dalam hal ini pembuatan folder hanya disediakan versi pro saja. Pilih Add Quiz, Klik Import.


Akan terdapat Pop up yang menunjukkan pilihan import

Ada dua pilihan yaitu melalui nomor SUC yaitu dengan memasukkan nomor "SOC" dari kuis bersama yang ingin anda impor. Kita lewati saja cara ini, lain kali akan saya bahas lagi apa itu import soal via nomor SOC.

Pilihlah pada bagian format Excel (XLS). Download terlebih dahulu template Excel-nya. Setelah berhasil di download akan terdapat format Excel untuk kita isikan.



  1. Masukkan nama kuis.
  2. Dalam Question type, pilih "open-ended" atau "multiple choice"; Anda bisa memilihnya melalui klik segitiga dropdown menu. Bila Anda mengetik ini secara manual, harap diingat bahwa ini adalah case-sensitive dan harus dimasukkan persis seperti yang ditunjukkan agar dapat dikenali oleh Socrative.
  3. Masukkan pertanyaan pada bagian question.
  4. Bila anda memilih jenis multiple choice, berikan jawaban anda di kolom Jawab A-E.
  5. Tunjukkan satu atau beberapa jawaban yang benar (mis. A, C, E); jika pada Question Type anda memilih open-ended atau pertanyaannya bersifat terbuka, biarkanlah kosong. Akan tetapi perlu diingat bahwa siswa harus memilih jawaban yang benar agar mendapat skor yang benar.
  6. Pada bagian explanation, anda bisa menambahkan penjelasan mengenai pertanyaan yang suah anda buat.

Terakhir, simpan lembar dan dari menu Import quiz, Pilih File dan kuis akan diimpor. Jika ada kesalahan, maka sebuah pesan akan menunjukkan baris / kolom mana yang perlu disesuaikan agar berhasil untuk proses import.

Selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment