Thursday, January 30, 2020

Aturan Lengkap Penggunaan Articles A, An, dan The dalam Bahasa Inggris

Articles dalam bahasa Inggris disebut juga dengan kata sandang. Ada dua pembagian articles yaitu definite articles dan indefinite articles. Definite articles digunakan untuk menunjukkan sesuatu benda ,orang dan sebagainya yang notabene sudah jelas atau spesifik. Bentuk definite articles adalah kata "the". Sedangkan indefinite articles yaitu A atau An merupakan kata sandang yang digunakan untuk menunjuk suatu benda, orang dan sebagainya yang belum jelas atau belum tertentu. 

Penggunaan kata sandang baik a atau an, dan the bersamaan dengan sebuah kata benda konkret yang dapat dihitung (a concrete countable noun) yang mewakili satu jenis (a class). Untuk lebih jelas mengenai aturan penggunaan articles a atau an, dan the berikut ulasannya. 

Penggunaan A atau AN
  1. A atau an memiliki aturan yang berbeda dalam penggunaannya meskipun artinya sama yaitu sebuah, seorang. Perbedaannya terletak pada suara dalam kata benda yang mengikutinya apakah suara vokal atau suara konsonan. A digunakan bila kata benda dimulai dengan suara konsonan seperti  a notebook,  a hotel,, a university. Sedangkan An digunakan untuk kata benda yang dimulai dengan suara vokal, misalnya an honest woman, an hour, an uncle, an umbrella, etc.
  2. A atau an dapat digunakan dengan sesuatu yang dapat dihitung dan sifatnya tunggal. Contoh ;a man, a gun, a University, a campus, a union, a dog, a union, etc.
  3. A atau an tetap dapat digunakan bila terdapat satu atau lebih adjective sebelum kata benda (noun). Misalnya, an energetic woman, a beautiful old woman.
  4. A atau An digunakan untuk satuan atau unit ukuran. Contoh ; a dozen pen.a week, a hundred miles an hour.
  5. a atau an digunakan untuk menunjukkan ukuran waktu. Contoh : a month's vacation, an hour's work, a day's leave.
  6. A atau an dapat digunakan bersamaan dengan bentuk such and what. Contoh : such a nice boy, such a beautiful day, what a fool.
Penggunaan THE
  1. The digunakan untuk menunjuk sesuatu atau seseorang yang telah disebutkan sebelumnya melalui artikel a atau an. Contoh : Linda bought a novel yesterday. The novel is about love.
  2. The digunakan untuk menunjuk suatu benda yang jelas diketahui oleh orang yang berbicara dan orang yang diajak bicara, misalnya ketika dua orang sedang berada dalam dapur, maka mereka mengatakan, the kitchen set, the dishes, the red glass, etc.
  3. The digunakan menunjuk sesuatu yang sudah jelas diantara sesuatu lainnya yang sejenis, misalnya, the 12 bus corridor, the shop on fifth street.
  4. The tetap digunakan pada sebuah kata sifat sebelum noun. Contohnya, the black box, the red tumbler, the expensive car.
  5. The digunakan bila antara dan pendengar sudah sama- sama memahami apa yang dimaksudkan. Contoh ; the school, the college, the president.
  6. The digunakan untuk sesuatu yang khusus dan hanya ada satu buah dari semua jenisnya. Contoh : the sun, the moon, the weather.
  7. The digunakan untuk bentuk superlative degree dari adjective, a phrase atau clause. Contoh : the highest building, the most expensive car, the smartest person.
  8. The digunakan untuk menunjukkan urutan waktu. Contoh : the beginning, the middle, the end, in the morning, in the afternoon, in the night.
  9. The digunakan menunjukkan letak dan arah mata angin. Contoh : the North pole, the West Coast, the Middle east, the top, the bottom, the center etc.
  10. The digunakan untuk nama- nama organisasi, lembaga, perusahaan, dan sebagainya. contoh : the Ford Foundation, the United nation.
  11. The digunakan untuk nama- nama sungai, danau, laut dan sebagainya. contoh : The Indonesian Sea, the Red sea, the Gulf of Mexico, the Thames, etc.
  12. The digunakan sebagai nama dari surat kabar. Contoh : the Washington Post, the Jakarta Post, the Telegraph.
  13. The digunakan sebagai nama- nama universitas bila proper noun diikuti oleh phrase of. Contoh : the university of Diponegoro, the university of Gadjah Mada, the university of Indonesia etc.
  14. The digunakan setelah kata 'of' yang diikuti oleh bentuk jamak. Contoh : each of the students passed the examination.
  15. The digunakan untuk menunjukkan alat- alat musik. Contoh : the violin, the guitar, the piano, etc. 

Nah, itulah aturan penggunaan articles A, An dan The dalam bahasa Inggris. Semoga bisa menambah referensi dalam mempelajari bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Semoga bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment