1/07/2016

Pembahasan dan Penggunaan Present Participles, Perfect Participles dan Infinitives Dalam Bahasa Inggris

Selamat datang di Ahzaa Media, Blog media belajar Bahasa Inggris online. Dalam Smart English kali ini kami ingin membahas tentang penggunaan present participles, perfect participles dan infinitives dalam soal- soal Bahasa Inggris.  Pembahasan ini memperdalam pembahasan kami  sebelumnya tentang pengertian, contoh dan penggunaan participle dalam Bahasa Inggris, Berlanjut ke pembahasan kami tentang present participles, perfect participles dan infinitives, ketiga bentuk tersebut mempunyai berbagai perbedaan baik dalam penggunaan maupun ciri- ciri kalimatnya. Nah, apa saja perbedaan dan juga ciri- cirinya, berikut ini penjelasannya. 

1. Penggunaan Present participles ( V-ing) dalam introductory verb phrases (phrase yang tidak mempunyai subjek dan verb, dan tergantung pada subjek dan verb pada klausa utama) menyatakan suatu aktivitas atau kejadian yang terjadi pada waktu yang sama dengan main verb-nya.
Contoh :

  • Staying at the villa, I feel fresh and calm. ( bentuk Present)
  • Looking out the window, I saw Ann with her friend. ( bentuk past)

2. Penggunaan perfect participles ( having + past participle) dalam introductory verb phrases menyatakan suatu aktivitas atau kejadian yang terjadi sebelum main verb-nya.
Contoh :

  • Having studied, I went to bed. ( Saya belajar terlebih dahulu sebelum pergi tidur)
  • Having written a letter, she mailed it on her way to work. ( Dia menulis surat lebih dulu sebelum mengirimkannya)

3. Penggunaan present infinitive ( to + v) menyatakan suatu aktivitas atau kejadian yang terjadi pada waktu yang sama atau pada waktu akan datang.
Contoh :

  • I hope to pass the examination tomorrow. 
  • She chose not to attend the conference yesterday. 

4.  Penggunaan Perfect Infinitive ( to have + past participle) menyatakan aktivitas atau kejadian yang terjadi sebelum kejadian pada main verb.
Contoh :

  • I hope to have passed the examination I took yesterday. ( Saya harap saya lulus ujian yang saya ambil kemarin)
  • He is reported to have died yesterday. ( Dia sudah meninggal kemarin dan sekarang kematiannya sedang dilaporkan)
  • He was reported to have died the day before. ( Dia sudah meninggal pada saat sebelum kematiannya dilaporkan).

Dan untuk lebih memahami tentang penggunaan present participles, perfect participles dan infinitives dalam kalimat , berikut ini contoh bentuk kalimat yang benar dan pembahasannya. Juga kami sertakan juga soal latihan online. Untuk mengerjakan soal online, silahkan klik tautan dibawah. Soal online memakai bermaterikan Flash player sehingga pastikan browser anda sudah terinstal Flash.
====================================================================================
Contoh 1

  • Wrong  : Catching some fish, he brought them to the market.
  • Right     : Having caught some fish, he brought them to the market.

** Dalam bentuk kalimat diatas, menggunakan bentuk perfect participles, yang menyatakan  suatu aktivitas atau kejadian yang terjadi sebelum main verb-nya. Maka penggunaan rumusnya  having + past participle
====================================================================================
Contoh 2

  • Wrong : The victims of the crash are presumed to die last week.
  • Right   : The victims of the crash are presumed to have died last week.

** Dalam bentuk kalimat diatas, menyatakan aktivitas atau kejadian yang terjadi sebelum kejadian pada main verb-nya. Maka penggunaan rumusnya to have + past participle
====================================================================================

Demikian pembahasan kami mengenai penggunaan present participles, perfect participles dan infinitives dalam Bahasa Inggris. Semoga bisa membantu anda dalam memperdalam kemampuan anda dalam berbahasa Inggris. Terima kasih dan semoga bermanfaat.




No comments:

Post a Comment