9/12/2022

Rangkuman dan Latihan Soal Mapel Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet

Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Baik untuk post pada kesempatan ini akan menyajikan rangkuman mapel Informatika kelas 7 SMP Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet. Rangkuman ini merupakan lanjutan dari rangkuman bab 1, 2, 3 dan bab 4 yang sudah saya post sebelumnya. 

Pada Mapel Informatika Kelas 7 SMP Semester 1 (Ganjil) Kurikulum Merdeka Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet, kita akan mempelajari tentang Jaringan komputer, internet, web, peramban, hypertext, http, www, Tethering, Wireless LAN (WLAN), Wireless Fidelity (wi-i), modem.

Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Tulisan ini saya bagi menjadi dua, pada bagian awal merupakan rangkuman, dan pada bagian akhir rangkuman, saya sajikan latihan soal untuk menguji kompetensi teman- teman.

Baik, langsung saja yaa, berikut rangkuman materinya, 

======================================================================================
Rangkuman dan Latihan Soal Mapel Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet

1. Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung dalam jaringan

2. Komputer pada jaringan komputer terhubung dengan menggunakan media kabel, fiber optik, atau media tanpa kabel (wireless)

3. Beberapa tipe jaringan komputer adalah  
- Local Area Network (LAN);  jaringan komputer lokal pada ruangan terbatas, seperti rumah, ruang tertentu, dan lainnya
- Corporate Area Network (CAN); jaringan komputer yang terbatas pada perusahaan tertentu, yang bisa terdiri atas beberapa LAN
- Metropolitan Area Network (MAN);  jaringan komputer pada area kota metropolitan
- Wide Area Network (WAN); jaringan komputer yang lebih luas dari metropolitan dengan jaringan yang lebih handal

4. Internet dikenal pada tahun 1849 dengan istilah internetted yang berarti interconnected. 

5. Internet pada masa kini mengacu pada sistem jaringan komputer global yang digunakan untuk berkomunikasi antarperangkat komputer maupun antarjaringan komputer menggunakan protokol TCP/ IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP merupakan protokol pertukaran paket data yang digunakan di internet. Sementara  Istilah “protokol” ini mengacu pada sekumpulan aturan yang mengatur bagaimana sebuah peranti berkomunikasi dalam suatu jaringan internet.

6. World Wide Web yang sering disebut sebagai “web” atau situs web adalah sistem informasi/aplikasi yang dapat diakses menggunakan internet.

7. Web diakses oleh pengguna menggunakan perangkat lunak yang disebut peramban web dengan menuliskan alamat web yang disebut Uniform Resource Locators (URL,, https://www.ahzaa.net/)

8. Web atau situs web memiliki halaman- halaman web (web page) yang berisi data dan informasi yang tersimpan di web server dalam bentuk hyper text markup language (html) file.

9. Interaksi dan transaksi secara elektronik
a. Electronic Mail (Email) atau dalam bahasa Indonesia disebut surat elektronik (surel) adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim surat/pesan melalui internet.
b. Electronic Mail (Email) atau dalam bahasa Indonesia disebut surat elektronik adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim surat/pesan melalui internet. 
c. Electronic Learning (e-Learning) merupakan sebagai sebuah bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah secara virtual (maya).
d. e-Commerce adalah aktivitas penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer.
e. e-government atau e-govt adalah suatu upaya untuk adalah aplikasi perangkat lunak mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik.

10. Wireless LAN (WLAN) adalah jaringan komputer lokal nirkabel yang menghubungkan dua atau lebih perangkat menggunakan komunikasi nirkabel untuk membentuk jaringan area lokal (LAN) dalam area terbatas, seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer, kampus, atau gedung kantor. 

11. Wi-Fi sering disebut Wireless Fidelity  merupakan istilah umum yang mengacu pada standar komunikasi untuk jaringan nirkabel.

12. Tethering atau Phone-as-modem (PAM) adalah berbagi koneksi internet perangkat seluler (smartphone, tablet, dan lainnya) dengan komputer/ perangkat seluler lain.

13. Enkripsi adalah suatu metode yang mengodekan data sedemikian rupa sehingga tidak dapat dibaca sebelum dikembalikan ke bentuk aslinya (didecrypt).

Nah, kita lanjutkan ke latihan soal yaa teman- teman. Berikut latihan soal yang dapat dicoba. Teman- teman dapat membuka tautan latihan soal berikut ini. 


Demikian Rangkuman Materi dan Latihan Soal Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet. Semoga bermanfaat bagi teman- teman semuanya. Jangan lupa share yaa...

Dapatkan update artikel terbaru dengan follow blog ini. Salam.

No comments:

Post a Comment