10/18/2022

Kumpulan Latihan Soal Sumatif Penilaian Harian Seni Rupa Kelas 1 SD/ MI Semester 1(Ganjil) Kurikulum Merdeka Lengkap

Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Tulisan kali ini akan saya khususkan untuk mengkompile latihan - latihan soal mapel seni rupa kelas 1 SD/ MI Kurikulum merdeka semester 1 (ganjil)  

Latihan - latihan soal ini merupakan kumpulan dari bab 1 sampai dengan bab 10 yang sudah saya posting sebelumnya. Bahan- bahan latihan soal ini semoga dapat membantu teman- teman dalam belajar khususnya mapel seni rupa kelas 1 SD. 

Image by poverss from Pixabay


Kembali lagi ke materi- materi yang akan diajarkan pada mapel seni rupa yaa teman- teman. Berdasarkan buku teks panduan guru mapel Seni Rupa terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Materi seni rupa berisi kegiatan- kegiatan yang akan dilakukan selama kelas 1 SD/ MI semester 1 (ganjil). Kegiatan tersebut akan disesuaikan dengan profil murid dan kondisi sebenarnya di lapangan. 

Untuk kegiatan wajib terdapat pada kegiatan 1, 2, 3, 4, 5, 7 dan 8 yaa..jadi untuk kegiatan 6, 9 dan 10  merupakan pilihan yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa dan sekolah. Penyesuaian dapat dilakukan sesuai dengan ketersediaan bahan atau sumber daya yang ada.

Nah, apa saja kegiatan- kegiatannya, berikut rinciannya.  

Semoga bermanfaat.

======================================================================================
1.  Seni di Sekitarku
Siswa berdiskusi mengenai aneka karya seni dan alasan mereka menciptakan karya seni. Peserta didik akan mengeksplorasi  cara menggunakan media yang tersedia (mungkin pensil, krayon, pensil warna, spidol, kapur atau media lainnya). Siswa berdiskusi mengenai aneka karya seni dan alasan mereka menciptakan karya seni.


2.  Aneka Garis
Siswa mengidentifikasi aneka garis yang terdapat di sekitar mereka. Garis dibagi berdasarkan bentuknya menjadi lurus, bergelombang, zigzag, spiral, melingkar, lengkung. Garis juga dibagi berdasarkan arahnya menjadi vertikal, horizontal dan diagonal. Mereka akan menerapkan pengertian tentang garis tersebut ke dalam sebuah karya 2 dimensi, dan membandingkan media yang berbeda untuk menggambar garis.


3. Garis yang Menunjukkan Gerakan
Siswa membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis atau rapat, renggang) dengan cara menghubungkannya dengan suara atau gerakan
tertentu. Mereka kemudian membuat gambar menggunakan berbagai macam garis sebagai bentuk respon terhadap musik tertentu.


4. Garis Membuat Bentuk 
Siswa membentuk persepsi tentang bagaimana garis lurus dan garis lengkung membuat bentuk geometris dan bentuk organik. Mereka kemudian menerapkan aneka bentuk ke
dalam sebuah karya 2 dimensi sambil mengidentifikasi jenis garis dan ukuran bentuk yang digambarnya. 


5. Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel
Siswa menggunakan pemahamannya akan berbagai bentuk untuk membuat kreasi binatang imajinasinya dalam bentuk kolase. Dalam proses membuat kolase, siswa juga akan berlatih menggunakan gunting dan lem dengan efektif.


6. Bentuk dalam Topeng
Siswa mendiskusikan mengapa orang menciptakan dan memakai topeng. Mereka akan mengidentifikasikan fitur-fitur yang terdapat dalam sebuah topeng, kemudian menciptakan topeng manusia atau hewan dengan bahan yang tersedia.

7. Warna, Garis dan Bentuk
Siswa mendiskusikan perencanaan penggunaan garis, bentuk dan warna dalam sebuah karya. Mereka akan menciptakan sebuah karya atau desain dan merencanakan warna.

8. Bentuk yang  Berulang
Siswa mengidentifikasi garis, warna dan bentuk yang membentuk susunan berulang. Mereka akan membuat karya 2D dengan perulangan garis, warna dan bentuk.


9. Bentuk Huruf
Siswa   mengenali tipografi sederhana, mereka mengetahui bahwa sebuah huruf dapat dituliskan dengan berbagai cara atau gaya. Mereka membuat sebuah papan nama atau kartu ucapan sederhana yang menggunakan tulisan tangan mereka sendiri.

10. Bentuk Besar dan Kecil dalam Arsitektur
Siswa mengamati aneka bentuk dan ukuran pada sebuah bangunan. Mereka belajar bahwa arsitektur merupakan bagian dari seni dan memiliki peran penting bagi kehidupan. Siswa dapat membuat gambar atau membuat kolase bentuk bangunan.

No comments:

Post a Comment