10/20/2022

Ringkasan Materi dan Contoh Latihan Soal Tentang Siklus/ Daur Hidup Makhluk Hidup

Daur hidup merupakan fase yang dialami oleh makhluk hidup sejak menetas atau lahir, sampai tumbuh dewasa. Setiap hewan memiliki daur hidup yang berbeda-beda. Nah, apa saja daur hidup yang terjadi pada makhluk hidup, berikut pembahasannya. 

Gambar oleh jplenio dari Pixabay


Siklus/ Daur Hidup Makhluk Hidup

A. Siklus/ Daur Hidup Hewan melalui Metamorfosis

1. Pengertian Metamorfosis
Metamorfosis merupakan perubahan bentuk yang dialami dari telur hingga dewasa. Ada dua bentuk metamorfosis yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

a. Metamorfosis sempurna
- Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang mengalami empat tahapan pertumbuhan dalam daur hidupnya yaitu telur – larva – pupa (kepompong) – dewasa (imago).
- Salah satu contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah kupu- kupu, tawon, lalat, kumbang, nyamuk, lebah, ngengat, semut. . 

b. Metamorfosis tidak sempurna
- Metamorfosis tidak sempurna merupakan metamorfosis yang hanya mengalami tiga tahapan dalam daur hidupnya yaitu telur – nimfa – dewasa (imago)
- Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah belalang, jangkrik, capung, rayap, kepik, walang sangit, dan kecoa

2. Daur Hidup Hewan
a. Serangga
- Kupu- kupu
Tahapan awal daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur kemudian berubah menjadi ulat. Ulat kemudian akan berubah menjadi pupa atau kepompong. Masa kepompong akan berlangsung selama berhari-hari. Apabila telah cukup sempurna, maka kupu-kupu dewasa pun keluar dari kepompong dan siap untuk terbang.
- Lalat
Daur hidup lalat dimulai dari telur yang menetas menjadi larva. Larva kemudian tumbuh menjadi pupa, dan pupa tumbuh menjadi lalat muda dan selanjutnya menjadi lalat dewasa.
- Tawon
Daur hidup tawon dimulai dari telur yang menetas menjadi larva. Larva kemudian tumbuh menjadi pupa, selanjutnya pupa tumbuh menjadi lalat muda dan kemudian menjadi lalat dewasa.
- Kumbang
Daur hidup kumbang dimulai dari telur yang menetas menjadi larva. Larva kemudian tumbuh menjadi pupa, dan pupa tumbuh menjadi kumbang muda dan selanjutnya menjadi kumbang dewasa.
- Kecoa
Daur hidup kecoa dimulai dari telur yang menetas menjadi nimfa. Nimfa merupakan hewan muda yang menyerupai hewan dewasa. Kecoa muda memiliki tubuh yang lebih kecil dan belum muncul sayapnya. Kecoa muda kemudian akan tumbuh menjadi kecoa dewasa dengan berkali- kali mengalami pergantian kulit (eksidis)
- Belalang
Belalang melewati 3 tahapan metamorfosis yang dimulai dari telur, kemudian telur tersebut menetas menjadi nimfa atau bayi belalang. Bayi belalang akan mengalami pergantian kulit hingga menjadi belalang dewasa yang bersayap.
- Nyamuk
Daur hidup nyamuk dimulai dari telur yang menetas menjadi jentik- jentik nyamuk. Jentik- jentik kemudian berubah menjadi pupa. Selanjutnya pupa berubah menjadi nyamuk muda yang kemudian tumbuh menjadi nyamuk dewasa

b. Katak
Katak termasuk kategori hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Hal tersebut dapat dilihat pada bentuk kecebong yang sangat berbeda dengan bentuk katak ketika dewasa. Tahapan awal dari metamorfosis sempurna pada katak dimulai dari telur. Telur kemudian akan menetas menjadi berudu atau kecebong. Berudu hidup di dalam air dan bernapas menggunakan insang. Setelah beberapa lama, berudu mengalami perkembangan yaitu memiliki dua kaki. Kaki kecebong yang berjumlah semakin bertambah dibarengi tubuh kecebong yang ikut mengalami perubahan, sehingga menjadi katak kecil. Katak kecil  memiliki ukuran ekor yang lebih pendek (menyusut) dibandingkan pada saat masih berudu. Katak kecil pun berkembang menjadi katak dewasa yang dapat hidup di air dan di darat dengan alat pernafasan berupa kulit dan paru- paru. 

B. Siklus/ Daur Hidup Hewan Tanpa Metamorfosis
- Proses perkembangan tanpa metamorfosis dicirikan sebagai siklus hidup hewan tanpa adanya perubahan bentuk. Metamorfosis ini biasanya memiliki siklus Telur/ Bayi - Anak/ hewan muda- hewan dewasa
- Contoh hewan yang daur hidupnya tanpa melalui metamorfosis adalah bebek, ayam, kambing, kucing, kerbau, anjing, harimau, buaya, ikan, beruang dan sebagainya. 

======================================================================================
Untuk menguji materi tentang "Daur Hidup Makhluk Hidup" di atas, teman- teman bisa berlatih soal materi di atas secara online. Terdapat 15 buah soal yang bisa dikerjakan secara online dengan skor pencapaian otomatis saat selesai mengerjakan latihan.

Latihan Soal tentang Daur Hidup Makhluk Hidup pada halaman berikutnya yaa 

>>>>>>> Halaman 2 <<<<<<<

No comments:

Post a Comment