3/17/2023

Mengenal Jurusan Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) SMK : Apa Saja Sih yang Dipelajari dan Lingkup Kerja Lulusannya?

Teman- teman salah satu program keahlian yang menjadi primadona di SMK adalah program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL). 

Gambar oleh LUM3N dari Pixabay


Sebenarnya apa itu Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK? Apa saja yang akan dipelajari? Lingkup kerjanya bagaimana? Yuk Simak artikel lengkapnya berikut ini untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan tersebut.

Apa itu Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)?
Akuntansi dan Keuangan Lembaga  (AKL) merupakan merupakan salah satu program keahlian dalam kelompok bisnis dan manajemen yang berkutat dalam mempelajari pencatatan dan penyusunan laporan keuangan baik secara manual maupun secara komputerisasi dalam sebuah perusahaan. 



Apa Saja yang dipelajari ?
Materi Umum
Seperti program- program keahlian lainnya, teman- teman yang masuk ke program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga  (AKL) SMK juga akan bertemu dengan mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Sejarah dan Seni. Mapel- mapel tersebut merupakan materi umum yang wajib dipelajari di SMK. 

Materi Kejuruan
Sementara itu untuk materi kejuruan pada Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) SMK terdiri atas beberapa mapel yaitu Ekonomi bisnis, administrasi umum, etika profesi, aplikasi pengolah angka, akuntansi dasar, perbankan dasar, Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur, Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah, akuntansi keuangan, komputer akuntansi, administrasi pajak serta produk kreatif dan kewirausahaan. Berikut rincian dari mapel- mapel tersebut :

  • Ekonomi Bisnis, mengajarkan terapan ilmu ekonomi dan pembuatan rancangan usaha kecil/menengah sesuai dengan keadaan lingkungannya.
  • Administrasi Umum, mengajarkan pemanfaatan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi, cara berkomunikasi di tempat kerja serta pencatatan keuangan sederhana.
  • Etika Profesi, mengajarkan tentang bagaimana menerapkan etika yang berkaitan dengan keprofesian dalam bidang akuntansi dan keuangan dan kompetensi personal dalam bidang akuntansi dan keuangan serta faktor resiko kecelakaan kerja dalam bidang akuntansi dan keuangan.
  • Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet, mempelajari tentang bagaimana mengolah paket program pengolah angka/spreadsheet, menerapkan format aplikasi program pengolah angka/spreadsheet untuk siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang serta mengevaluasi kegiatan keuangan dengan aplikasi pengolah angka yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • Akuntansi Dasar, mempelajari dan memahami prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi, tahapan siklus akuntansi, melakukan pencatatan buku jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan bentuk jurnal, buku besa, membuat jurnal penyesuaian dan menyusun laporan keuangan.
  • Perbankan Dasar, mempelajari tentang penghitungan terhadap simpanan dana giro, simpanan dan tabungan, simpanan dana deposito serta menyusun laporan kredit perbankan.
  • Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur, mempelajari tentang bagaimana menerapkan siklus akuntansi mulai dari mengidentifikasi buktri transaksi, membuat jurnal umum dan khusus, menyusun buku besar, serta menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur.
  • Akuntansi Keuangan. mempelajari tentang  pengelolaan dana kas perusahaan di bank dan melakukan pencatatan utang jangka pendek seperti pembelian barang dagang secara kredit, wesel, pembelian angsuran, utang pajak, utang gaji, dan pendapatan diterima dimuka.
  • Komputer Akuntansi, mempelajari tentang sistem komputerisasi akuntansi dalam keperluan entri data, membuat jurnal, serta menyusun laporan keuangan.
  • Administrasi Pajak, mempelajari tentang perhitungan dan pengisian pajak penghasilan (PPh) Pasal 21 dan melakukan perhitungan PPh Badan terutang serta melakukan pengisian surat setoran pajak (SSP) PPh badan
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan membekali siswa bagaimana cara memulai usaha dan hal- hal yang berkaitan dalam pendirian dam proses dunia usaha seperti  mendesain usaha, menghitug harga pokok produksi, system produksi, melakukan promosi online, dan menghasilkan laporan keuangan usaha
  • Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah, merupakan praktik terjun langsung ke instansi pemerintah atau lembaga dengan tujuan  melakukan pencatatan akuntansi penerimaan dan pengeluaran pembiayaan,  serta menyusun laporan keuangan di instansi pemerintah maupun lembaga yang meliputi penyusunan neraca saldo, pencatatan jurnal. 

Prospek Lulusan Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)
Prospek kerja untuk siswa yang mengambil program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) terbuka luas, teman- teman dapat bekerja dalam profesi- profesi tertentu seperti staff akuntan, staff administrasi, staf pajak, perencana keuangan, kasir, admin gudang, maupun staf penjualan. beberapa Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta juga membuka peluang untuk menerima program keahlian AKL jika kalian ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya. 

Itulah tentang Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) SMK. Buat teman- teman yang sudah masuk ke program keahlian ini, Yuk bagikan   pengalamannya di kolom komentar...

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment