3/15/2023

Mengenal Jurusan Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) SMK : Apa Saja Sih yang Dipelajari dan Prospek Kerjanya?

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru akan segera dimulai. Buat teman- teman jenjang SMP yang lulus tahun ini dan ingin melanjutkan pendidikannya ke SMK, dan berminat menjadi seorang staf administrasi, asisten sekretaris atau staff personalia, ada informasi yang menarik tentang salah satu program keahlian SMK yang terkait dengan profesi- profesi tersebut.  

Teman- teman, berdasarkan spektrum keahlian pada program SMK Pusat Keunggulan (Paradigma Baru), ada 50 program keahlian dengan berbagai bidang yang dapat dipilih siswa. Lumayan banyak yaa? Nah, berkaitan dengan profesi yang sudah kita bicarakan sebelumnya, teman- teman dapat memilih Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB). 

Gambar oleh LUM3N dari Pixabay


Sebenarnya apa itu Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis? Apa saja yang akan dipelajari? Prospek kerjanya bagaimana? Untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan tersebut, Yuk Simak artikel lengkapnya berikut ini.

Apa itu Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB)?
Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis  merupakan salah satu program keahlian dalam kelompok Bidang Keahlian SMK Bisnis dan Manajemen. Program keahlian atau jurusan ini sebelumnya dikenal dengan nama kompetensi keahlian Otomasi dan Tata Kelola Perkantoran. 

Pada jurusan ini teman- teman akan belajar tentang Dasar-dasar Manajemen Perkantoran, Teknologi Perkantoran, Korespondensi, Kearsipan, Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian, Otomatisasi Tata Kelola Keuangan, Otomatisasi Tata Kelola Sarana & Prasarana, Otomatisasi Tata Kelola Humas & Keprotokolan, dan Produk Kreatif & Kewirausahaan.    

Apa Saja yang dipelajari ?
Materi Umum
Sebagai gambaran buat kalian yang mengambil program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) SMK, kalian akan mempelajari materi- materi umum seperti Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Sejarah dan seni. 

Materi Kejuruan
Untuk materi kejuruan, kalian akan mempelajari Informatika, Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial serta mapel kejuruan seperti Dasar-dasar Kejuruan MPLB, Ekonomi dan Bisnis, Pengelolaan Administrasi Umum, Komunikasi di Tempat Kerja, Pengelolaan Kearsipan, Teknologi Perkantoran, Pengelolaan Rapat/Pertemuan, Administrasi Humas dan Keprotokolan, Pengelolaan Keuangan Sederhana, Administrasi SDM/Kepegawaian, dan Administrasi Sarana dan Prasarana. 

Praktik Kerja Lapangan (PKL) 
Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMK merupakan salah satu program yang ditujukan untuk melatih siswa agar mereka dapat menerapkan ilmu teori yang didapatkan di sekolah ke dalam dunia kerja di perusahaan atau industri. 

Nah, siswa jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) juga mengikuti kegiatan tersebut untuk menyiapkan mereka dalam dunia kerja sesungguhnya. Biasanya teman- teman akan ditempatkan pada Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) sesuai program keahlian masing- masing.  

Prospek Kerja SMK Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB)
Prospek kerja untuk siswa yang mengambil program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) lumayan banyak, kalian dapat bekerja dalam profesi- profesi tertentu seperti Staf Administrasi, Asistem Sekretaris, Resepsionis, Staf personalia, Asisten Arsiparis, Personal Asistant maupun berwirausaha sendiri. Selain itu, bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan, dapat mendaftar ke berbagai Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta. 

Itulah tentang Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis SMK. Buat teman- teman yang sudah masuk ke program keahlian ini, bisa share dong pengalamannya di kolom komentar...

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment