3/17/2023

Beasiswa Sobat Bumi Pertamina 2023 Kembali Dibuka, Yuk Siapa yang Tertarik?

PT Pertamina (Persero) kembali membuka beassiwa bagi mahasiswa dalam jenjang pendidikan sarjana (S1) dan vokasi (D3/D4) melalui program Pertamina Foundation (PF) Beasiswa Sobat Bumi 2023. Bantuan pendanaan tersebut mencakup seluruh mahasiswa di berbagai perguruan tinggi mitra dari Sumatra sampai Papua. 

Beasiswa Sobat Bumi merupakan program kepedulian Pertamina dalam aspek pendidikan khususnya untuk generasi muda bangsa dalam menjalankan dua fokus TJSL BUMN, yakni pendidikan dan lingkungan. Bantuan Sobat Bumi memberikan bantuan pendidikan dalam keringanan SPP/UKT dan bantuan biaya hidup. 

Source : SS Instagram


Bantuan pendidikan Pertamina melalui Pertamina Foundation  dengan Beasiswa Sobat Bumi ini dimulai sejak 2011 dan telah membantu setidaknya 3900 mahasiswa dari Sumatra sampai Papua. 

Penerima bantuan juga dapat terlibat dalam ekosisitem Pertamina Group seperti binaan PFseries, berpartisipasi dalam Voluntary Days bersama pekerja Pertamina, MBKM di lokasi Desa Energi Berdikari, aksi dalam Pertamina Peduli, dan magang di Pertamina Grup. 

Jadwal Pendaftaran Beasiswa
Pendaftaran  Beasiswa Sobat Bumi akan dibuka pada tanggal 20 Maret sampai dengan 25 April 2023 melalui website resmi Pertamina Foundation di pertaminafoundation.org. Adapun seleksi yang dkan dilakukan meliputi seleksi administrasi, seleksi wawancara, dan Focus Group Discussion. Informasi lebih lanjut akan disampaikan melalui media sosial resmi Pertamina Foundation.

Pertamina Foundation
Pertamina Foundation (PF) Pada awalnya bernama Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina (YKPP) yang berdiri sejak 15 Mei 1986. Pada tanggal 12 Januari 2011, kemudian berganti nama menjadi Pertamina Foundation (PF). Pendirian Pertamina Foundation ditujukan untuk lebih meningkatkan efektifitas kegiatan yang menyangkut Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Selain itu juga dapat memberikan kontribusi positif terhadap para stakeholder. Adapun visi dari Pertamina Foundation adalah menjadi yayasan modern dan terpercaya melalui pemberdayaan masyarakat yang inspiratif untuk Indonesia maju dan sejahtera.

Ada beberapa program dalam Pertamina Foundation yaitu PF Prestasi, PF Sains, PF Bangkit, PF Muda, PF Preneur dan Pelatihan Kain Nusantara.

PF Prestasi melalui Sobat Bumi merupakan beasiswa bagi  yang berprestasi, peduli lingkungan,dan  aktif berorganisasi. Selain itu beasiswa ini diperuntukkan dan diutamakan dari kalangan keluarga kurang mampu atau kelompok rentan.

PF Sains diperuntukkan bagi masyarakat yang melakukan penelitian atau pengembangan inovasi teknologi EBT, yaitu ebuah ajang kompetisi karya ilmiah hasil penelitian atau praktek-praktek pengembangan energi khususnya energi yang ramah lingkungan atau energi baru terbarukan.

Program PF Bangkit merupakan program yang menitikberatkan pada penanggulangan pandemi COVID-19 yang sasarannya terdiri atas masyarakat kecil atau kelompok marjinal yang sangat membutuhkan bantuan. Bantuan yang diberikan dalam bentuk pembagian masker dan APD kepada petugas medis, memberikan wisma sebagai tempat penginapan sementara bagi tenaga kesehatan, penyediaan wastafel keliling, pembagian sembako, masker dan handsanitizer kepada masyarakat, maupun donasi pulsa kepada para mahasiswa kurang mampu yang terdampak pandemi selama pembelajaran daring.

Program PF muda merupakan ajang para anak muda untuk curahan ide gagasan  dalam upaya menuntaskan masalah sosial yang terjadi di lingkungannya melalui proposal proyek sosial yang inspiratif, bermanfaat dan berkelanjutan. 

Pertamina Foundation merupakan program inisiasi untuk pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan dalam membantu pengembangan minat dan potensi usaha kecil dan menengah. Adapun tujuan dari program ini adalah untuk mengembangkan semangat kewirausahaan pada perempuan untuk mendukung kemandirian keluarga dan kesejahteraan perempuan.

Pelatihan Kain Nusantara merupakan kerjasama antara Pertamina Foundation dan Lembaga/ Yayasan Kain Batik dan Tenun Nusantara untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pada pengrajin dan penenun lokal pada wilayah tertentu dalam rangka mengembangkan warisan budaya serta melestarikan keberadaan pakaian adat khususnya kain batik dan tenun di Indonesia.

Mah itulah tentang Beasiswa Sobat Bumi Pertamina. Tertarik? Yuk cermati informasinya mulai tanggal 20 Maret hingga 25 April 2023 melalui media sosial resmi Pertamina Foundation.

No comments:

Post a Comment