Tuesday, February 7, 2017

Inilah Hal- Hal yang Mesti Diketahui Saat Daftar SNMPTN 2017

Halo sahabat Ahzaa, selamat bertemu lagi di blog Ahzaa Net. Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA atau sederajat sebentar lagi akan dimulai. Bagi adik- adik yang ingin melanjutkan studinya, rancangan pilihan daftar perguruan tinggi negeri pasti sudah mulai dibidik dari sekarang, ya kan? 
Nah, ngomong- ngomong tentang masuk ke perguruan tinggi negeri, ternyata ada tiga cara untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yaitu melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Jalur Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan melalui Jalur Seleksi Mandiri. 
ilustrasi tes

Pada masa ini, jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan salah satu jalur yang sudah dimulai proses pendaftarannya. Rangkaian pendaftaran SNMPTN tahun 2017 ini akan berlangsung dari bulan Januari sampai dengan April 2017. Untuk lebih jelasnya silahkan dilihat pada jadwal rangkaian penddaftaran SNMPTN berikut ini.


Sebagian dari kita menyebut bahwa SNMPTN adalah jalur undangan dan merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri yang paling diminati oleh para siswa. Mengapa begitu? Karena jalur SNMPTN merupakan jalur penelusuran prestasi akademik siswa selama sekolah yaitu melalui rapor semester satu sampai dengan semester lima atau tujuh ( bagi siswa yang menempuh pendidikannya selama 4 tahun). Oleh karena itu jalur ini dianggap lebih mudah dibanding dua jalur lainnya yaitu jalur SBMPTN maupun seleksi mandiri. Disamping itu, jalur SNMPTN relatif "free" atau gratis, karena semua biaya ditanggung oleh Pemerintah, sehingga siswa pendaftar tidak dipungut biaya apapun. Oke, untuk lebih lengkap mengenai SNMPTN, berikut informasinya.

Apakah jalur SNMPTN itu?
Jalur SNMPTN merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri bagi siswa SMA atau sederajat menggunakan penelusuran prestasi akademik siswa dengan menggunakan rapor. Untuk siswa SMA yang menempuh pendidikannya 3 (tiga) tahun, maka rapor yang digunakan adalah mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima). Bagi siswa SMK yang menempuh pendidikannya selama empat tahun, maka penelusurannya menggunakan nilai rapor dari semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh). 

Syarat- syarat bagi siswa yang ingin ikut SNMPTN apa ya?
Nah, bagi adik- adik yang ingin ikut jalur SNMPTN ini, maka syarat- syarat yang mesti dipenuhi adalah bahwa adik- adik harus memiliki "prestasi unggul" artinya adik- adik mesti  masuk peringkat terbaik di sekolah. Adapun peringkat terbaik disekolah didasarkan pada akreditasi sekolah dengan ketentuan sebagai berikut,  sekolah dengan akreditasi A, maka kesempatan adalah 50% terbaik di sekolahnya; akreditasi B, maka 30% terbaik di sekolahnya; dan akreditasi C, maka 10% terbaik di sekolahnya. Bila sekolah adik- adik belum terakreditasi, maka kesempatannya adalah 5% terbaik di sekolahnya. Sedangkan untuk pemeringkatan itu sendiri dilakukan oleh Panitia Pusat. 

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya, adik- adik harus punya Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN) juga. Namun untuk NISN, saya kira setiap sekolah pasti sudah mengusahakan peserta didiknya memiliki NISN, apalagi NISN juga dibutuhkan untuk data UN.

Sebagai tambahan,  adik- adik haruslah rajin membuka laman perguruan tinggi negeri yang dituju, karena biasanya setiap perguruan tinggi akan menetapkan dan menerapkan syarat dan ketentuan tambahan yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Verifikasi Siswa melalui PDSS
Seperti yang saya uraikan sebelumnya, SNMPTN adalah jalur penelusuran prestasi siswa melalui rapor semester. Nah, dalam hal ini penelusuran data adalah melalui rapor semester melalui laman PDSS. Dalam tahapan ini, adik- adik tidak perlu risau, hehehe... karena yang menginputkan data dan rekam jejak adalah dari pihak sekolah masing- masing.  

Siswa akan mendapatkan username yang berupa NISN dan password sebagai syarat untuk login verifikasi. Verifikasi ini ditujukan untuk memverikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang sudah diisikan oleh pihak sekolah. Bila siswa tidak melakukan verifikasi, maka setelah waktu verifikasi berakhir, data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah.

Bagaimana Pemeringkatan Siswa untuk SNMPTN?
Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat mendaftar SNMPTN adalah tentang pemeringkatan. Dalam hal ini panitia pusat melalui sistem membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran. Adapun mapel akan dibedakan per-jurusan dengan rincian sebagai berikut.
  • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktek Kejuruan).

Berdasarkan  pemeringkatan prestasi akademik oleh panitia pusat, maka hanya siswa yang memenuhi syarat yang diijinkan untuk mendaftar SNMPTN 2017.

Nah, setelah beberapa syarat diatas oke dan berdasarkan kriteria pemeringkatan dinyatakan MEMENUHI, maka "selamat ya..." berarti adik- adik sudah berhasil ditahapan yang pertama pendaftaran SNMPTN. 

Pendaftaran SNMPTN
Untuk tahapan berikutnya, bila adik- adik dinyatakan memenuhi keriteria pemeringkatan,  silahkan lakukan pendaftaran dengan login melalui laman http://www.snmptn.ac.id. Gunakan NISN dan password untuk login. Setelah berhasil login, isikan biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta unggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Adik- adik juga harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih. 

Sebagai tambahan informasi saat mendaftar, adik- adik dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Namun bila adik- adik memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya. Dan apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.

Adik- adik juga dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan 1 (satu) perguruan tinggi negeri maksimal 2 (dua) program studi. Dan perhatikan pula bahwa urutan pilihan PTN dan program studi akan menyatakan prioritas pilihan.

Sedangkan untuk adik- adik siswa SMK, maka hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN. So, rajin- rajinlah melihat atau membuka website perguruan tinggi negeri pilihan adik- adik untuk info terbaru. 

Jangan lupa setelah semua proses selesai, cetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Tahapan yang terakhir adalah tunggu tahapan seleksinya. Inilah yang paling menentukan adik- adikm diterima atau tidak. Perlu diketahui tahapan seleksinya berdasarkan urutan pilihan program studi, yaitu pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi, Sedangkan pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN 1 maka akan diseleksi di PTN 2 berdasar urutan prodi dan ketersediaan daya tampung.

Oke, Demikian informasi mengenai pendaftaran SNMPTN tahun 2017. Semoga informasi ini bermanfaat bagi adik- adik yang sedang mencari informasi SNMPTN 2017. 

Jangan lupa berdoa untuk keberhasilan adik- adik masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN ini.

Semoga berhasil.


Sumber Informasi : 
http://snmptn.ac.id